5+ Pengertian Ekowisata Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

pengertian ekowisata

Ekowisata pada akhir-akhir ini begitu popular dikenalkan oleh pemerintah, hal ini lantaran ekowisata mampu berkontribusi pada keseimbangan alam, peningkatan ekonomi, dan memberikan nilai edukasi kepada masyarakat yang ada di lingkuangannya. Oleh karena itulah pada tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian ekowisata menurut para ahli.

Ekowisata

Ekowisata pada dasarnya berasal dari Bahasa Inggris ecotourism/ekoturisme. Yang secara sederhana diartikan sebagai wisata ekologi atau wisata lingkungan. Meskipun begitu tak jarang banyak diantara kita kurang mengerti tentang definisi atau pengertian ekowisata.

Pengertian Ekowisata

Pengertian ekowisata adalah wisata yang dipergunakan oleh masyarakat dengan berbasis pada keindahan yang tersedia pada alam, menikmati keindahan lingkungan, serta memberikan nilai pendidikan merupakan salah satu tujuan ekowisata di dirikan.

Pengertian Ekowisata Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian ekowisata menurut para ahli, adalah sebagai berikut;

Qomariah (2009)

Menurutnya, pengertian ekowisata adalah pariwisata yang dipergunakan oleh masyarakat dalam menikmati berbagai jenis keanekaragaman hayati tanpa merusaknya. Wisata ini identik dengan berbagai akrifitas pendidikan, seperti penelitian, dan lain sebaginya.

Nasikun (1999)

Ahli sosiologi dari UGM ini mempergunakan kata ekowisata untuk menggambarkan bentuk wisata yang harus dikembangkan untuk menjaga kesetabilan alam, keindahan alam, dan menjaga sumber daya alam yang notebene bagian daripada pembangunan berkelanjutan. Selengkapnya, baca; Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Para Ahli

The Ecotourism Society (1990)

Menurutnya definisi ekowisata adalah perjalanan pariwisata seseorang yang dilakukan ke dalam area yang masih alami dengan tujuan mengkonservasi, melestarikanm dan juga mensejahteraan masyarakat yang ada di lingkungan wilayahnya tersebut.

Eplerwood (1999)

Ekowisata adalah bentuk wisata yang dilakukan oleh seseorang dalam memertanggungjawabkan keadaan area yang alami, seperti kegiatan berpetualang, kegiatan mengamati pohon-pohon, mengamati burung, bahkan berbagai jenis iklannya.

Black (1999)

Menurutnya, ekowisata adalah perjalanan pariwisata yang dilakukan oleh seseorang dalam memberikan pendidikan serta interpretasi terhadap lingkungan yang masih alami, sehingga hal tersebut dapat menjadikan kelestarian yang ekologis.

Dari 5 pengertian ekowisata menurut para ahli diatas dapat dikatakan bahwa ekowisata adalah perjalan pariwisata yang berperan menjaga lingkungan dan memberikan dampak perekonomian dalam masyarakat, dampak ini bisa dihasilkan dari perjalan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Atraksi Wisata Menurut Para Ahli
  2. Pengertian Wisata Bahari dan Penjelasannya
  3. Artikel Koperasi Pariwisata

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian ekowisata menurut para ahli, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan edukasi atau wawasan pengetahuan kepada para pembaca yang sedang mencari referensi “Apa itu Ekowisata?”. Trimakasih,

Rate this post