Pengertian Artikel, Jenis, Syarat dan Langkah Penulisannya Lengkap

Posted on

indonesiastudents.com– Artikel adalah kata yang sering kita dengarkan, bahkan secara tidak langsung seringkali kita menemukan tulisan artikel. Baik di Koran, majalah, buku pelajaran, ataupun media online. Oleh karena itulah, istilah artikel ini menjadi familir dikalangan masyarakat berpendidikan ataupun yang tidak berpendidikan. Hampir semunya mengenal tentang artikel.

Baca; 5 Cara Menulis Opini Dengan Mudah

Adapun untuk lebih lanjut indonesiastudents.com pada kesempatan kali ini akan mengupas tentang pengertian artikel, jenis artikel, syarat-syarat tulisan tersebut dinamakan artikel, serta langkah penulisan artikel secara langkap.
Semoga ulasan ini bukan hanya menambah wawasan akan tetapi mampu menambah pengetahuan kita seputar artikel.

Pengertian Artikel


Artikel dapat diartikan sebagai karya tulis lengkap misalnya laporan berita, atau esai dalam majalah, surat kabar, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, artikel adalah karangan ilmiah yang bersifat faktual dan lengkap dengan panjang karangan tertentu yang ditulis untuk dipublikasikan lewat media massa dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca.

Adapun pengertian artikel menurut para ahli, salah satunya adalah Al-‘Aqli memberikan pemahaman bahwa artikel adalah karya tulis yang ditulis inividu atau berkelompok yang dikaji dan juga diselesaikan dengan seleuruh angkaian tulisan secara tuntas, jelas, dan lugas. Sehingga seseorang yang membaca dapat mengambil inti sari dari tulisan artikel yang telah disebutkan.

Jenis-Jenis Artikel


Jenis-jenis artikel pada dasarnya menurut Tartono (2005), dibagi berdasarkan penulisnya, fungsi dan kepentingannya. Berikut jenis artikel tersebut;

Berdasarkan Penulisnya


Berdasarkan penulisanya artikel dibagi menjadi dua, yaitu;

Artikel Redaksi

Artikel redaksi dapat diartikan sebagai artikel yang ditulis redaksi dengan tema tertentu. Artikel ini biasanya selalu ada dalam majalah atau koran, yang ssesuai dengan tema tertentu, misalnya untuk tahun 2014 saat terjadinya pemilihan presiden. Artikel ini memuat tentang mekanisme pemilihan presiden yang telah resmi dikeluarkan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Artikel yang Ditulis Umum

Artikel yang ditulis umum dapat diartikan sebagai artikel yang memuat tentang pengatahuan baru atau pandangan baru, pengetahuan tersebut dianggap penting diketahui oleh masyarakat secara luas. Artikel yang ditulis umum bisanya ditulis oleh kalangan professional, seperti dosen, pejabat politik, guru, dan lain sebagianya.

Berdasarkan Fungsi dan Kepentingannya

Berdasarkan fungsi dan kepentingannya artikel juga dibagi menjadi dua, yaitu;


Artikel Khusus

Artikel khusus dapat diartikan sebagai nama lain dari artikel redaksi. Menjadi penyebab artikel ini dinamakan sebagai nama lain dari artikel redaksi karena memuat tema-tema yang telah ditentukan, misalnya untuk perlombaan tentang penulisan “Bonus Demografi” maka tak khayal, tulisan yang diterima oleh panitia adalah tulisan dengan tema-tema bonus demografi, baik pemahaman masyarakat tentang bonus demografi, dampak bonus demografi, ataupun yang lainnya.

Artikel Sponsor

Artikel sponsor dapat diartikan sebagai artikel yang membahas dan memperkenalkan sesuatu produk, baik berupa barang atau jasa. Artikel ini misanya sering kita jumpai di media online, khususnya detik.com yang kadang terdapat artikel-artikel sponsor tentang prodak-prodak tertentu.

Selain dibagai atas penulis, fungsi dan kepentinya, sebagimana yang telah disebutkan di atas. Artikel juga  dibagai berdasarkan model-model penulisan dalam artikel. Berikut model-model penulisan dalam artikel;

Model-Model Kepenulisan dalam Artikel


Model-model kepenulisan dalam artikel dibagi menjadi 3, diantaranya adalah sebagai berikut;

Model Penulisan Populer
Tulisan popular dalam artikel biasanya ditulis ringan, tidak rumit, dan bersifat hiburan. Bahasa  yang digunakan cenderung bebas, misalnya, bahasa yang dipakai di majalah atau koran, yang sesuai dengan pembacanya.

Model Penulisan Ilmiah
Model penulisan ilmiah dalam artikel yaitu tulisan menggunakan bahasa yang baku dengan ejaan  yang tepat yang telah disahkan secara hukum dalam prihal kepenulisan. Model penulisan ilmiah dalam artikel ini memang agak sulit, butuh pembelajaran dan juga butuh ketekunan.

Model Ilmiah Populer
Model perpaduan antara ilmiah dan populer. Sebaiknya artikel ilmiah populer  ditujukan kepada para pembaca umum dan perlu membedakan antara kosa kata ilmiah dan populer. Menurut Keraf, kata-kata popular merupakan kata-kata yang digunakan sehari-hari, sedangkan kata-kata ilmiah adalah kata-kata yang biasa digunakan oleh pelajar terutama di dalam penulisan ilmiah, pertemuan-pertemuan resmi, dan diskusi-diskusi khusus.

Setelah kita mengulas tentang jenis-jenis artikel dan model-model kepenulisan dalam artikel, selanjutnya tulisan ini akan memberikan ulasan mengenai syarat-syarat artikel. Diantaranya syarat-syarat artikel tersebut adalah sebagai berikut;

Syarat-Syarat Artikel


Syarat-syarat suatu tulisan dikatan artikel, secara umum ada beberapa ciri-cirinya. Diantaranya;

  1. Bahasa yang digunakan dalam artikel disesuaikan dengan model artikel:  populer, ilmiah, dan ilmiah populer.
  2. Tulisan harus orisinal bukan jiplakan dari karya orang lain.
  3. Topik tulisan bersifat respons dari sebuah peristiwa.
  4. Ide artikel adalah murni dari ide penulis dan mengambil sebagian dari sumber  referensi: studi pustaka, buku, dan lain sebaginya.
  5. Penulisan artikel tidak terikat oleh waktu, bentuk berita, gaya bahasa, dan  teknik penulisan lainnya.
  6. Aktualitas, gaya penulisan, dan panjang pendeknya artikel harus diperhitungkan  antara 700—1.200 kata.

Meskipun semua orang bisa menuliskan artikel, baik di muat di media massa, madia online, ataupun untuk tugas perkulihanan. Akan tetapi ada beberapa criteria artikel tersebut dianggap baik dan tidak baik. Berikut untuk kiteria artikel yang baik;

Kriteria Artikel yang Baik


Judul atau headline artikel kreatif, menarik, dan buatlah seprovokatif mungkin. Pembaca akan penasaran dengan keseluruhan isi artikel tersebut.

  • Paragraf yang dibuat model balok, dan menandai dengan tulisan miring untuk kata-kata penting.
  • Menggunakan metafora dan deskripsi yang jelas, jika perlu disertai gambar.
  • Menggunakan istilah dan tata kata yang mudah dicerna oleh para pembaca.
  • Tulisan renyah dan enak dibaca.

Setelah kita mencoba memberikan pandangan mengenai pengertian artikel, jenis-jenis artikel, metode kepenulisan dalam artikel, dan syarat atau ciri-cri artikel. Selenjutnya tulisan ini akan memberikan gambaran, tentang langkah-Langkah penulisan artikel.

Langkah-langkah Menulis Artikel


Langkah-langkah dalam menulis artikel yang umumnya dilakukan oleh kalangan professional atau yang baru memulai untuk menulis artikel adalah sebagai berikut;

  1. Menentukan tema yang ingin dibahas. Tema haruslah aktual, yaitu tema yang sedang banyak dibicarakan orang atau tema yang menjadi fokus perhatian masyarakat.
  2. Menentukan gagasan atau ide. Ide haruslah orisinal dan baru pada artikel yang ditulis baik artikel ekonomi, politik, budaya, sejarah, dan sebagainya.
  3. Menulis bagian pendahuluan, pada pendahuluan dalam penulisan artikel ini biasanya berupa ringkasan yang mengemukakan isi bagian secara garis besar. Dalam pendahuluan dilukiskan fakta, kejadian atau hal yang ingin membuat pembaca ingin tahu.
  4. Menentukan angle dan membuat judul yang semenarik mungkin.
  5. Mencari dan menggunakan referensi atau rujukan, misalnya buku-buku berkualitas, jurnal ilmiah, hasil riset, dan lain sebaginya.
  6. Memulai menulis: tulislah artikel, petakan, dan identi¬fikasikan permasalahan, bahas  permasalahan, kemudian buatlah simpulan.
  7. Memeriksa kembali artikel yang sudah jadi. Periksa apakah kira-kira pembaca  mengerti ide yang dituangkan, adakah kata-kata yang tidak  pantas dikatakan, dan lain-lain.

7 Langkah penulisan artikel tersebut harus dilakukan step by step agar penulisan dapat terselesaikan dengan mudah. Sebab apabila tulisan tidak dilakukan secara sistematis, biasanya artikel tersebut tidak akan terselesaikan dan bagik. Bahkan bisa jadi terselesaikan tapi tidak sesuai dengan harapan.


Demikianlah ulasan mengenai seputar artikel dari indonesiastudents.com, semoga ulasan kali ini mampu menambah pengetahuan sekaligus mampu memberikan pemahaman kepada para pembaca tentang pengertian artikel, jenis-jenis artikel, metode kepenulisan artikel, ciri-ciri artikel atau jenis artikel, dan langkah penulisan artikel. Trimakasih, jangan lupa baca tulisan lainnya;

 

Pengertian Artikel, Jenis, Syarat dan Langkah Penulisannya Lengkap
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *