5 Pengertian Metode Pembelajaran dan Macamnya Menurut Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Metode PembelajaranSetiap tenaga pendidik (guru) pasti memerlukan strategi atau cara yang digunakan dalam penyampaian materi dengan baik. Meskipun cara yang dipergunakan berbeda-beda, akan tetapi dapat dipastikan bahwa cara tersebut tujuannya yaitu untuk mempemudah pemahaman kepada peserta didik. Istilah kata lain dari cara yang dipergunakan itu adalah metode pembelajaram.

Baca: 4 Fungsi Sikap Beserta Contohnya

Metode pembelejaran berasal dari dua kata, yaitu metode dan pembelajaran. Metode sendiri dapat diartikan sebagai cara atau strategi yang dipergunakan oleh tenaga pendidik (guru) agar proses pembelajaran yang dilakukan lebih efektif dan efesien sehingga tujuan pendidikan dengan mudah untuk dicapai. Sedangkan untuk asal muasal kata “metode” dari bahasa yunani “methodos” yang memiliki arti  cara atau jalan. Dari pengertian tersebut dapat dikatakan jika metode dan pembelajaran jika digabungkan menjadi satu, akan memunculkan pengertian berikut ini:

Pengertian Metode Pembejalaran


Metode pembelajaran dapat diberi pengertian sebagai model perencanaan  pembelajaran yang  dianggap baik, utuh, dan  bersistem sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat dengan mudah untuk diimpelmentasikan secara  teratur.

Adapun untuk pengertian lebih lanjut dalam ulasan kali ini pula akan diberikan pengertian metode pembelajaran menurut para ahli. Semoga pengertian metodei pembelajaran menurut para ahli ini akan mampu memberikan gabaran yang lugas dan jelas, bagi siapapun yang sedang mencari pengertian metodologi pembelajaran.

Pengertian Metodologi Pembelajaran Menurut Para Ahli


Para ahli dari disiplin ilmu yang berbeda banyak memberikan pengertian metode pembelajaran berbeda, meskipun begitu esensinya tetaplah sama, yaitu cara pembelajaran. Berikut pengertian metode pembelajaran

Salamun
Memberikan pengertian bahwa metode  pembelajaran adalah suatu cara  pembelajarn yang berbeda  untuk  mencapai  hasil  pembelajaran  yang  berbeda dibawah suatu kondisi yang berbeda. Hal ini tentusaja menunjukan bahwa metode pembelajaran yang dilakukan harus disesuaiakan dengan hasil pembelajaran atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Abu Ahmadi
Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran adalah teknik  penyajian yang disampaikan oleh guru untuk kemudian bisa menyemapaikan materi pelajaran kepada murid .

Abdurrahman Ginting
Memberikan pengertian metode pembelajaran adalah cara yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar  pendidikan  serta  berbagai  teknik  dan sumberdaya sehingga terjadi proses pembelajaran yang baik.

Menurut Ahmadi
Pegertian metode pembelajaran adalah pengetahuan  tentang  cara-cara mengajar  yang  dipergunakan  oleh  guru  ataupun  instruktur dengan baik sehingga intisari materi pelajaran yang disampaikan dengan mudah dipahami oleh peserta didik.

Gagne, Briggs, dan Wagner
Memberikan pengertian metode pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang dengan baik dan berisistim yang kemudian dilakukan dalam upaya memberi pemahaman belajar pada siswa.

Dari 5 pengertian metode pembelajaran menurut para ahli diatas, dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru atau instriktur pendidikan dilakukan agar peserta didik dapat dengan mudah mehami materi yang disampaikan. Dengan sitem penyempaian yang baik tersebut diharapkan tujuan pendidikan agar terealisasi sesuai rencana yang diharapkan.

Setelah kita memahami bersama tentang pengertian metode pembelajaran menurut para ahli tulisan ini kemudain akan memberikan ulasan tentang macam-macam metode pembelajaran.

Macam-macam Metode Pembelajaran

  • Metode tutorial
  • Metode demonstrasi
  • Metode debat
  • Metode role playing
  • Metode problem solving

Demikianlah untuk pengertian motode pembelajaran disertai juga dengan macam-macamnya semoga bisa menambah wawasan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, baca juga artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *