6 Pengertian Alat Peraga Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Alat Peraga– Alat peraga menjadi salah satu hal penting dalam proses pembelajaran. Sebab alat peraga ini menjadi cara penyampain dalam menerangkan materi yang ingin disampaikan di bangku pendidikan. Alat peraga juga umumnya berbetuk suatu konsep. Sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik bukan hanya mendengar akan tetapi peserta didik akan mampu melihat secara jelas tentang pengetahuan yang disampaikan oleh tenaga pendidik (guru atau instruktur).

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut, pada tulisan ini indonesiastudents.com akan mencoba mengulas lebih dalam tentang pengertian alat arat peraga menurut para ahli, semoga dengan ulasan ini dapat menambah pengetahuan bagi siapapun yang sedang memerlukan bahan mengenai pengertian alat peraga.

Pengertian Alat Peraga


Alat peraga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang bisa digunakan tenaga pendidik dalam upaya mempermudah proses pembelajaran dari materi yang awalanya bersifat abstrak menjadi tidak abstrak sehingga dapat menarik minat para peserta didik untuk memahami pengetahuan yang disampaikan.

Baca Juga: Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

Sebagai upaya penyempurnaan pengertian alat peraga di atas, tulisan ini selanjutnya akan memberikan ulasan mengenai pengartian alat peraga menurut para ahli. Pengertian tersebut adalah sebagai berikut:

Pengertian Alat Peraga Menurut Para Ahli


Banyak ahli yang mencoba memberi pengertian alat peraga, ahli-ahli tersebut berasal dari disiplin ilmu berbeda, baik dari pendidikan, ilmu sosial, ataupun aksakta. Berikut pengertiannya:

Anderson dalam Lestari (2006)
Memberikan pengertian bahwa alat peraga adalah media atau perlengkapan yang digunakan oleh tenaga pendidik dalam upaya membantu atau mempermudah proses pembelajaran.

Nasution (1985)
Memberikan pengertian bahwa alat peraga adalah alat yang digunakan untuk membantu dalam mengajar agar lebih efektif dan efesien.

Sudjana (2009)
Memberikan pengertian bahwa alat peraga adalah suatu alat yang dapat dilihat oleh mata, didengarkan oleh telinga. Yang tujuannya agar membantu tenaga pendidik dalam penyempaian materi kepada peserta didik.

Faizal (2010)
Memberi pengertian bahwa alat peraga adalah instrument audio/visual yang digunakan pendidik untuk membantu proses pembelajaran agar lebih menarik minat siswa dalam mendalami pengatahuan yang ingin disampaikan.

Wijaya dan Rusyan (1994
Memberikan pengertian bahwa alat peraga adalah suatu media yang dipergunakan dalam proses pendidikan agar peserta didik dengan mudah memahmi materi yang disampaikan atau peserta didik tidak merasa kebingungan.

Amir Hamzah (1981)
Memberikan pengertian bahwa alat peraga adalah suatu alat yang dapat dipergunakan tenaga pendidik agar membuat berkomunikasi menjadi efektif.

Dari pengertian alat peraga menurut para ahli di atas dapat dikatakan bahwa fungsi alat peraga sebenarnya adalah mempermudah proses pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik. Selain itu alat peraga juga akan memberikan kesan pemahaman yang lebih kepada peserta didik, sebab selain peserta didik mendengar juga dapat melihat bahwa mempraktekan secara langsung.

Setelah memberikan pengertian alat peraga diatas, tulisan ini selanjutnya akan mengulas fungsi alat peraga dalam pendidikan. Adapun fungsi alat peraga dalam proses pendidikan antra lain sebagai berikut:

Fungsi Alat Peraga Pendidikan

Berikut ini adalah fugsi alat peraga pendidikan yang bisa memberikan gambaran betapa pentingnya alat peraga ini:

  • Membantu proses pembelajar sehingga dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta didik.
  • Alat peraga akan dengan mudah mengilustrasikan dan memantapkan pesan dan informasi kepada peserta didik
  • Menghilangkan ketegangan dari hambatan dan rasa malas murid saat proses pembelajaran berlangsung.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian alat peraga dan disertakan pula dengan pengertian alat peraga menurut para ahli. Semoga bagi siapapun yang sedang mencari refrensi alat peraga, baik untuk proses pendidikan atau pembelajaran dalam dipahami dengan mudah. Trimakasih

Baca Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *