Pengertian Teks Opini, Jenis, dan Strukturnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Teks Opini– Sebelum memutuskan untuk menulis sebuah opini yang menarik sekaligus dapat dipahami oleh para pembaca secara umum, penting dan perlu bagi siapapun untuk menggali lebih dalam mengenai pemahaman teks opini. Sebab dengan pemahaman teks opini ini nantinya para penulis opini atau calon penulis opini akan mengetahui hal-hal yang menjadi kaidah dalam penulisan opini.

Baca Artikel Terkait Opini;

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut, pada kesempatakan kali ini indonesiastudents.com akan mengulas lebih dalam mengenai pengertian teks opini, jenis-jenis teks opini, dan strukutur teks opini. Berikut penjebaran tersebut.

Pengertian Teks Opini


Teks opini dapat diartikan sebagai suatu pendapat, pikiran atau pendirian seseorang yang dimuat dalam teks. Di dalam  teks opini terdapat komponen pendapat yang disebut argumentasi. Seorang penulis teks opini pendapatnya harus dilengkapi dengan fakta penunjang dan alasan yang logis  agar dapat diterima pembaca.

Perlu diketahui juga, bahwa teks opini termasuk kategori teks eksposisi. Teks Eksposisi adalah karangan yang memaparkan pengetahuan, keadaan, proses, masalah atau informasi yang tujuannya agar pembaca mendapatkan informasi sejelas-jelasnya sehingga dapat memperluas pengetahuan pembaca. Teks eksposisi yang akan dipelajari adalah membangun opini.

Jenis-Jenis Teks Opini


Dalam penulisan opini secara garis besar terdapat 2 macam atau jenis teks opini, diantranya;

Teks opini analisis
Teks opini ini lebih menunjukan si penulis opini terhadap analisis yang diangkat, analisis tersebut tidaklah dibuat asal-asalan. Akan tetapi dibuat dengan konsep dan pemahaman-pemahaman tertentu.

Teks opini hortatoris
Teks opini jenis hortatoris ialah suatu teks opini yang mengedepankan analisa mengenai suatu tindakan atau masalah yang dilakukan tersebut penting untuk dilakukan atau bahkan ditolak. Oleh karena itu pada teks opini jenis ini, biasanya penulis opini mempertimbangkan baik dan buruknya kebijakan yang terjadi.

Setelah kita memahami tentang pengertian teks opini dan jenis-jenis teks opini atau macam-macam teks opini, tulisan selanjutnya akan mengulas tentang struktur kepenulisan teks opini. Strukur teks kepenulisan opini yang sudah lazimnya dikenal sebagai berikut;

Struktur Teks Opini


Struktur teks opini secara runtut, yakni;


  • Pernyataan pendapat (thesis statement)

  • Argumentasi (arguments)
  • Pernyataan ulang pendapat (reiteration).

Demikianlah ulasan mengenai teks opini yang memuat pengertian teks opini, jenis-jenis teks opini, dan strukutur teks opini. Semoga pembahasan kali ini menambah wawasan sekaligus pengetahuan bagi siapapun yang akan atau ingin menuliskan sebuah opini. Trimakasih, baca juga artikel tentang pengertian opini secara umum.