2 Pengertian Agroforestry Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Agroforestry Menurut Para Ahli

Sosialisasi dalam penerapan sistem pertanian agroforestry bisa dikatakan sebagai pola pengelolaan sumber daya alam yang dinamis dan berbasis ekologi.

Meskipun demikian tak jarang banyak diantara masyarakat Indonesia kurang mengerti dan mehami pengertian agroforestry. Oleh karena itulah pada kesepatan kali ini, akan memberikan penjelasan apa yang dimaksud dengan sistem agroforestry.

Agroforestry

Dalam Bahasa Indonesia, kata agroforestry dikenal dengan istilah wanatani yang arti sederhananya adalah menanam pepohonan di suatu lahan pertanian. Oleh karena alasan itulah manfaat sistem pertanian agroforestri sangatlah cocok diterapkan di Indonesia. Alasannya karena Indonesia sebagai salah satu negara yang beriklim tropis mempunyai kesempatan untuk mengembangkan pertanian jauh lebih bagus dibandingkan dengan daerah subtropis dan lainnya.

Apalagi hal ini didukung dengan faktor iklim yang bagus, curah hujan cukup dan penyiran matahari yang memadai. Oleh sebab itu, kita perlu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia sehingga dapat mengelola sumber daya alam yang melimpah di Negara kita ini, Dengan harapan kita mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sistem pertanian agroforestry. Dengan potensi yang dimiliki oleh Indonesia maka besar peluang Indonesia untuk menjadi poros agraris dunia.

Pengertian Agroforestry Menurut Para Ahli

Adapun definisi agroforestry menurut para ahli. Antara lain;

  1. Hairiah  (2003)

Agroforestry adalah suatu bentuk pengelolaan lahan dengan mengoptimalkan tanaman pohon secara bersama-sama sehingga tercapai sistem berkelanjutan, baik secara ekologinya, sosial, dan ekonomi. Sedangkan pengertian agrosilviculture yakni campuran antara tanaman pertanian dan pepohonan, dimana penggunaan lahan sadar untuk memproduksi hasil-hasil pertanian dan kehutanan.

  1. Andayani  (2005)

Definisi agroforestry adalah suatu nama yang berasal dari bentuk kolektif (collective name) yang berkaitan dengan suatu model penggunaan hutan secara lestari.

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bawasanya upaya menciptakan agroforestry sejatinya harus ditangi dengan sangat serius untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi  agar masyarakat Indonesia memiliki wawasan tentang sistem pertanian yang baik, hal ini agar tidak terjadi lagi masalah lingkungan, pangan, lahan dan ekonomi.

Demikianlah pengertian agroforestry menurut para ahli dan penjelasannya lengkapnya. Semoga saja melalui adanya pembahasan kali inilah dapat bermanfaat bagi segenap para pembaca yang sedang mencari referensi  terkait dengan hal ini.

Rate this post