3 Pengertian Eksplorasi Menurut Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Eksplorasi
Pengertian Eksplorasi

Kegiatan eksplorasi atau yang juga dikenal dengan serangkaian pencarian sumber minyak dan gas (migas) di Indonesia sudah sangat rendah. Jumlah sumur pengeboran baru dalam beberapa tahun terakhir juga sangat sedikit dan tidak ada penemuan migas yang signifikan.

Sehingga dari permasalahan tersebit perlu adanya upaya agar potensi-potensi yang menjadi sumber energi tersebut dapat segera ditemukan melalui kegiatan eksplorasi. Sebelum membahasa lebih jauh dalam artikel ini akan mengemukakan pengerian eksplorasi.

Eksplorasi

Diakui ataupun tidak, adanya kegiatan eksplorasi ini selalu diperlu oleh suatu negara, dan juga selalu dilakukan untuk menemukan energi alternatif baru yang dapat memenuhi ketersediaan energi-ener yang ada, seperti di Indonesia.

Dimana dalam kegiatan Eksplorasi ini, khususnya dalam bidang energi selalu di pelajari dalam berbagai disiplin ilmu, yang menjadi puncaknya atau ilmu intiny adalah geografi. Sedangkan pecahan dari ilmu tersebut misalnya saja Ilmu Geokimia, Geofisika, dan juga di dalam Geologi.

Pengertian Eksplorasi

Eksplorasi adalah suatu kegiatan berupa adanya penyelidikan di lapangan di dalam mengumpukan informasi dan data tentang keberadaan Sumber Daya Alam (SDA). Oleh karenannya dalam eksplorasi ini selalu ada kegiatan pemilihan daerah, studi pendahuan, pesencanaan, pembiayaan, dan juga kegituan terkahir adalah tujuan eksplorasi.

Pengertian Eksplorasi Menurut Para Ahli

Untuk definisi eksplorasi menurut para ahli. Antara lain;

  1. Bates dan Jackso (1980)

Eksplorasi adalah rangkaian pencarian mineral berharga yang terbuat dai bahan bakar fosil yang didalamnya terdiri dari kegiatan penyelidikan di permukaan bumi.

  1. Koesoemadinata (2000)

Definisi eksplorasi adalah sebuah kegiatan teknis ilmiah yang dilakukan untuk mencari tahu suatu area, daerah, keadaaan, ruang yang sebelumnya tidak diketahui keberadaan akan isinya kanduangan atas sumber daya alamnya.

  1. UU No 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi

Eksplorasi adalah bagian daripada adanya kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh mengenai kondisi geologi dalam upaya menemukan cadagangan minyak dan gas bumi di wilayah yang ada.

Demikinalah setidaknya pengertian eksplorasi menurut para ahli dalam Geografi yang dapat kami sebarluaskan kepada setiap pembaca. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai “Eksplorasi “ini dapat membari wawasan dan juga pengetahuan.

5/5 - (1 vote)