17 Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli Lengkap

Diposting pada

17 Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli Lengkap

Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli Lengkap

indonesiastudents.comPengertian masyarakat multikultural pada dasarnya menjadi pembelajaran sekaligus dipraktekan secara langsung bagi setiap orang yang tinggal di Indonesia. Istilah ini dipergunakan sebagai idiologi yang menekankan untuk hidup bersama di atas keanekarangaman yang ada, baik keanekarangan dalam budaya, adat, suku bangsa, bahasa, dan lain sebagainya.

Baca: 5 Pengertian Multikulturalisme Menurut Para Ahli Lengkap

Adapun dalam penjelasan kali ini indonesiastudents.com akan memberikan pembahasan mengenai pengertian masyarakat multikultural;

Pengertian Masyarakat Multikultural


Masyarakat mulltikultural adalah masyarakat yang hidup bersama diatas segala perbedaan, baik ras, suku, agama, bahasa, atau yang lainnya. Masyarakat ini menjadi bersatu karena memiliki persamaan, diantara persamaan tersebut ialah persamaan terhadap sejarah.

Misalnya saja Indonesia, yang tergolong sebagai masyarakat yang terdri dari ratusan suku, bisa hidup dan bersatu. Meskipun begitu efek negatif dari sebuah Negara yang multikultural ialah rawan terhadap urusan yang berbau sara, hingga akhirnya menyebabkan konflik.

Sedangkan pengertian masyarakat multikultural menurut para ahli, ialah sebagai berikut;

Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli


J.s. Furnival

Pengertian masyarakat multikultural adalah suatu masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih yang juga memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu sama lain. Akan tetapi perbedaan tersebut akhirnya bersatu padu salam sebuah desain konsep yang matang.

Peter l. Van den berghe

Karakteristik masyarakat multikultural bisa dilihat dari segmentasi kelompok dengan budaya sendiri yang hidup bersatu secara struktur sosial.

Azra (2007)

Definisi masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari beberapa jenis komunitas budaya dengan segala kelebihan dan kekeurangnya ia menjadi satu dalam persamaan sistem, nilai, serta kebiasaan.

Nasikun

Tokoh sosiologi dari UGM ini memberikan arti bahwa masyarakat multikultural atau plural adalah masyarakat yang terdiri berbagai tatanan sosial yang berbeda satu sama lainnya.

Dari 4 pengertian masyarakat multikultural menurut para ahli diatas dapat disimplkan bahwa pada dasarnya masyarakat multikutlural adalah masyarakat yang berbeda, dari tatanan sosial, sistem, budaya, bahasa, atau yang lainnya. Kemudian menjadi satu wadah kebersamaan karena adanya penekan untuk hidup berdampingan.

Pengertian tersebut juga secara tidak langsung dapat mengidentifikasikan ciri-ciri, masyarakat multikultural diantarnya untuk ciri multikultural adalah sebagai berikut;

Ciri-Ciri Masyarakat Multikultural


  • Masyarakat multikultural dengan biasanya memiliki sebuah kompetisi seimbang, Jika sistem yang dijalankan tidak berubah sesuai dengan kesepakatan

  • Masyarakat multikultural mayoritas dan minoritas memiliki persamaan dalam segala hak dan kewajiban.
  • Masyarkat multikultural mengedepankan sikap pluralisme
  • Masyarakt multikultural rawan akan perpecahan jika tidak diantisipasi dengan sebaik mungkin.

Ciri tersebut secara tidak langsung mudah dipahami karena pada dasarnya Indonesia juga dikenal sebagai suatu masyarakat multikultural. Alasannya Indonesia menjadi penyebab masyarakat multikultural karena Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan menjadi satu kesetuah yang utuh.

Faktor Penyebab Kemajemukan Masyarakat Indonesia

  • Keadan geografis
  • Pengaruh kebudayaan asing
  • Iklim berbeda

Ciri Multikultural Masyarakat Indonesia

  • Kemajemukan berdasarkan ras
  • Kemajemukan berdasarkan suku bangsa
  • Kemajemukan berdasarkan agama

Demikianlah ulasan mengenai pengertian masyarakat multikultural menurut para ahli, ciri-ciri, faktor penyebab Indonesia sebagai masyarakat multikultural secara lengkap. Bila dijumlahkan pembahasan tersebut ada 3 poin, jikalau dikalulasikan dari isinya ada 17. Oleh karena itulah tulisan ini berjudul 17 pengertian masyarakat multikultural dan cirinya lengkap. Semoga dapat bermanfaat, dan trimakasih. Jangan lupa baca juga artikel lainnya;