2 Tujuan Penulisan Kata Pengantar dan Contohnya

Diposting pada
Tujuan Kata Pengantar dan Contohnya
Tujuan Kata Pengantar dan Contohnya

Diakui ataupun tidak, dalam setiap kepenulisan karya tulis ilmiah senantisanya terdapat bagian khusus yang membahas tentang kata pengantar. Alasannya karena hal ini menciri khaskan bahwa setiap karya yang ada seseorang yang berkontribusi dalam penyelesaian kepenulisan.

Meskipun, haruspula diketahui bahwa terdapat perbedaan kata pengantar dan ucapan terima kasih. Salah satunya jikalau kata pengantar ditemukan dalam tulisan ilmiah sedangkan trimakasih biasanya identik dengan karya non ilmiah.

Kata Pengantar

Kata pengantar diakui ataupun tidak, berasal dari bahasa Latin yaitu preface yang memiliki arti “diucapkan sebelum” (prae + fatia) atau “dibuat sebelum” (prae + factum). Pada umumnya, kata pengantar mencakup kisah tentang bagaimana buku tersebut muncul, atau bagaimana ide untuk buku itu dikembangkan.

Tujuan Kata Pengantar

Setiap kepenulisan dalam penyusunan kata pengantar terdapat beberapa tujuan. Diantaranya;

  1. Memberikan Uraian Kepada Pembaca

Penulisan setiap bagian kata pengantar terdapat berada di bagian awal yang tentusaja hal ini berujuan untuk mampu mengantarkan pembaca kepada uraian karya tulis dibuat. Sehingga nantinya mengetahui seberapa kredibel penyusunan karya ilmiahnya.

  1. Memberikan Gambaran Umum

Tujuan sebagai besar pengantar setiap tulisannya memiliki kaidah bahasan yang lebih rinci, dimana isi kata pengantar berupa gambaran umum tentang karya tulis. Misalnya saja tentang uraian singkat judul yang nantinya mampu memberikan pemahaman kepada pembaca.

Contoh Kata Pengantar

Adapun untuk contoh sistem kepenulisan dalam kata pengantar. Antara lain;

  1. Karya Ilmiah

Berikut ini contoh adanya kata pengantar yang baik dan benar. Yakni;

Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil alamin, segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT., atas segala karunia dan ridho-Nya, sehingga karya tulis ilmiah dengan judul “Permodalan Bagi Tenaga Kerja Indonesia Dalam Rangka Mewujudkan Tercapainya SDGs 2030” dapat diselesaikan.

Shalawat serta salam senantiasa penulis haturkan kepada Nabi Muhammad SAW., keluarga dan para sahabatnya.
Karya tulis ilmiah ini disusun untuk tugas perkuliahan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa hormat dan menyampaikan terima kasih kepada:

  1. Orang tua kami yang telah mendukung kami sepenuhnya, baik dalam bentuk pengeluaran selama pembuatan karya tulis ini maupun motivasi dan dorongan.
  2. Ibu Dr. Dra……………… karena berkat jasa beliau, berupa ilmu-ilmu yang diberikan, berbagai macam sumber buku yang dipinjamkan, bahkan tenaga beliau yang beliau sisihkan untuk membimbing kami dalam pembuatan karya tulis dalam tugas ini.
  3. Rekan-rekan seperjuangan yang telah memberikan kontribusi berupa masukan, saran, dan pemikiran baru sehingga terjadi saling tukar pendapat dan pikiran yang positif dalam menyelesaikan penyusunan naskah karya tulis ini.

Penulis memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan karya tulis ini karena sejatinya setiap manusia tidak luput dari dosa dan tiada yang mampu menandingi kesucian Rasulullah SAW. Terlebih, karena status kami yang masih sebagai Mahasiswa, kami merasa bahwa karya tulis ini belum sepenuhnya sempurna. Oleh karena itu, segala kritikan dan saran dari pembaca akan kami terima demi meningkatkan kemampuan menulis kami dan sebagai kontribusi wawasan khasanah keilmuan.

Akhir kata, semoga Allah SWT. senantiasa melimpahkan karunia-Nya dan membalas segala amal budi serta kebaikan pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan laporan ini. Selanjutnya, penulis berharap karya tulis ini memberikan manfaat bagi kita semua terutama untuk mengoptimalkan penyaluran modal bagi tenaga kerja, serta dapat menghadapi bonus demografi pada tahun 2030 dalam rangka mewujudkan tercapainya tujuan SDGs.

Nah, demikinalah penjelasan yang bisa diberikan kepada semua pembaca berkenaan dengan adanya tujuan kepenulisan kata pengantar dan contoh sistematikanya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkannya.

Rate this post