Kutipan Langsung dan Tidak Langsung TERLENGKAP

Diposting pada

Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung– Setiap kali ada pelajaran Bahasa Indonesia pasti tidak akan lekang dengan materi pelajaran berupa kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Pelajaran itu tentusaja menjadi materi pelajarain wajib, sebab kutipan langsung dan tidak langsung ini selalu menjadi rujukan takala seseorang menulis karya tulis ilmiah, berupa skripsi, tesis, desertasi, makalah, atau yang lainnya.

Baca: 5 Perbedaan Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan mencoba mengulas lebih dalam mengenai kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Berikut ulasan tersebut

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung


Kutipan langsung atau kutipan tidak langsung adalah pinjaman pendapat dari seorang pengarang atau ucapan seseorang (narasumber) baik yang terdapat dalam buku, artikel maupun media cetak, mdia online, dan lainnya.

Cara Mengutip Langsung dan Tidak Langsung


Berikut akan dibagikan cara mengutip langsung dan tidak langsung antara lain:

Mengutip Langsung


  • Kutipan langsung yang tidak lebih dari empat baris.

  • Jika kita langsung membaca bukunya dan mengutip pendapat pengarangnya,
  • Kutipan tersebut diapit atau diselahi oleh dua tanda petik dan bagian akhir ditulis nama belakang dari pengarang yang bersangkutan.
  • Tahun buku diterbitkan, dan halaman.

Contoh Kutipan Langsung

… Banyak faktor yang dapat memengaruhi proses pembelajaran salah satunya adalah faktor guru. Wina Sanjaya mengungkapkan ”Dalam proses pembelajaran, seorang guru tidak hanya bisa berperan sebagai model atau teladan bagi peseta didik yang diajarnya, tetapiguru  juga sebagai pengelola pembelajaran (manage of learning)”. Menurut dia efekti¬tas proses pembelajaran terletak di pundak guru (Sanjaya, 2006:52).

Kutipan dengan mengutip pendapat pengarang, tetapi tidak langsung membaca buku pengarang aslinya.

Caranya sebagai berikut:

  • Disebutkan terlebih dahulu pendapatnya yang dikutip.
  • Buku yang dibaca ditulis (dalam pengarang, tahun: halaman).
  • Lalu tulislah pendapat tokoh yang kita kutip.

Misalnya:

Ketika kita ingin mengutip pendapatnya Dunkin yang dikutip oleh Sanjaya dan pihak ketiga adalah kita  yang ingin mengutip kembali tanpa membaca buku Dunkin, tetapi membaca bukunya Sanjaya.
Menurut Dunkin (dalam Sanjaya, 2006:53) ada berbagai aspek yang mampu memengaruhi kualitas proses pembelajaran, saah satunya dilihat dari faktor guru, yaitu teacher formative experience, teacher training experience, dan teacher properties.

Kutipan langsung yang lebih dari empat baris.
  • Kutipan yang lebih emapt barus dipisahkan dari karangan aslinya dengan jarak dua spasi (an untuk karangan  asli berjarak 1,5 spasi).
  • Kutipan langsung yang lebih emapt barus menjorok 5 sampai 7 ketuk dan jaraknya satu spasi.
  • Pada akhir kutipan diberi sumber kutipan (nama belakang pengarang,  tahun: halaman).

Mengutip Tidak Langsung


Pengertian mengutip tidak langsung adalah mengutip pendapat ahli dengan  mengambil intisarinya saja kemudian diolah dengan gaya bahasa kita sendiri

Penulisannya kutipan tidak langsung sebagai berikut ini:

  • Kutipan dileburkan ke dalam teks.
  • Tidak menggunakan tanda kutip untuk mengapitnya.
  • Jarak antar barisnya 1,5 spasi seperti teks lainnya,
  • Diakhiri dengan nama belakang pengarang, tahun buku diterbitkan: halaman,  dalam tanda kurung.
Contoh Kutipan Tidak Langsung

Meski merupakan suatu yang kontroversial, lebih dari segi agama yang dianut oleh seseorang, sihir, atau  tenung, tapi hal tersebut sangat dipercaya oleh sebagian orang. Dalam masyarakat Jawa, sihir seperti dikatakan Geerzt, sihir seringakli dijumpai dalam praktik pengobatan oleh orang yang ahli di bidangnya, seperti dukun (Geerzt, 1983:144).

Demikianlah ulasan mengenai kutipan langsung dan tidak langsung terkengkap, baik cara kepenulisannya, atapun contohnya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi siapapun yang akan atau ingin menggunakan ketentuan kepenulisan kutipan langsung dan tidak langsung. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;