4 Faktor Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasisnya {Terlengkap}

Diposting pada

4 Faktor Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasisnya

4 Faktor Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasisnya

IndonesiaStdudent.ComKesulitan belajar matematika memang seringkali dialami oleh setiap siswa, bahkan sampai saat ini banyak orang yang memandang bahwa pelajaran matematika sebagai bidang studi yang paling sulit.

Meskipun demikian, semua orang harus tetap mempelajarinya karena fungsi pelajaran matematika salah satunya ialah menjadi sarana untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Seperti halnya bahasa, membaca dan menulis.

Baca: 5 Pengertian Kesulitan Belajar, Ciri, Faktor, dan Cara Mengatasinya Lengkap

Kesulitan belajar dalam mata pelajaran matematika haruslah diatasi secepat mungkin kalaupun tidak seorang anak atau siswa akan banyak menghadapi masalah karena di hampir semua segmen bidang studi.  Ketidakberhasilan seorang siswa dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, baik diri siswa sendiri maupun penyebabyang berasal dari luar. Sebagai penejasan lebih lanjut dalam tulisan ini, indonesiastudents.com akan menguraikan tentang faktor  Kesulitan belajar dalam Matematika dan cara mengatasinya.

Faktor Kesulitan Belajar Matematika


Faktor penyebabnya ialah sebagai berikut :

Faktor Fisiologis

Seorang siswa yang kurang kemampuannya dalam mengenal bentuk visual dan memahami sifat keruangan akan mengalami kesulitan belajar matematika, khususnya materi pemebalajarn tentang geometri.

Faktor Intelektual

Guru perlu memperhatikan intelektual murid yang mendapatkan kesulitan dalam belajar. Siswa yang kurang daya abstraksi, kemampuan bernalar, kemampuan numerik serta kemampuan verbal akan mendapat kesulitan belajar Matematika, sebab kemampuan itu merupakan kemampuan dasar yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar matematika.

Faktor Paedagogik

Faktor paedagogik berperan dalam mempersiapkan siswa untuk belajar, kesulitan ini disebabkan oleh guru, misalnya : Guru tidak mampu mempergunakan metode yang cocok, bahan yang dipilih guru terlalu sukar, memberi motivasi yang kurang sehat, seperti hukuman, dan lain sebaginya.

Faktor Sarana dan Cara Belajar Siswa

Keterbatasan akan sarana belajar seperti literatur, alat peraga, ruang dan tempat belajar merupakan hal sensitif sebagai penyebab kesulitan belajar Matematika. Pada dasarnya suatu bentuk proses belajar Matematika tanpa adanya sebuah sarana tidak akan dapat berhasil dengan maksimal, dan hal yang tidak kalah penting lagi ialah cara belajar yang benar dengan memahami dan menghayati bukanlah dengan cara menghafal.

Dari berbagai penjelasan diatas dapat diambil arti bahwa penyebab kesulitan belajar matematika karena kurangnya ide kretaif dalam penyampaian belajar, oleh karenanya untuk mengatasi kesulitan tersebut diperlukan cara-cara sebagai berikut;

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Matematik


Diberlukan berbagai cara untuk mengtasi sulitnya belajar matematika, diantaranya cara terpenting adalah menggunakan media permainan yang bernilai edukatif sehingga seorang anak atau siswa secara tidak langsung dapat memahami apa yang dimaksudkan dalam suatu materi Matematika. Contoh media edukatif yang bisa dilakukan seperti pada tulisan Contohnya Game Edukasi

Demikianlah penjelasan mengenai faktor kesulitan belajar matematika dan cara mengetasinya. Penting juga dipahami bahwasanya matematika sebagai disiplin ilmu memiliki beberapa predikat dalam jajaran ilmu-ilmu yang lain. dikalangan pelajar matematika mendapat predikat tambahan yaitu sebagai suatu mata pelajaran yang tidak disukai. Oleh karenannya dengan adanya penjelasan ini semoga dapat memabntu sekaligus memberikan sosulusi dalam mengetasi kesulitan belajar matematik dan cara mengatasainya. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Metabolisme, Jenis, dan Contonya Lengkap
  2. Contoh PKM Kewirausahaan (PKM K) Lengkap
  3. Pengertian Inovasi dan Kreatifitas Beserta Perbedaan dan Contohnya Lengkap