7 Pengertian Al-Qur’an Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Al-Qur’an Menurut Para Ahli

Indonesiastudents.com– Al-Qur’an adalah kalam Allah yang memiliki segudang manfaat yang harus dipahami oleh setiap manusia, terutama bagi yang beragama Islam. Al-Qur’an sangat disarankan bahkan di wajibkan bagi seluruh kaum muslimin, guru, dan siswa agar senantiasa dekat dengan Al-Qur’an seperti membacanya, menghafal dan menerjemahnya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam artikel ini indonesiastudents.com akan memberikan pengertian Al-Qur’an menurut para ahli. Berikut pengertian tersebut;

Baca juga: “Pembelajaran Al-Qur’an” Pengertian, Masalah, dan Solusinya [Lengkap]

Pengertian Al-Qur’an


Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai Mukzizat yang paling besar dan agung, melalui Malaikat Jibril dengan jalan mutawatir sebagai petunjuk bagi seluruh manusia, dan merupakan pahala bagi yang membacanya.

Pengertian Al-Qur’an Menurut Para Ahli


Menurut para ahli, definisi Al-Qur’an adalah sebagai berikut;

Muhammad A. Summa (1997)

Al-Qur’an adalah kitab suci ini memuat aturan-aturan yang sangat jelas tentang kehidupan manusia, baik dari segi lahiriyah maupun batiniyah.

Abu Faiz (2014)

Menurutnya, beberapa keutamaan yang akan diperoleh oleh para pecinta Al-Qur’an ini  diantaranya; memperoleh pahala yang sangat besar, selalu bersama para malaikat yang mulia, menghapus dosa dan keburukan, membersihkan hatiserta menenteramkan jiwa.

Muhammad Ali ash-Shabumi

Definisi Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang paling mulia dan diturunkan Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril, yang ditulis dalam bentuk mushaf-mushaf dan disampaikan secara mutawatir..

Syekh Muhammad Khudari Beik

Al-Qur’an ialah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk seluruh umat manusia yang harus dipahami isinya dan diamlakan, dengan jalan atau penyampaian kepada mutawatir, yang ditulis dengan awal surat Al Fatihah dan akhiri surat An Nas.

Dr. Subhi as-Salih

Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW, dengan ditulis dalam bentuk mushaf dan diriwayatkan dengan jalan mutawatir (berangsur-angsur), serta bagi siapa yang membacanya adalah ibadah dan merupakan pahala.

Al Qur’an Secara Bahasa (Etimologi)

Dari segi bahasa atau etimologi, istilah Al Qur’an berasal dari Bahasa Arab, yakni merupakan suatu jamak (banyak) dari masdar fi’il, yaitu qara’a – yaqra’u – qur’anan yang artinya adalah “bacaan” atau lebih mudahnya “sesuatu yang dibaca berulang-ulang”.

Al Qur’an Secara Terminologi

Dalam pandangan Islam, Al Qur’an adalah Kitab Suci Seseorang yang menganut Agama Islam yang di dalam bentuknya, berisi firman (kalam) Allah SWT yang diturunkan Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat, dengan disampaikan dengan jalan mutawatir dan bagi yang membacanya adalah Ibadah.

Dari 7 pengertian Al-Qur’an menurut para ahli diatas, dapatlah dikatakan jika setiap orang, masyarakat khususnya umat Islam harus senantiasa atau selalu mempertahankan,  menyebarluaskan dan mengaplikasikan pengetahuan mengenai Al-Qur’an.

Demikianlah pembahasan terhadap 7 Pengertian Al-Qur’an Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Pengertian Al-Qur’an”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 5 Pengertian Pendidikan Islam Menurut Para Ahli dan Tujuannya [Lengkap]
  2. Pengertian Malaikat, 10 Nama Malaikat dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui
  3. 6 Rukun Iman dan Penjelasannya Lengkap
  4. 6 Rukun Wudhu Beserta Penjelasannya Lengkap
7 Pengertian Al-Qur’an Menurut Para Ahli Lengkap
4.2 (84.44%) 9 vote[s]