Lambang Pramuka (Dunia +Indonesia): Pengertian dan Penjelasanya Lengkap

Posted on

Lambang memiliki peranan yang sangat vital bagi suatu oraganiasi, baik oragniasasi masyarakat, pemerintahan, ataupun organisasi dunia sebagaimana dengan Pramuka yang telah menjadi salah satu organisasi dunia. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut dalam pembahasan kali ini, indonesiastudents.com akan mengulas lebih dalam tentang pengertian lambang pramuka serta arti atau makna lambang pramuka. Penjelasannya ialah sebagai berikut;

Lambang Pramuka

Lambang merupakan salah satu simbul kekuatan sekaligus menjadi identitas sosial bagi segenap anggotanya. Lambang ini identik dengan keberadaan lembaga sosial, yang mencerminan arti sera konsep dasar di dalam kegiatan yang dilakukan. Begitupula dengan pramuka yang sah dan hadir di Indonesia berdasarkan pada Surat Keputusan Kwartir Nasional No. 6/KN/72 Tahun 1972.

Pengertian/Arti Lambang Pramuka

Pengertian pramuka, khususnya lambang pramuka adalah suatu bentuk tanda pengenal mengenai organisasi gerakan pramuka yang bersifat absolute atau tetap. Lambang ini berfungsi sebagai ciri khas yang di dalamnya tersirat tentang tujuan, cita-cita, dan sejarah mengenai gerakan pramuka, baik di dunia ataupun di Indonesia.

Lambang pramuka yang wajib diketahui bagi gerakan pramuka Indonesia ada 2, yaitu lambang pramuka dunia dan lambang pramuka di Indonesia. Lambang-lambang tersebut kesemuanya dijadikan sebagai lencana pada pakaian pramuka, oleh karenanya tak asing lagi bagi kita melihat bahkan memakai kedua lambang ini. Berikut penjelasan tentang lambang-lambang pramuka tersebut

Lambang Pramuka Dunia

Lambang pramuka dunia dikenal dengan lambang pandu dunia atau islah asing lambang ini ialah WOSM (World Organization of the Scout Movement). L ambang WOSM terdiri bunga lily dengan tiga ujung, kompas, dua bintang, yang dilingkari tali bersimpul mati. Lambang pramuka dunia berwarna putih dengan memiliki warna latar (background) ungu.

Gambar Lambang Pramuka Dunia

Makna/Arti Lambang Pramuka Dunia

Dari gambar lambang tersebut dapatlah dikatakan jikalau gambar lambang pramuka dunia memiliki arti sebagai berikut;

Jarum kompas

Jarum kompas pada lambang pramuka secara langsung menunjuk ke atas (utara), artinya sebagai suatu atnda pengingat bagi setiap pramuka untuk dapat melakukan kebenaran dan juga menjadi pribadi yang bisa dipercaya. Selain itu juga arti kompas pada lambang pramuka di dunia bertujuan untuk menjaga cita-citanya dan fungsinya sebagai penunjuk jalan.

Bunga dengan Tiga Ujung

Benda dengan tiga ujung pada lambang pramuka di dunia ini memiliki makna sebagai pengiasan Tiga Janji Pramuka. Tali janji berkaiatan erat dengan hubungan antar anggota dan kegiatan dalam pramuka yang lekat erat dengan nuansa pendidikan.

Dua bintang

Maka dua bintang dalam lambang pramuka diberi pengertian bahwasanya seorang anggota Gerakan Pramuka selalu bercita-cita untuk menjadi penerangan dan juga menjadi menolong dalam kebenaran dan pengembangan di dalam ilmu pengetahuan.

Tali melingkar

Tali melingkar dengan ujung simpul mati memiliki arti dalam lambang pramuka dunia bahwasanya antar sesama anggota Gerakan Pramuka di seluruh dunia harus menjalin hubungan persahabatan danjuga menjalani suatu  persaudaraan.

Warna Putih

Simbul dalam lambang pramuka dunia di atas, memiliki arti bahwasanya jiwa setiap Gerakan Pramuka suci dan bersih. Suci dari tindakan yang merugikan bagi organisasi dan bersih mencerminkan konsep kegiatan pramuka yang mengedepankan tolong menolong.

Warna Dasar Ungu

Pada lambang pramuka dunia tersebut memiliki wana biru yang mengindikasikan bawasanya setiap Gerakan Pramuka memiliki keterampilan dalam mimpinan dan juga suka menolong orang lain. Baik yang berbeda kebudayaan ataupun dalam kesamaah kebudayaan.

