Jurusan Minim Peminat SBMPTN dari 5 Universitas Terbaik

Posted on

Jurusan Minim Peminat SBMPTN dari 5 Universitas Terbaik (UI, UGM, UB, Unpad, Universitas Brawijaya, Undip)

Jurusan SBMPTN 2017– Sudah sampai mana persiapan kalian untuk menghadapai Ujian Nasional? Jangan cuman persiapkan Ujian Nasional saja ya, karena setelah itu kalian harus berusaha masuk perguruan tinggi dengan tingkat pesing yang lumayan banyak.

Bayangkan saja, pesaing kalian itu seluruh teman-teman yang akan lulus jenjang sekolah menengah yang ada di Indonesia. Bisa kalian bayangin deh, gimana beratnya untuk merebutkan satu bangku kuliah diperguruan tinggi negeri.

Baca: 4 Cara Memilih Jurusan SBMPTN yang Benar

Jadi kalian mulai sekarang harus mempersiapkan seleksi masuk perguruan tinggi tanpa meninggalkan persiapan menghadapi Ujian Nasional. Karena pada kenyataannya lulus Ujian Nasional merupakan syarat utama untuk melanjutkan langkah kalian kejenjang perguruan tinggi negeri.

Seperti pada artikel sebelumnya yang berjudul “Daftar Jurusan SBMPTN Favorit Dari Berbagai Univeritas”, mimin sudah menjelaskan bahwa dalam menggapai masuk perguruan tinggi negeri ada salah satu jalur yang namanya SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan tinggi Negeri).

Sebenarnya ada jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang penilainya berdasarkan nilai raport, prestasi akademik dan non akademik, dan nilai Ujian Nasional. Akan tetapi disini mimin lebih memfokuskan pada jalur SBMPTN karena dijalur ini penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan akademik kalian yang dinilai saat kalian mengerjakan soal. Jalur SBMPTN menurut mimin cukup adil, karena kita masuk atau tidaknya kita kebangku perguruan tinggi ditentukan pada kemampuan kita masing-masing.

Pada sebelumnya mimin telah memberikan tentang artikel “Daftar Jurusan SBMPTN Favorit Dari Berbagai Univeritas” yang didalamnya berisi jurusan-jurusan diseluruh perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jumlah peminat terbanyak, akridetasi terbaik, pasinggrade tertinggi, dan dengan label jurusan terbaik. Namun, untuk artikel yang berjudul “Jurusan Minoritas Pada Saat Seleksi SBMPTN” mimin akan memberikan informasi mengenai jurusan-jurusan yang peminatnya cukup sepi pada saat seleksi SBMPTN. Jadi diantara jurusan-jurusan yang memiliki peminat yang banyak, ternyata terselip jurusan-jurasan yang kurang peminatnya yang perlu adik-adik ketahui.

Semoga dengan adanya artikel ini, adik-adik pejuang SBMPTN dapat mencuri peluang yang ada sehingga impian kalian untuk masuk perguruan tinggi dapat tergapai. Baik langsung saja ini adalah Jurusan Minim Peminat Pada Saat Seleksi SBMPTN;

Jurusan Minim Peminat SBMPTN di UI, Unpad, UGM, Undip, Universitas Brawijaya.


Universitas Indonesia (UI)


Siapa yang tidak kenal atau tidak ingin masuk perguruan tinggi yang satu ini ? Pasti adik-adik sudah kenal dan rata-rata dari kalian pasti mau masuk perguruan tinggi ini yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Universitas Indonesia merupakan jajaran perguruan tingggi negeri terbaik di nusantara Indonesia. Mahasiswa-mahasiswa Universitas Indonesia terkenal akan kerenya. Tidak hanya keren lho, mahasiswa-mahasiwa Universitas Indonesia terkenal juga akan kecerdasanya. Banyak pretasi yang mereka torehkan baik tingkat nasional maupun internasional. Pasti kalian tambah pinginkan masuk Universitas Indoensia dan mengenakan almamater tercinta mereka yang berwarna kuning cerah.

