(Pahami) Jurusan IPC SBMPTN, Saintek, dan Soshum Lengkap

Diposting pada

IndonesiaStduent.Com– Bagi sebagian besar para pelajar SMA/MA/SMK/Sederajat yang telah lulus Ujian Nasional (UN) barangkali sedang sibuk untuk memperispakan diri mesuk di perguruan tinggi negri. Dari pendaftaran perguruan tinggi negri tersebut yang paling banyak dilakukan ialah dengan tes SBMPTN.

Baca: 5 Jurusan Paling Banyak Diminati saat Tes SBMPTN

Tes SBMPTN banyak dilakukan karena para pelajar bisa memilih univeritas negri atau PTN manapun yang diinginkan, baik univeritas tersebut berada di Aceh satupun berada di Papua. Sebagai penjelasan lebih lajut tentang SBMPTN, berikut ini indonesiastudents.com akan mencoba memeberikan penjelasan aturan teknis dalam SBMPTN dari tahun ke tahun.

Aturan Teknis Pendaftaran SBMPTN antara lain sebagai berikut:

  1. Peserta dapat memilih 3 Program atau studi dalam tes SBMPTN.
  2. Peserta dapat memilih program studi dari Univeritas yang sama dan juga univeritas berbeda.
  3. Peserta SBMPTN diharuskan memilih program studi dimana mereka bersal. Misalnya berasal dari Lampung, maka salah satu program studi yang dimabil harus ada di Unila (uniiveritas Lampung) atau Intera (Institut Teknologi Sumatra) Hal itu dilakukan karena menjadi prasyarat untuk tes di Lampung, adapun jika program studi diambil di luar Lampung padahal dia berasal dari Lampung maka peserta harus datang di univeritas yang dituju.

Pilihan Pendaftaran SBMPTN

Peserta yang berasal dari SMA/MA/SMK dapat memilih 3 jurusan pendaftaran, diantranya yaitu:

  1. Jurusan IPC SBMPTN.
  2. Jurusan Soshum SBMPTN.
  3. Jurusan Saintek SBMPTN.

Keterangan lebih lanjut mengenai 3 jurusan pendaftaran tersebut akan indonesiastudents.com paparkan berikut ini.

Jurusan IPC SBMPTN


Jurusan IPC SBMPTN biasa disebutkan dengan campuran, dimana seseorang yang mengambil tes Jurusan IPC, maka ia harus mengerjakan soal Soshum dan juga Sintek. Untuk keterangan lebih lanjut, bagi para pelajar yang mengambil jurusan ini biasanya dari lintas jurusan. Misalnya SMA/MA nya berasal dari Jurusan IPA ia ingin masuk perguruan tinggi dengan mengambil Jurusan Sastra Indonesia, maka otomatis pendaftar tersebut harus mengambil tes IPC.

Kelemahan mengambil jurusan IPC SBMPTN adalah jarang ada yang berhasil lolos, meskipun sebagain ada tapi lebih banyak gagalnya. Adapun kelebihannya jika mengambil tes IPC para lulusan SMK/MA bisa mengambil lintas jurusan sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Mata pelajaran yang di ujikan dalam Jurusan IPC SBMPTN ini, adalah sebagai berikut:

  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Mata Pelajaran Dasar, yaitu  MTK, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Mata pelajaran IPA, yaitu  , Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Tes Mata Pelajaran IPS, yaitu ekonomi, sejarah, geografi, dan juga sosiologi.

Jurusan Soshum SBMPTN


Jurusan soshum SBMPTN atau yang biasa dikenal dengan sosial humaniora biasanya dilakukan bagi meraka yang SMA/MA?SMK/sederajat berasal dari IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), adapun untuk pilihan kuliah di PTN yang diambil harus Soshum, misalnya adalah Pendidikan Sejaran, Pendidikan Sosiologi, Manajement, Pendidikan Ekonomi, Ilmu Pemerintahan, dan lain sebaginya.

Untuk mata pelajaran yang diujikan dalam Jurusan Soshum SBMPTN antara lain sebagai berikut:

  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Mata Pelajaran Dasar, yaitu  MTK, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Mata Pelajaran IPS, yaitu ekonomi, sejarah, geografi, dan juga sosiologi.

Jurusan Siantek SBMPTN


Jurusan Saintek SBMPTN adalah jurusan yang dilakukan bagi meraka yang berasal dari disiplin ilmu eksakta atau IPA dan juga bagi meraka yang ingin masuk di PTN dengan jurusan eksakta, misalnya saja matematika, fisikia, kimia, teknik, pertanian dan lain sebgainya. Untuk mata pelajaran yang diujikan dalam Jurusan Siantek SBMPTN antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Mata Pelajaran Dasar, yaitu  MTK, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Mata pelajaran IPA, yaitu  , Kimia, Fisika, dan Biologi

Setelah kita mengulas panjang lebar tentang jurusan IPC SBMPTN, Jurusan Saintek SBMPTN, dan Jurusan Soshum SBMPTN di atas. Selanjutnya tulisan ini akan menggabarkan berbagai tambahan dalam ujian SBMPTN. Tambahan dilakukan karena memang jurusan tersebut tak semua orang bisa masuk, karena ada keterapilan yang harus dikuasi.

Maksud ujian ketererampilan SBMPTN ialah untuk seseorang yang ingin masuk PTN namun dengan jurusan seperti Pendidikan Kesehatan dan Jasmani, Pendidikan Seni Tari, Seni rupa, dan lain sebgainya. Itu diperlukan ujian keterampilan.

Demikianlah penjalasan atas ulasan SBMPTN kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang atau akan mendaftar SBMPTN, trimakasih. Baca juga artikel lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *