Pengertian Tunanetra dan Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Tunanetra dan Penjelasannya Lengkap

pengertian tunanetra

indonesiastudents.com– Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam kondisi yang berbeda-beda. Ada perbedaan warna kulit, suku, atau ras,serta perbedaan warna dan bentuk rambut. Namun, ada pula perbedaan yang mengakibatkan orang memiliki kebutuhan khusus. Mereka adalah para penyandang disabilitas (termasuk tunanetra).

Baca: 4 Pengertian Kampanye Sosial Menurut Ahli

Penyandang disabilitas dapat dikategorikan menjadi tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, penyandang autistik, bahkan orang-orang dengan disabilitasa ganda serta multi disabilitas misalnya tunanetra dan tunarungu, tuna daksa serta tunarungu.

Adapun untuk penjelasan kali ini, indonesiastudents.com akan menguraikan pengertian tunanetra beserta penjelasannya.

Pengertian Tunanetra


Tunanetra adalah manusia yang memiliki gangguan dalam indera penglihatannya, mereka tidak dapat melihat dengan jelas (low vision) atau tidak dapat melihat sama sekali (blind vision).

Menjadi tunanetra ditengah masyarakat yang menganut paham ‘normalisme’, dimana tidak semua sarana transportasi publik mementingkan kesejahteraan pengguna transportasi publik bagi kaum tunanetra dan masih minimnya fasilitas sosial yang diberikan oleh pemerintah untuk mensejahterakan tunanetra sebagai pengguna jalan seperti orang normal . Dalam hal mobilisasi dan aksesibilitas, ketersediaan sarana dan prasarana bagi tunanetra masih sangat terbatas di Indonesia pada umumnya.

Beberapa permasalahan mobilitas bagi tunanetra dapat terlihat pada;

Permasalahan Mobilitas Bagi Tunanetra

  1. Belum adanya perlindungan terhadap tunanetra kepada pengguna kendaraan pribadi.
  2. Halte sebagian besar belum didesain dengan baik bagi tunanetra.
  3. Transportasi publik darat (bus, angkutan umum, kopaja) yang dipergunakan saat ini sebagian besar belum menyediakan tempat khusus bagi tunanetra.
  4. Staf transportasi publik masih ada saja yang menilai tunanetra melalui fisik bukan melalui hati dan tidak diperlakukan dengan baik.
  5. Rambu, marka, dan informasi untuk tunanetra masih sebagian besar belum tersedia.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian tunanetra atau tuna netra beserta penjelasan dan permasalahan yang dialami oleh para tunanetra. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari arti/definisi/pengertian/makna “Tunanetra”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;

  1. Pengertian Teori Revolusi Perubahan Sosial dan Bentuk-Bentuk Teori Perbuhan Sosial
  2. 3 Proses Perubahan Sosial Budaya dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial
  3. Pengertian Teori Evolusi Perubahan Sosial dan Contohnya