Dampak Negatif Sampah Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Dampak Negatif Sampah Beserta Penjelasannya

indonesiastudents.com– Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Jumlah penduduk ini menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS, 2010), mencapai 237.641.326  jiwa. Sehingga hal demikian tentu saja berpengaruh besar terhadap output sampah yang dihasilkan.

dampak negatif sampah

Seperti yang kita tahu, sampah yang terus menumpuk dapat mengakibatkan dampak negatif yang sangat berbahaya apabila tidak dikeloa dan dimanfaatkan, baik sampah organik ataupun sampah anorganik.

Baca Juga:

Sebagai penjelasan lebih anjut dalam tulisan ini, indonesiastudents.com akan memberikan pembahasan mengenai dampak negatif, berikut dampak negatif yang dimunculkan oleh sampah.

Dampak Negatif Sampah


Sampah Sebagai Pencemar Lingkungan

Dampak dari pembuangan sampah yang tidak memenuhi syarat keamanan lingkungan kesehatan, misalnya membuang sampah secara sembarangan akan menimbulkan pencemaran lingkungan meliputi pencemaran tanah, air dan udara. Bahaya yang lebih besar lagi yang diakibatkannya adalah bahaya banjir. Banjir dapat terjadi karena pendangkalan sungai atau dapat juga disebabkan oleh saluran-saluran atau got yang tersumbat oleh sampah. Sehingga, juga dapat berdampak pada terancamnya ekosistem laut.

Sampah sebagai sumber penyakit

Hal ini timbul karena sampah basah dapat menjadi tempat bersarang dan berkembang biaknya dari bermacam-macam vector penularan penyakit seperti lalat, kecoa, nyamuk dan tikus. Di dalam tumpukan sampah basah kadang-kadang mengandung telur-telur cacing (Trichinellaspiralis, Ascaris Lumbrocoides, Oxyurisvermecularis, dan lain-lain) Apabila sampah basah ini diberikan untuk pakan ternak tanpa dimasak terlebih dahulu, maka ternak tersebut dapat terjangkit penyakit cacingan. Jika ternak tersebut dikonsumsi oleh manusia dengan pemasakan yang kurang sempurna, maka manusia pun dapat terjangkit penyakit cacingan. Dari sampah juga dapat menjadi penyebab lain seperti penyakit kulit dan jamur. (Imran SL Tobing, 2005)

Demikianlah ulasan mengenai dampak negatif sampah. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini dapat menambah wawasan sekaligus pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencarai dampak-dampak negatif sampah.