Pengertian Plasma dan Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Plasma dan Penjelasannya Lengkap

Pengertian Plasma

indonesiastudents.comPlasma pada dasarnya menjadi istilah yang tak lagi asing bagi kehidupan kita, teruta, bagi seseorang yang sedang mengambil disiplin ilmu biologi. Menurut sejarahnya, plasma dikemukakan pertama kali oleh Langmuir dan Tonks pada tahun 1928.  Kedua tokoh ilmuan tersebut mendefinisikan plasma sebagai suatu bentuk gas yang terionisasi  di dalam lucutan listrik.

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam artikel ini indonesiastudents.com akan memberikan defenisi atau pengertian plasma beserta penjelasannya.

Pengertian Plasma


Plasma adalah suatu substansi yang sangat mirip dengan gas yang terdapat dalam partikel yang terionisasi. Pengertian ini menurut Arifin (2009), mengindentifikasikan bahwa pengertian plasma adalah suatu gas  terionisasi dan  dikenal sebagai fase materi ke empat setelah  fase padat,  gas dan cair.

Plasma yang sering diasosiasikan dengan jenis fase keempat. Sejalan dengan kenaikan suhu, molekul-molekul akan akan menjadi energetic dan berubah menjadi dari padat menjadi cair, kemudian menjadi gas dan terakhir menjadi plasma.

Pada tahap akhir, molekul gas akan terdisosiasi menjadi charged particles, elektron dan ion positif. Keadaan ini sering disebut sebagai plasma state (Janssens, 2007). Klasifikasi plasma sebagai fase keempat didasarkan pada fakta bahwa lebih dari 99% fase di alam semesta adalah plasma. Contoh yang paling umum adalah matahari dengan suhu bagian dalam mencapai 107 K.

Plasma juga dapat digolongkan menjadi dua jenis, yakni: natural dan manmade plasmas. Contoh natural plasmas adalah fenomena kilat dan aurora borealis. Kedua fenomena ini terjadi pada tekanan yang tinggi untuk kilat dan tekanan rendah untuk aurora. Keadaan ini dapat menunjukkan bahwa kondisi plasma dapat terjadi pada range tekanan yang cukup luas, oleh karena itu penggolongan jenis plasma didasarkan pada electron temperature dan electron densities yang dapat dilihat pada grafik berikut (Boulos, et. al, 1994).

Demikianlah ulasan mengenai pengertian plasma dan penjelasannya lengkap. Semoga dengan adanya ulasan kali ini dapat memberikan pemahaman sekaligus memberikan pengeratahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari referensi mengenai “Plasma”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;

  1. 5 Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli Lengkap
  2. 6 Pengertian Alat Peraga Menurut Para Ahli Lengkap
  3. Langkah Langkah Penelitian Pengembangan Lengkap
  4. 4 Pengertian Penelitian Pengembangan Menurut Para Ahli