4+ Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus Menurut Para Ahli Lengkap

pengertian anak berkebutuhan khusus

indonesiastudents.com– Indonesia pada saat ini menuju pada suatu bentuk pendidikan inklusi yang secara formal pendidikan inklusi dideklarasikan pada tanggal 11 agustus 2004 di Bandung, dengan harapan pendiidkan tersebut menggalang sekolah reguler untuk mempersiapkan pendidikan bagi semua anak termasuk penyandang cacat atau Anak Berkebutuhan Khusus.

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada awalnya dikenal sebagai Anak Luar Biasa (ALB) sehingga pendidikannya yang dilakukannya juga dikenal sebagai Pendidikan Luar Biasa (PLB). Perkembangan selanjutnya dalam bidang pendidikan  pasal 5 ayat 2 UU No. 20 Tahun 2003 mengganti istilah Pendidikan Luar Biasa menjadi Pendidikan Khusus  dengan menjamin  bahwa ”Warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus“ Jadi terlihat jelas jikalau kelainan ditinjau dari kekurangan dan kelebihannya.

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan memberikan arti atau pengertian anak berkebutuhan khusus.

Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus


Anak berkebutuhan khusus adalah setiap anak yang memerlukan bantuan dalam prihal pendidikan, anak tersebut cenderung memiliki kekeuarangan, baik fisik ataupun non fisik (tidak normal) sehingga dalam pelayannnya memerlukan strategi atau ketentuan tertentu agar ia dapat menerima materi pelajaran yang diajarkan.

Baca: Strategi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Lengkap

Adapun pengertian para ahli tentang anak berkebutuhan khusus adalah sebagai berikut;

Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus Menurut Para Ahli


Mulyono (2006)

Anak berkebutuhan khusus adalah anak-anak yang tergolong cacat atau tidak normal yang menyandang ketentuan, dan lantib serta berbakat. Dalam perkembangan saat ini konsep ketunaan berubah menjadi berkelainan atau luar biasa.

Kanner dalam Jamaris (2006)

Menurutnya, definisi anak berkebutuhan khusus adalah setiap adalah anak yang mengalami outstanding fundamental disorder, sehingga anak tersebut tidak mampu melakukan interaksi dengan lingkungan secara normal.

Wikipedia

Anak berkebutuhan khusus atau  heward adalah anak yang memiliki karakteristik khusus tertentu dan berbeda dengan anak pada umumnya, anak tersebut cenderung menunjukan pada ketidakmampuan mental, fisik, emosi, ataupun non fisik.

Dari pengertian anak berkebutuhan khusus menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kemampuan yang terbatas, mental terbelakang baik fisik maupun emosional.  Sehingga ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka.

Contoh anak berkebutuhan khusus, misalnya saja anak yang lahir karena tuna netra, tuna runggu, atau seseorang yang kurang dalam pemikiran sehingga menjadi anak yang tuna aksara.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian anak berkebutuhan khusus menurut para ahli, semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mendalami makssud atau arti “Anak Berkebutuhan Khusus”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Teori Revolusi Perubahan Sosial dan Bentuk-Bentuk Teori Perbuhan Sosial
  2. 3 Proses Perubahan Sosial Budaya dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial
  3. Pengertian Teori Evolusi Perubahan Sosial dan Contohnya