6 Pengertian Cerita Rakyat Menurut Para Ahli, Ciri, Dan Manfaatnya Lengkap

Posted on

6 Pengertian Cerita Rakyat Menurut Para Ahli, Ciri, Dan Manfaatnya Lengkap

Pengertian Cerita Rakyat Menurut Para Ahli, Ciri, Dan Manfaatnya

indonesiastudents.comCerita rakyat adalah salah satu kebudayaan Indonesia yang layak untuk terus dilestarikan keberadaannya. Kronologis sejarah dan budaya yang panjang dalam cerita rakyat tentu menjadi identitas sekaligus kearifan lokal yang bisa memberikan dampak postif bagi kehidupan manusia di zaman sekarang.

Apalagi dengan memegang peringkat ke 39 di tingkat dunia atas keanekaragaman budaya yang tinggi, Indonesia tentu memiliki banyak sekali cerita rakyat yang layak untuk ditelaah dan dipahami. Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan membahas tentang pengertian cerita rakyat menurut para ahli, ciri, dan manfaatnya lengkap. Berikut pembahasan mengenai definisi/pengertian cerita rakyat tersebut;

Pengertian Cerita Rakyat


Cerita rakyat adalah cerita atau kisah yang asli berasal dari masyarakat dan selalu berkembang di dalam kehidupan. Cerita rakyat umumnya mengisahkan tentang kejadian zaman dahulu dan dianggap memiliki unsur nilai dan norma yang perlu untuk dijadikan suritauladan bagi kehidupan.

Sedangkan pengertian cerita rakyat menurut para ahli, diantaranya sebagai beriku;

Pengertian Cerita Rakyat Menurut Para Ahli


Suripan Sadi Hutomo (1991)

Menurutnya, pengertian cerita rakyat adalah cerita yang diwariskan turun- temenurun secara lisan dari generasi ke genrasi.

Sisyono (2008)

Definisi cerita rakyat adalah cerita yang tergolong karya sastra milik masyarakat dengan disebarkan melalui lisan dalam kurun waktu tertentu.

The freencyclopedia (2006)

Arti cerita rakyat adalah cerita yang mendung nilai dan norma menganai keadaan suatu masyakat di zaman dahulu yang diwarisakan dengan lisan atau ditulisan melalui media-media sebagai bahan pembelajaran, renungan, dan suritauladan.

Hasim Awang (1985)

Cerita rakyat adalah suatu kisah mengenai perjuangan, kisah cinta (romantisme), atau lainnya yang sudah terjadi di masa lampau dan dijadikan pelajara dimasa yang akan datang.

James Dananjaya (1997)

Cerita rakyat adalah kisah mengenai perjuangan cinta kasih yang tergolong sebagai karya sastra dalam bentuk faklor yang diwarisakan secara turun temurun.

Eikipedia Bahasa Melayu (2006)

Menurutnya, cerita rakyat adalah cerita pada zaman dahulu yang mengandung berbagai manfaat sehingga dapat diajadikan sebagai bahan pembelaran bagi masyarakat.

Baca: 5 Pengertian folklore Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Dari 6 pengertian cerita rakyat menuurut para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa cerita rakyat adalah cerita atau kisah mengenai perjuangan dan kisah percitaan yang bisa dijadikan sebagai pelajaran bagi setiap manusia dimasa yang akan datang.

Selain itu, dalam pengertian cerita rakyat juga mengandung berbagai ciri, diantarnya ciri cerita rakyat antara lain sebagai berikut;

Ciri Cerita Rakyat


  • Cerita rakyat adalah cerita yang disampaikan secara lisan dan dilakukan turun-temuruan dari generasi ke generasi.

  • Cerita rakyat adalah cerita mengenai kehidupan pada zaman lampau (sudah terjadi).
  • Bersifat tradisional sehingga banyak anggapan jika dianalisa dizaman sekarang sebagai mitos.
  • Cerita rakyat identik tidak diketahui pengerang atau pembuatnya.

