Pengertian Morfologi Bahasa Indonesia Lengkap

Diposting pada

Pengertian Morfologi dalam Bahasa Indonesia

indonesiastudents.com– Morfologi bisa dikatakan sebagai salah satu materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Istilah ini terlebih dipelajari oleh seseorang yang menempuh pendidikan di jenjang SMA sampai perguruan tinggi. Meski dipelajari tak jarang diantara kita kurang memakami defenisi morfologi. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan menjabarkan morfologi dalam Bahasa Indonesia.

Baca: 9 Pengertian Marfologi Menurut Para Ahli

Pengertian Morfologi Bahasa Indonesia


Morfologi adalah suatu bidang  bahasa (linguistik) yang  mempelajari  morfem  dan  kombinasi yang ada  bagian  dari struktur  bahasa,  berupa kata dan bagian-bagian daripada kata. Yang biasa dikenal dengan morfem.

Dalam morfologi yang dipaparkan berupa  pebahasan mengenai bentuk kata dan proses pembentukan serta pengaruh perubahan bentuk kata terhadap fungsi dan arti suatu kata. (Ramlan: 1967).

Sebagai ulasan lebih lanjut tenang morfologi yang tidak lepas dari morfem. Maka pembahasan selanjutnya menjelaskan tentang morfem dan jenisnya. Berikut morfem dan jenisnya tersebut

Morfem dan Jenisnya


Morfem ialah satuan bahasa terkecil yang maknanya stabil dan tidak dapat dibagi atas bagian bermakna yang lebih kecil lagi. Misalnya kata ter-, di-, pensil, dan lain sebaginya. Pada dasarnya morfem terbagi atas dua jenis dua bagian, yakni morfem bebas dan morfem terikat.

Morfem Bebas

Morfem bebas  ialah morfem yang secara potensial  mampu untuk berdiri sendiri sebagai kata dasar dan tidak memerlukan kata lainnya. Misalnya: kebun, pesantren, lari, tanah, ddan lain sebaginya.

Morfem Terikat

Morfem terikat ialah suatu morfem yang tidak mampu untuk berdiri sendiri dan selalu terikat dengan morfem lain untuk membentuk sebuah makna dari formem lainnya. Morfem terikat ini terbagi menjadi dua, yakni:

Terikat Morfologis
Terikat morfologis  adalah keterikatan pada bentuk lain. Contoh: unik (siur, masai, legam).

Terikat Sintaksis
Terikat sintaksis ialah keterikatan pada suatu kontruksi kalimat. Misalnya saja untuk, di, ke, dari, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian marfologi dalam Bahasa Indonesia beserta dengan pengertian morfem dan jenisnya. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang ingin atau akan mengulas seluk beluk materi Bahasa Indonesia. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;