Jika kalian masuk perguruan tinggi Universitas Indonesia kalian harus mempersiapkan segala sesuatunya secara matang supaya kalian bisa menjadi salah satu bagian dari  mahasiswanya. Selain persiapan yang matang, kalian juga harus pintar-pintar membaca peluang. Maksudnya disini adalah kalian harus pintar-pintar melihat jurusan mana yang memiliki peminat sedikit sehingga peluang kalian untuk diterima cukup besar.  Analoginya begini, misal kalian berkeinginan masuk Universitas Indoensia dengan jurusan Pendidikan Kedokteran dengan jumlah peminat 3000 orang dan kuota yang tersedia 50 orang. Peluang kalian untuk masuk jurusan ini hanya 1,6 %.

Kemudian di Universitas Indonesia terdapat jurusan Teknik Lingkungan dengan jumlah peminat 900 orang dengan kuota yang disediakan 100 orang. Jadi peluang kalian untuk diterima sebesar 11,1 %. Nah seharusnya dengan melihat peluang yang ada, kalian dapat menjadikan jurusan Teknik Lingkungan sebagai pilihan kalian supaya peluang kalian untuk masuk Universitas Indonesia cukup terbuka lebar. Nah ini yang mimin maksud dengan pintar-pintar membaca peluang.

Salah satu jurusan yang kurang diminata di Universitas Indonesia yaitu kesehatan lingkungan dan bisnis islam. Jurusan ini kurang diminati bukan berarti kurang berkualitas, namun jurusan ini masih baru didirikan sehingga adik-adik belum banyak yang mengetahuinya. Jurusan-jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang bagus didorong dengan Universitas Indonesia yang telah banyak bekerjasama dengan banyak perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri. Di Kesehatan lingkunngan adik-adik akan mempelajari bagaimana melakukan penyuluhan kemayarakat mengenai kesehatan seperti penyuluhan dampak flu burung bagi manusia.

Kemudian untuk jurusan bisnis islam adik-adik akan mempelajari mengenai dunia bisnis sesuai syariat islam. Jadi kalian bisnis tidak hanya mendapat keuntungan berupa materi, tetapi adik-adik juga dapat mendapatkan amal ibadah untuk bekal diakhirat. Jika adik-adik beruntung, kalian bisa lulus kuliah langsung bekerja dengan perusahaan kerabat Universitas adik-adik.

Universitas Padjajaran (Undip)


Kalau yang satu ini adalah salah satu universitas yang paling terkenal di Bandung selain Institut Teknologi Bandung. Ya Universitas Padjajaran yang mimin maksud disini. Universitas yang berdiri sejak 11 September 1957 yang terletak di Kota Bandung. Siapa diantara adik-adik yang tidak mengenal Kota Bandung? Kota bandung terkenal dengan keindahan alamnya serta terkenal dengan mahasiswa-mahasiswa yang keren dan gaul.

Namun disini mimin bukan akan membahas mengenai Kota Bandungnya, namun mimin akan memberikan informasi mengenai jurusan yang minoritas di Universitas Padjajaran. Mungkin pada awalnya adik-adik yang berkeinginan kuliah di Universitas Padjajaran adalah supaya terlihat menjadi mahasiswa yang keren dan gaul. Akan tetapi Universitas Padjajarn selain memiliki mahasiswa yang keren dan gaul, mahasiswanya juga terkenal memiliki kecerdasan yang luar biasa. Jadi tambah keren ya kalau gini. Kalau mahasiswanya aja sudah cerdas-cerdas berarti untuk masuk menjadi mahasiswanya juga susah ya? Ya benar, seleksi masuk Universitas Padjajaran baik jalur SNMPTN atau SBMPTN juga terkenal sangat susah. Dibutuhkan usaha lebih bagi kalian yang mau masuk Universitas Padjajaran khususnya jalur SBMPTN yang kita ketahui bersama bahwa pesainganya cukup ketat.

Diantara jurusan-jurusan yang ada di Universitas Padjajaran dengan jumlah peminat cukup banyak, ternyata terdapat juga jurusan-jurusan yang kurang diminati seperti Teknologi Industri Pertanian (Saintek) dan Hubungan Masyarakat (Soshum). Pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2013, kedua jurusan belum memiliki peminat alias 0 peminat. Wah sayang sekali bukan, bagi kalian pejuang SBMPTN tahun 2013 lalu  yang berkeinginan masuk di Universitas Padjajaran pasti setelah kalian baca ini akan menyesal tidak memilih jurusan itu. Lagi-lagi ini yang mimin bilang kita harus pintar-pintar baca peluang selain harus tetap diiring dengan usaha dan doa.

Jurusan Teknologi Industri Pertanian (Saintek) dan Hubungan Masyarakat (Soshum) kurang diminati bukan, karena prospek kerjanya yang susah. Kalau dirinci lebih detail, jurusan Teknologi Industri Pertanian akan disiapkan untuk menjadi para pengolah hasil-hasil pertanian yang kita tahu bahwa Indonesia adalah negara agraris yang cadangan bahan baku yang akan diolah cukup banyak. Jadi bagi kalian yang mau ambil jurusan ini jangan takut menganggur setelah lulus, karena perusahaan-perusahaan pengolah hasil pertanian di Indonesia cukup banyak dan masih terus mencari generasi-generasi pemuda seperti kalian.

Kalau untuk jurusan Hubungan Masyarakat akan lebih menekankan pembelajaran di bidang sosialisasi masyarakat. Pemerintah baik pihak swasta masih sangat membutuhkan lulusan dari jurusan tersebut. Kalian lulusan ini dapat bekerja untuk mensosialisasikan kepada masyarakarat tentang apa program-program yang akan dilakukan pemerintah. Dimana banyak masyarakat yang terkadang belum mengerti tentang apa program-program yang akan dijalankan pemerintah sehingga sering terjadi kesalah pahaman antara pemerintah dan masyarakat yang berujung pada tertundanya program tersebut. Ini lah tugas kalian untuk meluruskan dan mensosialisasikan pada masyarat umum, sehingga program tersebut dapat diterima dan dipahami oleh semua lapisan masyarakat.

Universitas Gadjah Mada (UGM)


Perguruan tinggi yang satu ini cukup terkenal sekali di seluruh penjuru daerah yang ada di Indonesia. Ya Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi no 1 di Indonesia pada saat ini. Lulusan perguruan tinggi tidak diragukan lagi, banyak yang bekerja diperusahaan-perusahaan terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri. Jangan salah ya, Presiden Republik Indonesia yang ke-7 merupakan alumni perguruan tinggi ini. Wah keren bukan, lulusanya sudah ada yang menjadi orang no 1 di negeri ini.

Pantas saja pada jalur seleksi SBMPTN, SNMPTN, dan UTUL (Mandiri UGM) perguruan tinggi Universitas Gadjah Mada selalu banyak diminati oleh para calon-calon yang berkeinginan menjadi mahasiswanya. Hampir seluruh jurusan-jurusan yang ada di Universitas ini memiliki jumlah peminat yang luar biasa sehingga membuat persaingnyapun cukup ketat. Anak-anak yang masuk Universitas Gadjah Mada terkenal memiliki kecerdasan yang luar biasa sehingga mahasiswa-mahasiswanya terkenal dengan segudang prestasi baik dalam maupun luar negeri.

Khusus untuk jalur masuk SBMPTN, Universitas Gadjah Mada selalu kebanjiran pendaftar yang terkadang kita anggap bahwa semua jurusan yang ada selalu banyak pada peminatnya. Namun pada kenyataanya tidak, terdapat juga jurusan yang kurang peminatnya yaitu jurusan Mikrobiologi Pertanian dan Sastra Nusantara. Kedua jurusan ini bisa menjadi pilihan adik-adik jika kalian mau memiliki peluang besar menjadi salah satu bagian mahasiswa Universitas Gadjah Mada.

Universitas Diponegoro (Undip)


Perguruan tinggi yang satu ini terletak di Kota Semarang. Universitas Diponegoro merupakan jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan merupakan jajaran Universitas dengan peminat terbanyak pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2014 kemarin. Perguruan tinggi Universitas Diponegoro telah banyak berhasil mencetak generasi-generasi bangsa yang hebat. Mahasiswa-mahasiswa Universitas Diponegoro juga terkenal akan prestasinya baik bidang akademik maupun bidang non akademiknya.

Sebagai perguruan tinggi yang merupakan jajaran Universitas dengan peminat terbanyak pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2014, tentu adik-adik semua  pasti berfikir seleksinya cukup ketat dan semua jurusan pasti memiliki jumlah peminat yang banyak. Untuk seleksi yang ketat itu pasti sudah pasti mengingat jumlah peminatnya juga cukup banyak. Namun untuk semua jurusan pasti memiliki jumlah peminat yang banyak, ternyata adik-adik semua salah, karena pada kenyataanya pada jalur masuk SBMPTN terdapat jurusan yang kurang peminatnya, yaitu jurusan Agrobisnis dan Sejarah Bahasa Indonesia. Kedua jurusan ini memiliki jumlah peminat yang kurang dibandingkan dengan kuota yang disediakan. Jadi peluang ini dapat dimanfaatkan bagi kalian yang benar-benar berkeinginan menjadi  bagian mahasiswa Universitas Diponegoro. Tetapi jangan lupa usaha yang maksimal dan jangan lupa berdoa supaya semua lancar seperti yang adik-adik harapkan ya.

Universitas Brawijaya (Unibraw)


Universitas Brawijaya juga merupakan jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang terletak di Kota Malang. Perguruan tinnggi tersebut pada awalnya adalah perguruan tinggi swasta sebelum berubah menjadi perguruan tinggi negeri. Walaupun pada awalnya perguruan tinggi swasta, Universitas Brawijaya dapat dibilang lebih terkenal dibandingkan perguruan tinggi sekotanya, yaitu Universitas Negeri Malang.

Prestasi mahasiswa-mahasiswa Universitas Brawijaya selalu mengkat setiap tahunya sehingga patut diperhitungkan sebagai lawan yang kuat. Salah satu prestasi yang membanggakan di tahun 2015 yaitu sebagai juara umum PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) 2015 dengan merebut piala bergilir yang pada tahun sebelumnya dipegang oleh Universitas Gadjah Mada. Cukup membanggakan bukan. Untuk adik-adik yang masih duduk di bangku SMA mungkin belum mengenal PIMNAS itu apa.

Sebagai informasi saja ya, PIMNAS merupakan event tahunan yang diadakan oleh DIKTI. Eventnya berupa program kreatifitas mahasiswa yang digolongkan menjadi 7 kategori. Kalau dijenjang SMA prinsipnya hampir sama seperti Lomba karya Tulis Ilmiah.

Seiring dengan prestasi yang meningkat, kemudian menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, membuat banyak peminat untuk menjadi mahasiswa Universitas Brawijaya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peminat baik jalur SNMPTN atau SBMPTN. Untuk adik-adik yang berkeinginan menjadi bagian mahasiswa Universitas Brawijaya maka adik-adik harus pintar-pintar melihat peluang ketika mengambil jurusan supaya kemungkinan adik-adik diterima besar.

Jurusan yang memiliki jumlah peminat kurang banyak di Universitas Brawijaya, yaitu Instrumentasi (Saintek) serta Bahasa dan Sastra Prancis (Soshum). Jurusan-jurasan tersebut dapat menjadi rekomendasi bagi adik-adik yang berkenginan masuk menjadi mahasiswa Universitas Brawijaya dengan peluang yang besar.

Nah itu merupakan info dari mimin mengenai jurusan-jurusan yang minoritas (peminatnya kurang) yang ada di perguruan-perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Semoga dengan adanya info dari mimin dapat membantu adik-adik untuk membuka peluang yang besar menjadi mahasiswa-mahasiswa yang duduk diperguruan tinggi terbaik. Siapkan segala sesuatunya dari sekarang supaya kalian tidak menyesal dikemudian hari. Selain persiapan dengan belajar yang giat, adik-adik juga harus sering mencari informasi-informasi mengenai peminat pendaftar di jurusan dan perguruan tinggi yang akan dituju supaya kalian dapat menetapkan strategi yang benar untuk dapat jebol perguruan tinggi yang adik-adik inginkan. Saran dari mimin jaga kesehatan juga supaya kalian siap tempur. Jangan lupa baca artikel SBMPTN lainnya;

Rate this post