Faktor Internal dan Eksternal Perubahan Sosial dalam Masyarakat (Terlengkap)

Posted on

Faktor Internal dan Eksternal Perubahan Sosial– Faktor yang mempengarhui perubuhan sosial dalam masyarakat atau faktor yang menjadi pendorong perubahan sosial dalam masyarakatpada hakekatnya terbagi menjadi dua, pertama adalah faktor internal dan faktor ekternal.

Penjelasan mengenai faktor internal dan eksternal perubahan sosial dalam masyarakat ini sangatah penting untuk diketahui, mengingat setiap kali ada pelajaran tentang perubahan sosial dalam disiplin ilmu sosiologi faktor pendoroang perbuahan sosial ini kerapk kali selalu muncul. Oleh karena itulah artikel kali ini akan menjelaskan tentang faktor pendorong terjadinya perubahan sosial, termasuk budaya, hukum, dan lain sebainya.

Faktor pendoroang terjadi perubahan sosial terbagi atas dua bentuk, pertama perubahan sosial terjadi karena disebabakan faktor yang bersumber dari dalam masyarakat atau internal. Adapun faktor internal perubahan sosial adalah sebagai berikut:

Faktor Internal Perubahan Sosial


Faktor internal perubahan dapat diartikan sebagai faktor pendoroang perubuhan masyarakat yang bersumber dari dalam masyarakat itu sendiri. Adapun bentuk faktor internal perbuahan sosial adalah sebagai berikut

  1. Pertambahan Penduduk dan Urbanisasi dalam Masyarakat.
  2. Penemuan Baru.
  3. Konflik dalam Masyarakat.
  4. Toleransi pada hal baru atau Perubahan Yang Menyimpang.
  5. Kamauan Dunia Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi.
  6. Sikap Menghargai Karya dan Sikap Maju Orang lain.
  7. Rasa Tidak Puas.
  8. Terjadinya Pemberontakan.

Faktor Eksternal Pendorong Perubahan Sosial dalam Masyarakat


Faktor eksternal pendorong perubahan sosial dalam masyarakat dapat diartikan sebagai faktor yang bersumber dari luar masayarakat. 4 pendorong terjadinya perubahan sosial budaya adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan Alam Fisik atau Lingkungan.
  2. Kontak Atau Penggaruh Budaya Asing.
  3. Perang Dengan Negara Lain.
  4. Perubahan Ekonomi Dunia.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor internal dan eksternal perubahan sosial dalam masyarakat. Semoga dari penjelasan tersebut pembaca dapat mengembangan sendiri, sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang diinginkan.

Baca Juga:

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *