Pengertian Mikrokontroler dan Arduino Beserta 9 Kelebihannya

Diposting pada
Mikrokontroler dan Arduino
Mikrokontroler dan Arduino

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang mikrokontroller dan arduino, baik dari segi pengertian dan kelebihan dalam penggunaaan arduino. Hal ini sangatlah penting, mengingat dalam dunia elektronik dan pembelajaran IPA seringkali kita ditemukan dengan istilah “mikrokontroller dan arduino”.

Pengertian Mikrokontroller

Mikrokontroller adalah chip atau IC (integrated circuit) yang dapat dilakukan pemogrogram melalui komputer, agar dapat membaca input, memproses input tersebut dan kemudian menghasilkan output yang sesuai dengan keinginan, kita harus menanamkan program pada mikrokontroller tersebut.

Jadi singkatnya mikrokontroller tersebut bertugas seperti “otak” seperti motherboard yang menjadi “otak” dari sebuah komputer.

Pengertian Arduino

Arduino adalah papan rangkaian elektronik open source yang  didalamnya telah diberi boot loader dan juga terdapat chip mikrokontroller dengan jenis AVR (automatic voltage resistor) yang berasal dari perusahaan Atmel,berguna untuk membuat proyek atau eksperimen.

Software arduino dapat kita jalankan di multiplatform yaitu: linux, windows dan juga mac. Awal mula dikembangkannya arduino adalah di Ivrea (Italy) dengan alasan ingin membuat hardware yang murah dan dengan pemrograman yang mudah. Sampai saat ini telah banyak sekali arduino baik yang genuine maupun yang clone telah beredar di seluruh dunia.

Kelebihan Arduino dibandingkan Mikrokontroller

Kelebihannya, antara lain:

  1. Hardware maupun software arduino adalah open source.
  2. Arduino sudah dilengkapi dengan boot loader yang akan mampu menangani proses upload dari komputer
  3. Sambungan dari komputer di board arduino menggunakan USB
  4. Arduino bisa digabungkan bersama modul atau alat lain dengan protokol yang berbeda beda
  5. Dilengkapi dengan boot loader yang akan mampu menangani proses upload dari komputer.
  6. Sambungan dari omputer de board arduino menggunakan USB.
  7. Arduino bisa digabungkan bersama modul atau alat lain dengan protokol yang berbeda-beda.
  8. Ukuran arduino kecil dan mudah dibawa-bawa.
  9. Memiliki libraby yang banyak sehingga arduino dapat disambungkan ke berbagai macam sensor.

Demikianlah ulasan mengenai “Mikrokontroler dan Arduino” pengertian dan kelebihannya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari lietrasi tentang “Mikrokontroller dan Arduino”.

Rate this post