Sedangkan manfaatnya cerita rakyat untuk terus dilestarikan di zaman sekarang, diantaranya sebagai berikut;

Manfaat Cerita Rakyat


Salah Satu Kebudayaan Nasional, Aset Bangsa

Cerita rakyat merupakan salah satu kebudayaan bangsa Indonesia. Dikatakan dalam sebuah pepatah, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah terbentuknya bangsa. Oleh karena itulah, sangat penting untuk dilakukan pendataan dan pelestarian cerita rakyat yang merupakan salah satu kekayaan negara Indonesia, jangan sampai cerita rakyat kurang mendapat perhatian dari berbagai pihak sehingga mudah terlupakan, hilang dari peradaban atau bahkan diklaim oleh negara lain.

Memiliki Nilai Sejarah

Beberapa cerita rakyat yang beredar di bumi Nusantara dipercaya sebagai kronologis terbentuknya suatu wilayah maupun asal usul terjadinya suatu kejadian di Indonesia. Contoh cerita rakyat “Asal Mula Nama Nagari Minangkabau” dari Sumatera Barat, yang dikisahkan mengenai peperangan antara pasukan Majapahit dengan Pasukan Pagaruyung menggunakan kerbau yang disebut manang kabau. Cerita ini dipercaya sebagai asal usul nama kota Minangkabau. Selain itu terdapat cerita rakyat dari Jawa Timur mengenai asal mula nama kota Banyuwangi. Cerita rakyat ini mengisahkan seorang istri setia bernama Sri Tanjung yang harus menghadapi fitnah yang keji. Ia kemudian wafat dengan meninggalkan aroma wangi. Aroma wangi dari Sri Tanjung tersebut kemudian dipercaya menjadi asal mula nama dari Banyuwangi yang dikenal juga sebagai ibukota kerajaan Blambangan.

Mengandung Hikmah Kehidupan, Esensi Nilai

Sangat banyak hikmah kehidupan dalam cerita rakyat yang dapat dijadikan pembelajaran dalam menjalani kehidupan di dunia. Karena pada dasarnya cerita rakyat merupakan rangkaian kronologis yang dikisahkan dialami oleh makhluk-makhluk hidup di dunia, utamanya masyarakat dalam menjalani kehidupan mereka yang menemui berbagai tantangan, dan para tokohnya mendapatkan ganjaran sesuai cara mereka dalam menghadapi persoalan dalam kehidupan mereka. Jika mereka mampu menghadapi persoalan dengan tabah, jujur dan dengan usaha yang benar, maka mereka akan mendapatkan balasan kebaikan. Begitu pun sebaliknya, mereka yang menghadapi persoalan dengan cara yang salah, maka akan mendapatkan ganjaran yang buruk.

Pembentukan Identitas Karakter Masyarakat (Character Building for Indonesia Nation)

Dalam cerita rakyat dapat diperoleh esensi untuk penguatan pembinaan generasi muda dalam rangka nation dan character bulding. Pembentukan karakter masyarakat yang beridentitas baik dan berbudi luhur juga dapat terwujud apabila masyarakat nusantara mampu menyerap makna dan mengaplikasikan sikap-sikap baik dalam cerita rakyat yang tersebar di Indonesia.

Misalkan saja sikap berani dalam menghadapi tantangan, kritis, jujur dan tabah dalam menghadapi persoalan hidup yang dapat kita lihat pada cerita rakyat “Sawerigading” dari daerah Sulawesi Selatan. Sementara sikap yang senantiasa mengembangkan ide, gagasan, memberi solusi dan sifat yang mengutamakan musyawarah untuk memperoleh mufakat dapat kita peroleh dari cerita rakyat “Legenda Bukit Kelam” dari Kalimantan Barat.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 pengertian cerita rakyat menurut para ahli, ciri, dan manfaatnya lengkap. Semoga dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Cerita Rakyat”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Puisi Lama, Ciri-Ciri dan Jenisnya Lengkap
  2. Pengertian Roman, Jenis dan Cirinya Menurut Para Ahli Lengkap
  3. 6 Unsur Instrinsik Drama Beserta Contohnya Lengkap