Pengertian Bimbingan Konseling Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Bimbingan Konseling– Bimbingan konseling atau yang pada saat ini dikenal dengan singkatan BK, adalah salah satu disiplin ilmu yang harus kita ketahui. Alasannya, memahami tetang apa itu bimbingan konseling secara tidak langsung seseorang dapat memabntu orang lain untuk ikut andil menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh orang lain tersebut.

Bahkan untuk disetiap lembaga pendidikan seperti sekolah, pada saat ini diharuskan untuk memiliki minimal satu guru bimbingan konseling. Oleh karena itulah, pentingnya bimbingan konseling, pada kali ini indonesiastudents.com akan memberikan ulasan atas pengertian bimbingan konseling. Akan tetapi agar penyampain mengenai pelajaran bimbingan konseling ini lebih terasa sistmeatis, kita akan mencoba mengartikan terlebih dahulu, prihal dua kata, yaitu: pengertian bimbingan dan pengertian koseling.

Pengertian Bimbingan

Bimbingan dapat diartikan sebagai upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk membantu atau membimbing orang lain, baik membantu dalam segi finansial, tenaga, fikiran, atau yang lainnya. Agar orang yang membutuhkan bantuan tersebut bisa lebih baik kondisinya dibandingkan dengan saat ini. Selengkapnya baca, 13 Pengertian Bimbingan Menurut Para Ahli

Pengertian Konseling

Konseling secara sederhana dapat diberi pengertian sebagai hubungan antra konselor dan konseli (klien) yang mana tugas konselor adalah memberikan solusi yang sesuai dengan keilmuannya atas permasalahan yang dialami oleh klien, dan klien dapat mengambil keputusan yang terbaik setelah berdialog dengan konselor.

Baca: 11 Pengertian Konseling Menurut Para Ahli

Setelah memahami pengertian bimbingan dan konseling, tulisan ini selanjutnya akan mencoba memberikan pengertian bimbingan konseling yang sesuai dengan dua pengertian sebelumnya, yaitu sebagai berikut;

Pengertian Bimbingan Konseling (BK)


Bimbingan konseling adalah pelayanan atau bantuan yang sesuai dengan norma-norma untuk ditunjukan kepada peserta didik, baik secara perorangan (individu) maupun kelompok agar peserta didik mampu mandiri dan berkembang secara optimal.

Untuk melengkapi pengertian BK (Bimbingan Konseling) yang sudah di paparkan tersebut, tulisan ini selanjutnya akan mencoba untuk menjabarkan pengertian bimbingan konseling menurut para ahli. Agar para pembaca dapat lebih mudah memahami apa yang dimaksud dengan bimbingan konseling.

Pengertian Bimbingan Konseling Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian bimbingan konseling menurut para ahli

Prayitno (2003)
Memberikan pengertian bimbingan konseling sebagai suatu bentuk pelayanan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok agar peserta didik mandiri dan berkembang secara baik.

Jainab Aqib (2010)
Memberikan pengertian bimbingan konseling sebagai bentuk kegiatan yang integral, dimana bimbingan dan konseling tak terpisahkan dengan layanan bimbingan yang lain.

Nur Faudjia (2011)
Memberikan pengertian bimbingan konseling sebagai proses pemberian bantuan konselor yang dilakukan melalui wawancara untuk kemudian peserta didik mampu merencanakan masa depan yang lebih baik.

Kemendikbud
Memberikan pengertian bahwa bimbingan konseling adalah bentuk pelayanan bantuan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik, sehingga peserta didik dapat hidup mandiri dan juga berkembang. Baik bimbingan tersebut dalam bentuk bimbingan pribadi, bimbingan belajar, bimbingan sosial, ataupun  bimbingan karier.

Dari 4 pengertian bimbingan konseling menurut para ahli di atas dapat simpulkan bahwa bimbingan konseling adalah pelayanan bantuan tenaga pendidik baik bantuan orientasi, informasi, maupun bimbingan kelompok, sehingga peserta didik dapat memahami dengan jelas tujuan suatu pembelajaran.

Selain menyimpulkan pengertian bimbingan konseling menurut para ahli di atas, kita juga dapat memberikan ciri-ciri pokok bimbingan konseling.

Ciri-Ciri Bimbingan Konseling

  • Adanya bentuk bantuan tenaga pendidik yang sudah ahli.
  • Proses pemberian bantuan yang dilakukan dengan wawancara antara tenaga pendidik dan peserta didik.
  • Bantuan konseling diberikan kepada seseorang yang mengalami  problema.
  • Pelayanan bimbingan konseling dilaksanakan melalui berabagai layanan tertentu, yang sesudi dengan kondisi atau situasi yang ada.
  • Pelayanan bimbingan konseling tidak boleh melanggar norma yang sudah ada.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian bimbingan konseling beserta dengan pengertian bimbingan konseling menurut para ahli, semoga dapat memberikan manfaat kepada siapapun yang sedang mendalami tentang bimbingan konseling.

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *