14 Cara Membaca Naskah Pidato Dengan Baik

Diposting pada

indonesiastudents.com– Banyak tips yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk memahami atau membaca naskah pidato. Meskipun banyak tips tetapi untuk 14 cara ini umumnya sudah banyak yang melakukannya, oleh karena itulah pada kesempatan kali ini indonesiastudents.com akan membagikan tentang membaca naskah pidato dengan baik.

Baca: 6 Cara Menyusun Naskah Pidato Dengan Mudah

Membaca Naskah Pidato


Sebelum membaca naskah pidato tentunya terlebih dahulu membuat naskah pidato. Karena hal ini harus dilakukan, bagi siapapun yang akan belajar untuk membuat pidato. Adapun langkah-langkah membaca naskah pidato yang baik adalah sebagai berikut:

Cara Membaca Naskah Pidato


  1. Berlatihlah membaca naskah pidato sebelum penampilan sesungguhnya.

  2. Penampilan yang baik. Pakailah busana yang baik disesuaikan dengan tema, situasi,  dan kondisi (formal atau non formal).
  3. Kuasai tema dan hal terkait dengan pidato yang akan dibaca.
  4. Perhatikan kata kunci dan kenali audiensnya.
  5. Bersikap tenang dan meyakinkan sehingga audiens akan menikmati dan tidak merasa ragu dengan apa yang akan disampaikan.
  6. Semangat: penyampaian pidato harus semangat jangan loyo. Jika tidak semangat  tentunya audiens lebih tidak semangat lagi.
  7. Gunakan teknik membaca nyaring, yaitu:
    A. Volume suara harus jelas. Tidak membaca dengan suara seperti berbisik apalagi membaca dalam hati.
    B.  Artikulasi harus jelas. Setiap kata dan huruf harus dilafalkan dengan jelas. Jika huruf /f/, /p/, dan /v/ dan vokal (a, i, u,e, o) sudah jelas artikulasinya, maka kata pun pasti terdengar jelas.
    C.  Intonasi adalah mengatur suara baik secara irama, perubahan nada tuturan,dan penekanan. Di dalam naskah ditandai dengan pungtuasi dan pengganti pungtuasi dalam membaca naskah pidato adalah intonasi.
  8. Memerhatikan diksi (pilihan kata). Gunakan bahasa dan pilihan kata sesuai latar belakang atau tingkat pendidikan audiens. Gunakan bahasa remaja jika audiensnya remaja dan jangan lontarkan kata atau istilah yang mereka tidak mengerti.
  9. Ekspresi sesuai dengan hal yang disampaikan pada isi naskah pidato. Kalau lucu paling tidak orator tertawa.
  10. Gestur. Gerakan tubuh sesuaikan dengan irama pidato. Lakukan gerakan yang dapat memberikan pesan kepada pendengar, baik dengan gerakan tangan, kepala, dan arah badan kita.
  11. Pandangan mata tidak terpaku pada naskah saja, sesekali tataplah audiens.
  12. Fokus dan konsentrasi. Berkonsentrasilah, karena jika tidak akan membuat lupa apa yang ingin disampaikan dan jangan memerhatikan hal-hal yang dapat menganggu konsentrasi.
  13. Buat simpulan. Setelah selesai pidato, jangan lupa meringkas isi pidato, mengambil simpulan, dan menyampaikan harapan semoga isi pidato bermanfaat.
  14. Tutup pidato dengan elegan. Setelah isi pidato disampaikan, tutup dengan cara mengucapkan terima kasih kepada audiens atas perhatiannya.

Demikianah penjelasan mengenai cara membaca pidato dengan baik, semoga ulasan ini dapat bermanfaat, bagi siapapun yang akan atau ingin mendalami tentang idato. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *