5 Pengertian Asbabun Nuzul dan Macam-Macamnya [Lengkap]

Posted on

5 Pengertian Asbabun Nuzul dan Macam-Macamnya [Lengkap]

Pengertian Asbabun Nuzul dan Macam-Macamnya

Asbabun Nuzul merupakan suatu istilah yang dipergunakan untuk mengetahuai latar belakang diturunkannya Kitab Suci Al-Qur’an, diamana bentuk-ebentuk peristiwa yang melatar belakangi turunnya Al-Qur’an itu sangatlah beranekaragam, di antara berupa; konflik sosial seperti ketegangan yang terjadi antara suku Aus dan Suku kharaz, kesalahan besar seperti contohnya kasus kesalahan besar sahabat yang melakukan Sholat dalam keadaan mabuk,; dan pernyataan yang ditunjukan oleh salah seorang sahabat kepada Nambi Muhammad S.A.W, baik sesuatu yang telah lewat, sedang, ataupun yang telah terjadi.

Baca: 4 Pengertian Ulumul Qur’an Menurut Para Ahli [Lengkap]

Sebagai penjelasan lebih lengkap, Artikel ini akan membagikan tentang Pengertian Asbabun Nuzul dan Macam-Macamnya. Berikut penjelasan mengenai definisi atau pengertian tersebut;

Pengertian Asbabun Nuzul


Ungkapan Asbabun Nuzul merupakan bentuk Idhofah dari kata “Asbab” dan “Nuzul”. Secara etimologi atau bahasa pengertian Asbabun Nuzul sebab-sebab yang melatar belakangi terjadianya sesuatu. Meskipun segala fenomena yang melatar belakangi terjadinya sesuatu disebut dengan Asbabun Nuzul akan tetapi dalam pemakaiannya Asbabun Nuzul dikhususkan untuk dipergunakan menyatakan sebab-sebab turunnya Al-Qur’an.

Pengeritian Asbabun Nuzul Menurut Para Ulama


Ada beberapa pengertian tentang Asbabun Nuzul dari pandangan Ahli [Ulama’) diantarnya adalah sebagai berikut;

Pengertian Asbabun Nuzul Menurut Para Ulama/Ahli


Az-Zarqani

Pengertian Asbabun Nuzul adalah sesuatu bentuk telaah aau kajian yang terjadi pada saat itu dan ada hubungan yang erat dengan diturunnya ayat Al-Qur’an sebagai bentuk penjelasan hukum.

Ash-Shabuni

Definisi Asbabun Nuzul adalah peristiwa yang menjadikan diturunkannya satu atau beberapa ayat mulia yang berhubungan dengan peristiwa dan kejadian, baik hal tersebut berupa kejadian yang berkaiatan dengan urusan Agama, ataupun pertanyaan yang diajukan kepada Nambi Muhammad S.A.W.

Shubhi Shalih

Asbabun Nuzul adalah sesuatu yang menjadi sebab-musabab diturunnya satu atau beberapa ayat dalam Al-Qur’an yang terkadang mampu mengisyaratkan peristiwa, seperti respons atasannya. Atau sebagai penjelas terhadap adanya hukum-hukum peristiwa yang dialami.

Mana’ Al-Qthathan

Pengertian Asbabun Nuzul adalah perisitiwa-peristiwa yang menjadikan atau menyebabkan diturunnya Al-Qur’an berkenaaan dengan waktu peritiwa itu terjadi, baik berupa satu kejadian atau berupa pertanyaan yang diajukan kepada Nabi Muhammad S.A.W.

Siti Raihan

Pengertian Asbabun Nuzul Menurut Ahli ini mengetakan bahwa, Asbabun Nuzul adalah peristiwa atau kejadian yang melatar belakangi turunnya Ayat Al-Qur’an. Ayat Al-Qur’an tersebut dalam rangka menjawab, menjelasakan, dan menyelesaikan masalah-masalah yang tibul .

Setelah menjelasakan tentang Pengertian Asbabun Nuzul, selanjutnya dalam tulisan ini akan diberikan jenis atau macam-macam Asbabun Nuzul. Diantaranya;

Macam-Macam Asbabun Nuzul


  1. Dilihat dari sudut pandang redaksi-redaksi yang diperunakan dalam riwayat Asbabun Nuzul, dibedakan menjadi dua, yakni; Sharih (visionable/jelas), dan Mutamilah (impossible/kemungkinan).

  2. Dilihat dari sudut pandang berbilangan Asbabun Nuzul untuk satu ayat atau berbilangan ayat untuk satu Asbabun Nuzul, yakni; berbilangan Asbabun An-Nuzul untuk satu ayat, dan variasi ayat untuk satu sebab.

Demikianlah pemebahasan mengenai 5 Pengertian Asbabun Nuzul dan Macam-Macamnya [Lengkap]. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat kepada setiap pembaca tentang “Asbabun Nuzul”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Dzikir dan Kutamaannya [Lengkap]
  2. “Pembelajaran Al-Qur’an” Pengertian, Masalah, dan Solusinya [Lengkap]
  3. Pengertian Pendidikan Islam Menurut Para Ahli dan Tujuannya [Lengkap]
  4. Pengertian Islam Radikal Beserta Cirinya
5 Pengertian Asbabun Nuzul dan Macam-Macamnya [Lengkap]
5 (100%) 1 vote