7+Pengertian Damai dan Contohnya Menurut Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Damai dan Contohnya Menurut Ahli Lengkap

Pengertian Damai Menurut Para Ahli

indonesiastudents.comDamai sangatlah diperlukan oleh setiap manusia, tak terkecuali bangsa Indonesia yang akhir-akhir ini sedang di guncang krisis moral, di mana pola pikir masyarakat Indonesia telah berubah. Orang Indonesia saat ini menyelesaikan masalah dengan menggunakan kekerasan.

Banyak sekali kekerasan yang terjadi di dalam masyarakat Indonesia, sifat kekerasan itu awal mula yang dahulu di lakukan oleh sebagian orang dewasa saat remaja pun juga melakukan hal seperti itu tanpa pernah memikir dampak dan akibat. Mungkin tidak dapat kita jumpai lagi anak-anak bermain, bercanda dan  tidak ada lagi perdamaian bahkan mungkin dapat terjadi tidak ada kontak antar manusia.

Baca: 12+ Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan memberikan pembahasan mengenai pengertian damai dan contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk memelihara kedamain.

Pengertian Damai


Damai adalah penyesuaian atas pengarahan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok untuk menjaga keseimbangan kehidupan. Damai identik dengan keseimbangan kehidupan, alasannya karena dengan kata “damai” yang dilakukan seseorang dapat mencegah terjadinya perpecahan, seperti konflik dan lain sebaginya.

Selanjutnya, agar tidak bias memahami pengertian damai, berikutnya akan diberikan pembahasan mengenai pengertian damai menurut para ahli.

Pengertian Damai Menurut Para Ahli


Ada banyak tokoh yang mencoba memberikan arti damai, diantaranya;

Momodu (2015)

Menurutnya damai adalah sebuah konsep dari segala tanggung jawab tanpa kekuasaan ejekan dan lelucon.

Paolo Friere

Menurutnya kedamaian adalah dimensi kemurahan hati yang bertujuan untuk mengikis penyebab suatu pertempuran

Anand (2014)

Definisi damai dalam pendidikan kedamaian adalah suatu proses di mana individu dapat mengubah sikap dan perilakunya tentang konflik kekerasan, memperoleh nilai-nilai, pengetahuan dan mengembangkan keterampilan dan perilaku untuk hidup dalam harmoni dengan orang lain..

Adeyemi dan Salawudeen (2014)

Menurutnya, pengertian damai adalah suatu filosofi dan proses yang berkaitan dengan akuisisi pengetahuan dan keterampilan menciptakan perdamaian.

Biswas (2015).

Arti damai bertujuan untuk mengekspos cara-cara non-kekerasan dalam menangani konflik.

Martin Luther King

Damai adalah ketegangan yang dihasilakan dari keadilan.

Yani (2016)

Arti damai adalah tindakan seseorang yang mampu mengendalikan kemarahan dengan jalan sabar.

Dari 7 pengertian damai menurut para ahli diatas dapatlah dikatakan jika damai adalah suatu harapan yang didapatkan secara perlahan dalam mengikis konflik-konflik yang telah terjadi dan menimbulkan suatu ketenangan hati baik yang bersifat intrapersonal dan interpersonal melalui usaha pendidikan.

Sebagai pelengkap atas penjelasan tersebut, salah salah satu tokoh yang dapat di jadikan contoh atau teladan adalah Markesot.

Contoh Damai dalam Pemikiran

Contoh atau teladan yang didatkan dari berbagai literasi adalah pemikiran Markesot yang merupakan penjelmaan dari sahabat Emha Ainun Nadjib dan Emha Ainun Nadjib itu sendiri. Markesot merupakan sosok lugu nan cerdas dan misterius. Markesot banyak memperbincangkan masalah yang sering terjadi di masyarakat. Kehidupan Markesot dapat membawa kita menamkan pemikiran damai para remaja saat ini.

Tulisan ini merupakah telaah dari buku karangan Emha Ainun Najib yang berjujur Markesot Bertutur Lagi. Karakteristik pemikiran damai dari tokoh Markesot akan ditelaah dengan penelitian kualitatif dengan jenis Hermeneutika. Pola pikir damai yang dimiliki oleh Markesot ini diharapkan dapat dipelajari oleh remaja Indonesia saat ini di Indonesia sehingga kecenderungan berperilaku damai terminimalisir.

Demikianlah ulasan atas pengertian damai menurut para ahli dan contoh kemikiran damai yang bisa dijadikan literasi bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “Damai”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;

  1. Pengertian Nilai Sosial Menurut Ahli
  2. Pengertian Das Sollen dan Das Sein Beserta Contohnya
  3. 6 Pengertian Manajemen Publik Terlengkap
  4. 4 Fungsi Partai Politik di Indonesia Beserta Penjelasannya
  5. Unsur-Unsur Administrasi Publik Beserta Penjelasannya