14 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Istilah penelitian tindakan kelas atau yang lebih dikenal dalam dunia pendidikan adalah PTK barangkali tak lagi asing bagi seseorang yang mengambil jurusan keguruan atau bahkan menjadi guru. Penelitian tindakan kelas kelas sendiri pada dasarnya berasal dari terjemahan classroom action research. Sebagai penjelasan lebih lengkap, pada artikel ini kita akan mengulas tentang Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Para Ahli. Berikut pengertian tersebut;

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang memiliki berbagai aturan dan langkah sistematis yang didasarkan pada bidang sosial, penelitian ini menggunakan refleksi diri sebagai metode utama, dilakukan oleh orang yang terlibat didalamnya, serta bertujuan untuk melakukan berbagai perbaikan dalam berbagai aspek.

Sedangkan pendapat ahli, tentang definisi penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut;

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

Mills (2000)

Menurutnya, penelitian tindakan kelas  sebagai “systematic inquiry” yang dilakukan oleh guru, kepada sekolah, atau konselor sekolah guna mengumpulkan berbagai macam informasi tentang berbagai praktek yang dilakukan. Dimana informasi ini digunakan untuk meningkatkan persepsi serta pengembangan “reflective practice” yang berdampak postif dalam praktik persekolahan, termasuk memperbaiki berbagai macam praktik persekolahan, seperti hasil belajar siswa.

Igak Wardani (2011)

Definisi Penelitian Tindakan Kelas penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kenerjanya sebagai guru, sehingga diharapatkan tujuan Penelitian Tindakan Kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa, atau peserta didik.

Hopkins (2010)

Menurutnya, pengertian penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang berkaitan dengan isu-isu seputar profesionalisme, praktik di kelas, kontrol terhadap guru, serta dianggap memiliki banyak manfaat terhdap dunia pendidikan.

Sulipan, M.Pd

Menurutnya, PTK atau penelitian tindakan kelas adalah suatu jenis penilian yang dilakukan oleh seorang peneliti di dalam kelas guna mengetahui berbagai faktor tindakan yang dilakukan akibat metode dalam pendidikan.

Kunandar (2008)

Dalam bukunya, mendefinsiiakn bahwa Penelitian Tindakan adalah suatu jenis kegiatan penelitian yang dilakukan oleh tenaga pendidik (guru) yang berguna untuk meningkatkan mutu pendiidkan di dalam kelas.

Suhardjono (2007)

Dalam penjelasannnya, PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh seseoran di ruang kelas sehingga mampu memperbaiki praktek pembelajaran yang dilakukannnya.

Berdasarkan pendapat-pendapat diatas, jelaslah bahwa hakikat dilakukannya PTK adalah dalam rangka pendidik bersedia untuk menginstropeksi diri, bercermin, merefleksi atau mengevaluasi dirinya sendiri sehingga kemampuannya sebagai seorang pendidik diharapkan cukup profesional dan berpengaruh terhadap kualitas dan mutu pendidikan.

Dari pengertian atau pendapat para ahli mengenai Penelitian Tindakan Kelas diatas, dapatlah dikatakan bahwa ada sejumlah ide pokok mengenai penelitian ini. Diantaranya ide pokok atau kesimpulan tersebut adalah sebagai berikut;

  1. Peneliian tindakan adalah sutu bentuk inkuri atau penyelidikan yang dilakukan melalui refleksi diri.
  2. Penelitian tindakan dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti, seperti guru, siswa , dan juga sekolah.
  3. Penelitian tindakan dilakukan dalam situasi sosial, termasuk situasi terhadap pendidikan.
  4. Tujuan penelitian tindakan kelas sejatinya ialah untuk memperbaiki terhadap dasar perbaikan atas praktik yang dilakukan oleh si peneliti, agar upaya tersebut dalat meningkatkan pemahaman terhadpa praktik yang dilalukan, selain itu juga daoat meingkatkan lembaga tempat praktik dilaksanakan.

Karakteristik PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Untuk karakteristik penelitian tindakan kelas diantarnya;

  1. An-inquiry of practibe from within (penelitian berawal dari kerisauan guru terhadap kinerjanya)
  2. Metode utama yang dialakukan dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah refrelksi diri, bersifat agak longgar, tetapi tetep mengikuti kaedah penelitian)
  3. Fokus penelitian berupa kaedah pembelajaran
  4. Tujuannya adalah memperbaiki proses pembelajaran.

Demikianlah pembahasan mengenai 14 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Para Ahli yang disertakan dengan uraian atau pembahasannnya. Semoga dengan adanya definisi PTN (Penelitian Tindakan Kelas) ini dapat menjadi refrensi bagi seganap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “Penelitian Tindakan Kelas”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;

  1. 7+Karakteristik Anak SD (Sekolah Dasar) Menurut Para Ahli Lengkap
  2. Bimbingan Konseling di SD (Sekolah Dasar) Lengkap
  3. 7 Pengertian Fiqih Muamalah Menurut Para Ahli Lengkap
  4. Pengertian Perpustakaan Sekolah, Manfaat, Fungsi, dan Program Kerja
14 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Para Ahli
Rate this post