Pengertian Pestisida Nabati dan Penjelasannya Menurut Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Pestisida Nabati dan Penjelasannya Menurut Ahli Lengkap

pengertian pestisida nabati

indonesiastudents.comPestisida nabati bisa dikatakan sebagai suatu bentuk pestisida yang ramah lingkungan, karena umumnya pestisida ini memiliki sifat yang mudah terurai di alam (bio degradable), sekaligus aman terhadap perkembngan manusia dan hewan peliharaan.

Penggunaan pestisida alami bagi berbagai tanaman di Indonesia bisa dikatakan eferktif, salah satunya jika diterapkan dalam tanaman padi. Oleh karena itulah pada pembahasan kali ini, indonesiastudents.com akan memberikan penjelasan mengenai pengertian pestisida nabati.

Pengertian Pestisida Nabati


Pestisida nabati adalah suatu bentuk pestisida yang bahan dasar pembuatan berasal dari tumbuhan. Pestisida ini telah lama digunakan oleh nenek moyang Bangsa Indonesia dalam melindungi tanaman mereka dari serangan pengganggu secara alamiah.

Nenek moyang Bangsa Indonesia menggunakan pestisida nabati, biasanya atas dasar kebutuhan praktis yang kemudian dipersiapkan secara tradisional, misalnya seperti penggunaan jamu empon-empon pada masyarakat yang bersuku Jawa. Meskipun tradisi penggunaan pestisida nabati ini hilang karena desakan teknologi yang tidak ramah lingkungan.

Baca Juga:

 

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai definisi pestisida nabati, berikut akan diberikan ulasan tentang pengertian pestisida nabati menurut para ahli.

Pengertian Pestisida Nabati Menurut Para Ahli


FAO dan US EPA (2002)

Pestisida nabati adalah kelompok pestisida biokimia karena didalamnya mengandung biotoksin. Pestisida biokimia adalah bahan yang terjadi secara alami dapat mengendalikan hama dengan mekanisme non toksik.

Grainge et al., 1984 dalam Sastrosiswojo (2002), dalam penelitiannya melaporkan jika ada 1800 berbagai jenis tanaman yang mengandung pestisida nabati yang dapat atau sudah digunakan untuk pengendalian hama. Sedangkan untuk di Indonesia menurut Kardinan (1999) diperkirakan ada sekitar 2400 jenis tanaman yang termasuk ke dalam 235 famili. Menurut MoralloRijesus (1986) dalam Sastrosiswojo (2002), jenis tanaman dari family Asteraceae, Fabaceae dan Euphorbiaceae, dilaporkan paling banyak mengandung bahan insektisida nabati.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pestisida nabati dan penjelasannya menurut para ahli. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pembaca yang sedang mencari referensi tentang “Pestisida Nabati”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel yang lainnya;

  1. Pengertian Laporan, Bentuk, Jenis, dan Syaratnya Lengkap
  2. Bentuk Surat Resmi Beserta Contonya Lengkap
  3. 8 Jenis Surat Resmi Berdasarkan Isinya Lengkap
  4. Pengertian Surat Resmi dan 7 Cirinya Lengkap