Dari penjelasan mengenai lambang pramuka dunia, perlu dan penting untuk diketahui bahwasanya konsep pengenalan dalam lambang ini pertamakali digunakan oleh oleh Baden Powell seabgai Bapak Pandu Dunia saat melakukan perkemahan di Pulau Bwonsea pada 25 Juli sampai tanggal 2 Agustus 1907. Selengkapnya, baca; Biografi Bapak Pandu Dunia

Selanjutnya, setelah kita memahas mengenai lambang pramuka dunia berikutnya pada tulisan ini secara sngkat  akan membagikan tentang lambang pramuka Indonesia dan artinya yang kesemuanya hampir sama dengan arti dalam lambang pramuka dunia. Berikut penjelasan tentang lambang pramuka Indonesia.

Lambang Pramuka Indonesia (Tunas Kelapa)

Lambang pramuka Indonesia diciptkan hasil karya dari Alm. Sumardjo Atmodipuro, Seorang tokoh nasional yang dikenal aktif bekerja sebagai Pegawai tinggi departemen pertanian. Lambang pramuka Indonesia ini sah atau legal digunakan pada tanggal 14 Agustus 1961. Hingga saat ini lambang pramuka Indonesia terus diabadikan dan wajib diketui oleh seluruh Gerakan Pramuka di Indonesia. Penemu lambang pramuka Indonesia Sumardjo Atmodipuro mendesain lambang pramuka sebagai berikut;

Gambar Lambang Pramuka

Arti/Makna Tunas Kelapa Lambang Pramuka di Indonesia

Lambang pramuka di Indonesia tersebut memiliki arti sebagai berikut;

Cikal

Cikal atau Tunas Buah Kelapa dalam lambang pramuka Indonesia ini menunjukan keadaan tumbuh berarti bahwa, penduduk asli yang pertama yang telah menurunkan generasi baru. Sehingga buah kelapa yang tumbuh tersebut secara langsung mengandung arti bahwa setiap gerakan Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia.

Buah kelapa

Buah kelapa dalam lambang pramuka Indonesia juga dinilai dapat bertahan dengan jangka waktu yang lama dalam kondisi yang bagaimanapun juga. Sehingga lambang gerakan pramuka Indonesia dengan buah kepala (cikal) ini mengkiaskan bahwa tiap Pramuka ialah seorang yang rokhaniah dan jasmaniah, kuat, ulet, dan juga memiliki tekad yang kuat dalam menghadapi tantangan hidup.

Kelapa

Kelapa atau nyiur dalam lambang pramuka ini dapat disetiap lokasi yang ada di Indonesia, sehingga lambang pramuka Indonesia ini membuktikan daya upaya dalam menyesuaikan terhadap kondisi disekelilingnya. Kondisi ini seperti peka dengan keadaan sosial masyarakat.

Kelapa Tumbuh Menjulang Lurus Ke Atas

Kelapa tumbuh menjulan secara lurus dalam lambang pramuka Indonesia ini artinya bahwa tiap Pramuka harus mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, lurus dimaknai sebagai mulia atau jujur (tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu keadaan atau pengeruh hal yang negatif).

Akar Kelapa

Lambang Gerakan Pramuka dengan Akar Kelapa yang Tumbuh kuat dan mencengkam Tanah memiliki makna bahwasanya setiap pramuka harus memiliki suatu tekad dan keyakinan terdap setiap  landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk dapat memperkuat tujuannya tersebut sebagaimana tunas kelapa.

Pohon Kelapa

Lambang Pramuka Indonesia dengan Kelapa adalah pohon yang serba guna, dari ujung atas hingga akarnya. Makna ini tentunya memberikan pemahaman bahwasanya setiap Pramuka harus berguna dan juga sanggup membaktikan dirinya kepada kepentingan Tanah air, Bangsa dan dan seluruh element masyarakat di Indonesia.

Dari penjelasan tentang arti lambang pramuka Indonesia ini penting diketahui bahwasanya ketetapan mengenai Lambang Gerakan Pramuka Indonesia ini telah mendapat Hak Paten dari Ditjen Hukum dan Perundangan-undangan Departeman Kehakiman Republik Indonesia, dengan Keputusan Nomor 176634 tanggal 22 Oktober 1983, dan Nomor 178518 tanggal 18 Oktober 1983.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Pramuka Penegak, Tingkatan dan Istilah Kata Lainnya
  2. Pengertian Pramuka Penggalang dan Kode Kehormatannya
  3. Bapak Pramuka Indonesia Beserta Biografinya

Demikianlah penjelasan mengenai lambang pramuka dunia dan lambang pramuka Indonesia. Semoga ulasan kali ini dapat memberikan pemahaman bagi siapapun yang sedang mencarai referensi tentang arti atau penjelasan dari lambang pramuka. Trimakasih,

Lambang Pramuka (Dunia +Indonesia): Pengertian dan Penjelasanya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]