4 Dampak Positif Primordialisme Beserta Penjelasannya Terlengkap

Diposting pada

indonesiastudents.com– Setelah pada tulisan sebelumnya kita membicarakan tentang pengertian primordialisme dan dampak negatif primordialisme. Pada tulisan kali ini, indonesiastudents.com akan memberikan dampak positif primordialisme.

Baca:

 

Adapun mengenai dampak positif primordialisme, antara lain sebagai berikut;

Dampak Positif Primordialisme


Ada 4 dampak positif sikap primordialisme, diantaranya;

Meneguhkan cinta tanah air

Primordialisme dampat mendorong seseorang untuk memiliki cinta terhadap budaya, darerah atau temapt asalnya. Sehingga sehingga hal ini menjadi kekuatan seseorang untuk mampu menolak semua kebudayaan yang tidak sesuai dengan pribadi diarina sejak kecil.

Mempertinggi kesetiaan terhadap bangsa

Dapak positif sikap primordialisme, selanjutnya adalah munculnya kesetiaan terhadap bangsa. Hal ini terjadi karena primordialisme mampu menumbuhkan sikap seseorang cinta terhadap kebudayaan sendiri dan juga bangga terhadap kebudayaannya.

Mempertinggi semangat patriotisme

Dampak positif yang lain dari sikap primordialisme adalah menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dimana dia bersal. Kecenderungan ini kemduian mampu mendukung segala keperluan dan kepentingan bangsa.

Menjaga keutuhan dan kestabilan budaya.

Dengan adanya sikap primordialisme ini, tentunya mampu menjadikan kehidupan seseorang untuk bertanggung jawab di dalam menjaga keutuhan Negara, hal ini sanglatlah penting, karena setidap kebudayaan baru atau yang akan masuk tidak semunya bisa dianggap sebagai kebaikan.

Demikianlah 4 dampak positif primordialisme, semoga dapat membantu serta memberikan pemahaman kepada setiap pembaca yang sedang mendalami seputar “primordialisme” trimakasih, jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya;