6 Pengertian Komik Menurut Para Ahli dan 6 Manfaatnya

Diposting pada
Pengertian Komik Menurut Para Ahli
Pengertian Komik Menurut Para Ahli

Komik menjadi salah satu istilah yang zangat lazim kita dengarkan, istilah ini mungkin identik dengan cerita bergambar yang umumnya digemari oleh anak-anak, hingga orang dewasa. Contohnya adalah Komik Dorememon, Shinchan, dan lainnya. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini akan mengemukakan pengertian komik menurut para ahli dan manfaatnya lengkap.

Komik

Komik adalah bagian daripada bentuk karya sastra dengan ciri khas cerita yang disajikan bergembar, yang didalamnya terdapat tokoh satu tokoh yang diunggulkan. Cerita di dalam komik umumnya adalah cerita fiksi, seperti halnya karya sastra lainnya.

Oleh karena itulah, sangat pantas jikalau komik mampu dipergunakan untuk media pembelajaran. Adapun media pembejaran yang dapat dipergunakan dalam komik ini disebut dengan (local wisdom education) adalah bahan ajar yang didalamnya terdapat jalan  cerita seperti komik yang menuangkan cerita potensi lokal daerah.

Pengertian Komik Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi komik menurut para ahli, antara lain;

  1. KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Komik adalah suatu cerita yang disajikan dengan gambar, yang lucu sehingga identik mudah sekali untuk dicerna oleh semua usia.

  1. Franz dan Meier (1994)

Komik adalah bagian daripada cerita sastra yang ditekankan pada gambar gerak dan suatu tindakan yang dengan paduan tulisan.

  1. Scott McCloud

Menurutnya, dalam buku dalam Understanding Comics bahwa arti komik adalah gambar yang menyampaikan suatu bentuk informasi sehingga mampu memberikan respon kepada pembacanya.

  1. McCloud (2002)

Pengertian komik adalah gambar dengan perpaduan yang disajikan secara sistematis.

  1. Hurlock (1978)

Komik adalah model cerita bergambar yang dapat dperigunakan untuk mengembangkan segala bentuk kepribadian pada anak.

  1. Sudjana dan Rifai (2011)

Tak hanya itu, bahan ajar berbasis komik menurut ahli ini dapat digunakan, karena bahan ajar yang berbasis komik dapat menciptakan minat siswa, mengefektifkan proses belajar mengajar, meningkatkan minat belajar dan menimbulkan minat apresiasinya.

Manfaat Komik

Manfaat yang dari pengembangan bahan ajar berbasis komik pendidikan dan diantaranya;

  1. Siswa dapat belajar materi dengan mengenal potensi lokal
  2. Siswa dapat mengkaitkan konsep materi pada pengolahan potensi lokal
  3. Meningkatkan belajar siswa terhadap potensi daerah melalui pelajaran materi
  4. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dalam pembelajaran
  5. Memfasilitasi media pembelajaran guru berupa modul berbasis potensi lokal pada materi
  6. Menjadi pelengkap acuan bagi guru dalam proses kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan

Hasil Penelitian Komik dalam Pembelajaran

Penelitian relevan mengenai penggunaan komik dan potensi lokal dalam pembelajaran IPA sudah pernah dilakukan oleh Wahyuningsih (2012), hasil yang didapatkan bahwasannya media komik bergambar  dapat meningkatkan minat siswa hingga >75%, dalah hasil belajarnya dapat dikatakan efektif, dan mendapat respon yang baik dari siswa maupun guru di sekolah.

Dan arti penelitan lain yang dilakukan oleh  Lesmono et al (2012) hasil yang didapat bahwasannya pengembangan bahan ajar berupa komik pada materi cahaya di SMP dapat meningkatkan motivasi belajar klasikal sebesar 89,93% dan pemahaman secara klasikal sebesar 92,08%.

Dan jika dikaitkan dengan penelitian yang menggunakan keunggulan lokal suatu daerah dalam pembelajaran IPA yaitu penelitian yang dilakukan oleh Damayanti et al (2012) dengan pengembangan CD pembelajaran berbasis keunggulan lokal menunjukan bahwasannya penggunaan bahan ajar berbasis keunggulan lokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Demikianlah ulan mengenai pengertian komik menurut para ahli dan manfaatnya dalam pendidikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Komik”.

3.5/5 - (169 votes)