2 Pengertian Debu Menurut Ahli dan 3 Jenisnya

Diposting pada
Pengertian Debu Menurut Ahli
Pengertian Debu Menurut Ahli

Debu ialah salah satu hal yang selalu ada dalam kehidupan. Alasannya karena debu ini sendiri secara sederhana tersusun atas partikel padat yang dapat dihasilkan oleh manusia atapun alam dan debu juga merupakan hasil dari proses pemecahan bahan.

Debu atau yang dikenal dengan dust sangatlah mudah untuk kita temui, baik dijalan, di tembok, atau dibagian tertentu selalu menyimpan debu. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini akan memberikan pembahasan mengenai pengertian debu dan jenis-jenis debu.

Debu

Debu adalah bagian daripada partikel padat yang berukuran kecil yang biasanya dibawa oleh udara. Dimana untuk adanya serangkaian partikel-partikel kecil dalam debu ini dibentuk oleh suatu proses disintegrasi atau fraktur seperti penggilingan, pemukulan, atau penghacuran terhadap benda padat.

Pengertian Debu Menurut Para Ahli

Adapun definisi debu menurut para ahli adalah sebagai berikut;

  1. Mine Safety and Health Administration (MSHA)

Menurutnya, debu adalah bagian daripada padatan halus yang tersuspensi dari udara dan tentusaja atas dasar inilah tidak mengalami adanya perubahan, baik secara kimia ataupun fisika, sehingga debu berasal dari bahan padatan aslinya.

  1. Suma’mur (1998)

Definisi debu adalah partikel yang ada pada zat padat yang muncul atau ditimbulkan oleh kekuatan alami seperti pengolahan, penghancuran, pengepakan, pelembutan, peledakan, dan lain sebaginya. Baik yang berasal dari bahan baik organik atau anorganik.

Ukuran partikel debu yang oleh berbagai kegiatan tersebut sangatlah bervariasi, mulai dari yang kecil atau  tidak bisa terlihat dengan mata telanjang sampai pada ukuran yang besar atau  terlihat dengan mata telanjang.

Secara fisik debu dapat dikategorikan sebagai pencemaran terhadap udara yang ada di alam, yaitu dust dan  aerosol. Debu terdiri dari dua golongan, yakni debu padat dan cair.

Jenis Debu

Debu yang terdiri atas partikel -partikel padat dapat dibagi menjadi 3 jenis. Yaitu;

  1. Dust, Dust atau debu yang dijenis ini terdiri dari berbagai ukuran mulai dari yang submikroskopik sampai yang paling besar. Debu yang berbahaya adalah ukuran yang terhirup ke dalam  sistem pernafasan, umumnya debu ini secara bentuknya lebih kecil dari 100 mikron dan memiliki potensi untuk terhirup ke dalam paru –paru, debu ini bisa menjadi penyebab batuk.
  2. Fumes, Fumes adalah partikel -partikel zat padat yang terjadi oleh karena kondensasi dari bentuk gas, biasanya sesudah penguapan benda padat yang dipijarkan dan lain- lain dan biasanya disertai dengan oksidasi kimiawi sehinggaterjadi zat -zat seperti  logam Cadmium dan timbal.
  3. Smoke, Smoke atau asap adalah produk dari pembakaran bahan organik yang tidak sempurna dan berukuran sekitar 0,5 mikron.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian debu menurut para ahli dan adanya beragam jenis-jenis atau macam-macamnya. Semoga dengan ulasan ini dapat memberikan pemahaman bagi setiap pembaca yang sedang mencari literai tentang “Debu”.

3/5 - (2 votes)