8 Pengertian Prosa Fiksi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Prosa atau Prosa Fiksi Menurut Para Ahli

Pengertian Prosa Fiksi– Prosa ialah suatu bentuk karangan  fiksi yang  bersifat  menerangkan  secara panjang lebar  mengenai  suatu masalah  terhadap hal atau peristiwa  dan lain sebaginya. Karangan  bentuk  prosa ini jelas  tidak  bisa  singkat  atau  pendek, alasannya karena prosa  harus  menerangkan  secara  terurai serta sejela -jelasnya akan sesuatu fenomena tertentu.

Baca: Pengertian Fiksi, Jenis dan Contohnya

Sebagai upaya penjelasan lebih lanjut mengenai prosa fiksi pada artikel ini indonesiastudents.com akan memberikan pemahaman mengenai pengertian prosa menurup para ahli. Alasan penting memahmi definisi prosa menurut para ahli sebab dengan mengetahuinya secara otomatis seseorang akan mudah memahami apa yang dimaksud dengan prosa.

Pengertian Prosa Menurut Para Ahli


Ada sejumlah ahli yang menerangkan tentang  pengertian prosa, berikut ahli-ahli tersebut;

H.B. Jassin (dalam Suroto, 1989), mengungkapkan bahwa prosa   ialah pengucapan  seorang penyair  dengan   pikiran   yang   berbeda   dengan   puisi   yang   merupakan  pengucapan penyair dengan perasaan. Baca: 8 Alamat Redaksi yang Menerima Naskah Puisi Beserta Honornya

Zainuddin (1991), memberikan pengertian bahwa prosa ialah pengungkapan peristiwa  secara  jelas  dengan penguraikan seluruh pikiran dan juga seluruh perasaan serta tidak terikat syarat-syarat tertentu dalam sebuah karya sastra.

Aminuddin (2002), memberikan pemahaman bahwa prosa fiksi ialah kisahan atau ceritera yang diemban olehpemeran tertentu dengan memperhatikan, latar, tahapan dan rangkaian.

M. Saleh Saad Dan Anton M. Muliono (dalam Tjahyono, 1998), mengungkapkan bahwa prosa ialah suatu bentuk narasi berplot yang dihasilkan oleh daya imajinasi.

Henry Guntur Taringan (1993), memberikan pemahaman bahwa prosa ialah karya sastra fiksi dalam bahasa Indonesia secara singkat dari buah hasil imajinasikan.

Teeuw (1984),  memberikan pemahaman bahwa prosa ialah suatu bentuk kisah fiksi yang mencoba membeberkan suatu kenyataan.

Henry Guntur Taringan (1993), memberikan pengertian bahwa prosa ialah karya sastra fiksi yang bersifat relitas, bukan bersifat aktualitas.

Herman J. Waluyo (2006), menurutnya prosa fiksi adalah karya sastra dibagi menjadi tiga yaitu roman, novel dan cerita pendek atau cerpen.

Dari 8 pengertian prosa fiksi menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwasanya prosa ialah karya sastra fiksi yang dibuat atau diuraikan secara panjang lebar oleh si pengarang dalam upaya mendorong pembaca untuk merasakan apa yang ditulis atau diceritakan tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian prosa menurut para ahli, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang atau akan memperdalami tentang karya sastra. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;