4+ Pengertian Energi Alternatif Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Energi Alternatif Menurut Para Ahli dan Contohnya

pengertian energi alternatif

indonesiastudents.com– Krisis energi merupakan salah satu permasalahan yang tengah dihadapi oleh masyarakat global. Penggunaan energi untuk pembangkit segala keprluan dan produksi dengan tenaga listrik saat ini masih didominasi oleh batu bara diikuti dengan gas dan minyak bumi.

Baca: 5 Pengertian Televisi dan Hasil Penelitian Para Ahli

Energi fosil yang bersifat non terbarukan seperti minyak bumi, batubara, dan gas yang selama ini dieksploitasi sudah semakin menipis. Dengan semakin menipisnya cadangan sumber energi tersebut, maka biaya untuk penambangannya akan meningkat, yang berdampak pada meningkatnya harga jual ke masyarakat. Olah karenanya setiap bangsa-bangsa di dunia, termasuk di Indonesia pada saat ini sedang gencar memikirkan tentang energi alternatif.

Meskipun sedang gencar dibicarakan dan juga dilakukan peneliian, tak jarang banyak diantara kita kurang mengerti tentang arti, definisi, atau pengertian energi alternatif. Oleh karenanya pada ulasan kali ini indonesiastudents.com akan memberikan penjelasan tentang pengertian energi alternatif menurut para ahli.

Pengertian energi alternatif menurut para ahli


Berikur para ahli memberikan pengertian energi alternatif,

Oxford Dictionary

Pengertian energi alternatif adalah suatu energi yang digunakan oleh masyarakat untuk menghentikan penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbahari atas pengerusakan terhadap lingkungan.

Wikipedia

Dalam Wikipedia definisi anergi alternatif adalah energi yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menggantikan segala bentuk bakar konvensional tanpa menimbulkan bahaya atau menimbulkan kerusakan terhadap lingkungan. Pada umumnya istilah energi alternatif dipergunakan untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Fredy (2016)

Mengartikan bahwa anergi alternatif adalah energi yang dipergunakan untuk menggantikan energi listrik dengan energi yang berasal dari alam.

Dari berbagai pengertian energi alternatif menurut para ahli diatas dapat dikatakan jika energi alternatif berfokus utamanya adalah dipergunakan intuk menggantikan tenaga listrik, dimana listrik menjadi salah satu infrastruktur yang menyangkut hajat orang atau masyarakat banyak.

Bahkan pada dewasa ini masyarakat dengan berbagai bidang keilmuannya sudah mulai mengembangkan potensi-potensi energi alternatif dan terbarukan. Contonya wujud energi alternatif adalah sebagai berikut;

Contoh Energi Alternatif


  • Energi surya yang memanfaatkan sinar matahari

  • Energi gelombang laut
  • Energi panas laut
  • Mikrohidro, dan lain sebaginya

Contoh-contoh penggunaan anergi alaternatif tersebut tak lain karena menjadi suatu usaha dalam menangani kesediaan energi fosil yang semakin menipis. Demikianlah ulasan tentang pengertian energi alternatif dan contoh energi alternatif. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan pemahaman bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Energi Alternatif”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;