4 Dampak Positif Primordialisme dan Contoh Kasusnya

Diposting pada

Dampak Positif Primordialisme

Diakui ataupun tidak, adanya sikap primordialisme yang berlebihan juga menghasilkan sebuah pandangan subjektif kepada arti kelompok sosial lainnya. Alasannya karena hal ini menganggap bahwa individu dan kelompok yang berhubungan tersebut terbaik sehingga tidak menganggap adanya kepentingan dengan kelompok sosial lainnya.

Padahal disisi lainnya, sebagai manusia seseorang membutuhkan bantuan, pertolongan, dan kerjasama dengan pihak lainnya dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun terlepas daripada itu semuanya adanya sikap ini juga memberi dampak yang positif.

Primordialisme

Primordialisme adalah sikap yang menggambarkan bahwa kehidupan individu dalam satu kelompok tertentu menjadi yang sampurna.

Sehingga memicu adanya sikap fanatisme yang berlebihan sehingga tak khayal kadangkala karena sikap inilah seseorang menjadi amat sangat menjunjung tinggi arti kebudayaannya yang akhirnya menyebabkan konsistensi masyarakat dalam mencintai warisan pada masa silam.

Dampak Positif Primordialisme

Adapun mengenai dampak positif primordialisme, antara lain;

  1. Meneguhkan cinta tanah air

Primordialisme dampat mendorong seseorang untuk memiliki cinta terhadap budaya, darerah atau temapt asalnya. Sehingga sehingga hal ini menjadi kekuatan seseorang untuk mampu menolak semua kebudayaan yang tidak sesuai dengan pribadi diarina sejak kecil.

  1. Mempertinggi kesetiaan terhadap bangsa

Dapak positif sikap primordialisme, selanjutnya adalah munculnya kesetiaan terhadap bangsa. Hal ini terjadi karena primordialisme mampu menumbuhkan sikap seseorang cinta terhadap kebudayaan sendiri dan juga bangga terhadap kebudayaannya.

  1. Mempertinggi semangat patriotisme

Dampak positif yang lain dari sikap primordialisme adalah menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dimana dia bersal. Kecenderungan ini kemudian mampu mendukung segala keperluan dan kepentingan bangsa.

  1. Menjaga keutuhan dan kestabilan budaya

Dengan adanya sikap primordialisme ini, tentunya mampu menjadikan kehidupan seseorang untuk bertanggung jawab di dalam menjaga keutuhan Negara, hal ini sanglatlah penting, karena setidap kebudayaan baru atau yang akan masuk tidak semunya bisa dianggap sebagai kebaikan.

Contoh Dampak Positif Primordialisme

Adapun untuk contoh adanya dampak positif daripada sikap primordialisme di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Korea Utara dengan Ketahanan Ekonomi yang Baik

Sebagimana yang kita ketahui bahwa salah satu negara kuat yang banyak disegani oleh berbagai negara di dunia adalah Korea Utara, apalagi dengan kemampuan pembangunan nuklir yang begitu pesat dalam upaya mempertahankan negaranya.

Realitas sosial ini setidaknya menggambarkan adanya primordialisme. Apalagi terlihat dari adanya sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat lantaran produksi nuklirnya sampai saat ini Korea Utara tetap mampu bertahan.

Demikianlah penggambaran atas adanya dampak positif primordialisme dan contohnya di masyarakat, semoga dapat membantu serta memberikan pemahaman kepada setiap pembaca yang sedang mendalami seputar “primordialisme”.

5/5 - (1 vote)