9 Pengertian Agresi Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Agresi Menurut Para Ahli

Diakui ataupun tidak, agresi menjadi salah satu istilah yang sering dipergunakan dalam lembaga pendidikan. Misalnya saja mengenai Agresi Militer Belanda 1 Agresi Militer Belanda 2, dan agresi-agresi yang lainnya.

Meskipun sering dipergunakan tak jarang banyak diantara kita kurang mengerti maksud atau pengertian daripada agresi ini, oleh karena itulah pada kesempatan kali ini akan memberikan pengertian agrasi atau pengertian prilaku agresi.

Agresi

Agresi adalah bentuk perilaku fisik maupun verbal yang dilakukan untuk menyerang dan menyakiti orang lain yang dilakukan dengan menunjukkan unsur-unsur kesengajaan. Perilaku agresi sendiri sebenarnya terdiri dari empat aspek, yaitu agresi fisik, agresi verbal, kemarahan, dan kebencian.

Pengertian Agresi Menurut Para Ahli

Adapun definisi agresi menurut para ahli, antara lain;

  1. Ramirez (2009), Menurutnya, agresi adalah fenomena kompleks yang dimunculkan dalam berbagai bentuk perilaku.
  2. Buss dan Perry (1992), Definisi agresi adalah suatu perilaku yang berniat untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikologis.
  3. Harding (2006), Menurutnya, pengertian agresi adalah kecenderungan seseorang untuk melakukan kekerasan yang dimanifestasikan dalam bentuk tindakan merusak.
  4. MacLaren, Best dan Bigney (2010), Pengertian agresi adalah suatu bentuk perilaku yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok dalam merespon ancaman.
  5. Myers (2012), Pengertian agresi adalah merupakan perilaku dalam bentuk fisik dan verbal yang memiliki tujuan untuk menyakiti orang lain.
  6. Baron (dalam Koeswara,1998), Menurutnya, agresi adalah perlakukan seseorang yang dijalankan oleh individu untuk mencelakakan orang lain.
  7. Dollar dan Miler (dalam Sarwono, 1988), Menurutnya, agresi adalah suatu bentuk pelampiasan dari perasaan seseorang karena frustasi.
  8. Berkowitz (1987), Arti agresi adalah perilaku yang dilakukan oleh inovidu atau sekelompk berlandasarkan niat untuk melaukai individu lain, baik secara fisik ataupun secara psikologis.
  9. Murray (dalam Hall dan Lindzey,1981), Menurutnya, agresi adalah cara yang dilakukan seseorang untuk mengatasi segala bentuk perlawanan atau konflik dari pihak lain.

Contoh Agresi

Perilaku agresi menjadi perilaku bermasalah yang komplek cakupannya dan masih sering dilakukan oleh remaja sampai pada saat ini. Beberapa ahli mendefinisikan gagasannya tentang aspek-aspek perilaku agresi.

  1. Myers (2012), Menurutnya perilaku agresi terdiri dari dua aspek, yaitu aspek fisik dan verbal. Sedangkan tokoh lain.
  2. Buss dan Perry (1992), telah mengklasifikasikan agresivitas menjadi empat aspek. Pertama, agresi fisik adalah agresi yang dilakukan untuk melukai orang lain secara fisik. Contohnya memukul, menendang, dan melukai.

Kedua, agresi verbal adalah tindakan agresi yang bertujuan untuk menyakiti, mengganggu, atau membahayakan orang lain dalam bentuk penolakan dan ancaman melalui respon vokal dalam bentuk verbal. Contohnya membentak, mengumpat, dan mengejek.

Ketiga, kemarahan merupakan emosi negatif yang disebabkan oleh harapan yang tidak terpenuhi dan bentuk ekspresinya dapat menyakiti orang lain serta dirinya sendiri. Beberapa bentuk kemarahan adalah perasaan marah, kesal, sebal, dan bagaimana mengontrol hal tersebut. Termasuk didalamnya adalah irritability, yaitu mengenai temperamental, kecenderungan untuk cepat marah, dan kesulitan mengendalikan amarah.

Keempat, hostility merupakan tindakan yang mengekspresikan kebencian, permusuhan, antagonisme, ataupun kemarahan kepada pihak lain. Hostility adalah suatu bentuk agresi yang tergolong agresi covert (tidak terlihat).

Demikianlah ulasan mengenai pengertian agresi menurut para ahli, asepek yang terkandung dalam agresi, dan juga contoh agresi. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi para pembaca yang sedang mencari referensi “Agresi”.

Rate this post