3 Pengertian Tunanetra Menurut Para Ahli dan Macam Permasalahannya

Diposting pada

pengertian tunanetra

Manusia pada hakikatnya diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam kondisi yang berbeda-beda. Ada perbedaan warna kulit, suku, atau ras,serta perbedaan warna dan bentuk rambut. Namun, ada pula perbedaan yang mengakibatkan orang memiliki kebutuhan khusus. Mereka adalah para penyandang disabilitas, termasuk di dalamnya adalah tunanetra.

Penyandang disabilitas dapat dikategorikan menjadi tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, penyandang autistik, bahkan orang-orang dengan disabilitasa ganda serta multi disabilitas misalnya tunanetra dan tunarungu, tuna daksa serta tunarungu.

Tunanetra

Diakui ataupun tidak, menjadi penyandang tunanetra ditengah masyarakat yang menganut paham ‘normalisme’, dimana tidak semua sarana transportasi publik mementingkan kesejahteraan pengguna transportasi publik bagi kaum tunanetra dan masih minimnya fasilitas sosial yang diberikan oleh pemerintah untuk mensejahterakan tunanetra sebagai pengguna jalan seperti orang normal.

Sehingga dalam hal mobilisasi dan aksesibilitas, ketersediaan sarana dan prasarana bagi tunanetra masih sangat terbatas di Indonesia pada umumnya.

Pengertian Tunanetra

Tunanetra adalah manusia dalam skala individu yang memiliki gangguan dalam prihal adanya indera penglihatannya, mereka tidak dapat melihat dengan jelas (low vision) atau tidak dapat melihat sama sekali (blind vision).

Pengertian Tunanetra Menurut Para Ahli

Adapun definisi tunanetra menurut para ahli, antara lain;

  1. Nakata (2003)

Tunanetra adalah setiap kategori individu yang mempunyai kombinasi ketajaman penglihatan hampir kurang dari 0.3 (60/200), sehingga dalam realitas sosialnya sendiri mempunyai tingkat kelainan fungsi penglihatan.

  1. T. Sutjihati Somantri (2006)

Tunanetra adalah bagian daripada adanya penjelas setiap individu yang indra penglihatannya (kedua-duanya) tidak dapat berfungsi sebagai saluran penerimaan serangkaian informasi dalam kegiatan sehari-hari seperti orang awas.

  1. Ardhi (2013)

Tunanetra adalah bagian daripada adanya kategori apabila dalam proses pembelajaran ia memerlukan atau membutuhkan alat alat maupun metode khusus atau dengan teknik- teknik tertentu sehingga dapat belajar tanpa penglihatan atau penglihatan terbatas.

Macam Permasalahan Mobilitas Bagi Tunanetra

Beberapa permasalahan mobilitas bagi tunanetra di masyarakat. Antara lain;

  1. Belum adanya perlindungan terhadap tunanetra kepada pengguna kendaraan pribadi
  2. Halte sebagian besar belum didesain dengan baik bagi tunanetra
  3. Transportasi publik darat (bus, angkutan umum, kopaja) yang dipergunakan saat ini sebagian besar belum menyediakan tempat khusus bagi tunanetra
  4. Staf transportasi publik masih ada saja yang menilai tunanetra melalui fisik bukan melalui hati dan tidak diperlakukan dengan baik
  5. Rambu, marka, dan informasi untuk tunanetra masih sebagian besar belum tersedia

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian tunanetra menurut para ahli atau tuna netra beserta penjelasan dan permasalahan yang dialami oleh para tunanetra. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari arti/definisi/pengertian/makna “Tunanetra”.

Rate this post