7 Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografi) Dan Manfaatnya Menurut Para Ahli

Diposting pada

7 Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografi) Dan Manfaatnya Menurut Para Ahli

Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografi) Dan Manfaatnya Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Istilah SIG (Sistem Informasi Geografi) pada hakekatnya berasal dari Bahasa Inggris, yakni Geographic Information System. Sistem ini pada awalnya diperkenalkan pada 35000 tahun silam, di dinding gua oleh Lascaux yang berkebangsaan Perancis.

Hingga pada akhirnya sejak pertama kali SIG diperkenalkan sampai saat ini terus menerus mengalami perbaikana dan kemajuan dalam penerapan ilmu pengetahuan, khususnya Ilmu Geografi. Oleh karenanya pada kesempatan inilah indonesiastudents.com akan memberikan pembahasan mengenai pengertian SIG dan Manafaatnya.

Baca: 4 Pengertian Matahari Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografi)


SIG adalah suatu perangkat untuk melakukan koleksi, menyimpan, mengelola, menganalisis & menyajikan data spasial yang bergeoreferensi dengan berbasiskan teknologi komputer. Teknologi komputer yang dimaksud, ialah teknologi komputer yang mampu untuk memasukan, menyusun, memanipulasi, dan menganalisis data serta menampilkannya sebagai suatu sistem informasi.

Adapun Pengertian SIG Menurut Para Ahli diantaranya sebagai berikut;

Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografi) menurut para ahli


Aronaff (1989)

Menurutnya, SIG adalah suatu sistem informasi yang didasarkan pada sistem kerja komputer, baik dalam memasukkan, memanipulasi, mengolela, dan menganalisa dari berbagai data sehingga mampu untuk menguraikannya.

Burrough (1986)

Pengertian SIG adalah suatu alat yang dimanfaatkan untuk pengumpulan, pengambilan data, penimbunan, dan penayangan mengenai data keruangan yang awalnya berasal dari kenyataan.

Murai (1999)

Definisi SIG adalah suatu bentuk sistem informasi yang dipergunakan oleh masyarakat atau pemerintah untuk memasukkan, memanggil kembali (review), menyimpan, mengololah, menganalisis, serta menghasilkan data yang valid.

Marble (1983)

Menurutnya, Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah sistem penanganan mengenai data-data keruangan.

Bernhardsen (2002)

SIG adalah suatu sistem yang ada dalam komputer yang dipergunakan oleh beberapa lembaga atau instansi untuk memanipulasi segenap data geografi. Sistem SIG ini biasanya diimplementasikan oleh instasi tersebut dengan perangkat keras serta perangkat lunak komputer untuk menghasilkan data yang sempura.

Berry (1988)

SIG adalah sistem informasi yang menjadi referensi internal mengenai data-data keruangan.

Linden, (1987)

SIG adalah sistem yang dipergunakan untuk berbagai bentuk kegiatan, seperti pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan, analisis, dan penayangan mengenai muka bumi.

Dari 7 pengertian SIG menurut para ahli diatas dapat disimpulkan jika SIG adalah sistem komputerisasi yang dapat dipergunakan untuk mendukung berbagai pengambilan keputusan terhadap metodologi dan teknologi yang diperlukan dalam urusan-urusan keruangan.

Sedangkan untuk manfaat SIG bagi ilmu pengetahuan, diantaranya adalah sebagai berikut;

Manfaat SIG


  1. Melakukan queri dan analisis terhadap data-data yang berkaitan dengan urusan publik

  2. SIG bermanfaat dalam membuat suatu keputusan yang akurat
  3. SIG bermafaat untuk memproduksi peta

Manfaat SIG ini dapat diperoleh dengan adanya berbagai bentuk komponen utama dalam SIG, diantaranya;

  1. SDM (Sumber Daya Manusia)
  2. Sistem Komputer (hardware & software)
  3. Data (data spasial & atribut)
  4. Metodologi / Prosedur

Demikianlah pembahasan mengenai 7 Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografi) Dan Manfaatnya Menurut Para Ahli. Semoga dengan adanya pembahasan SIG ini dapat bermanfaat, dan penting untuk diketahui bahwa sampai saat ini SIG terus menerus mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan baik, bahkan bermunculan tentang berbagai Instansi Pemerintahan yang telah menggunakan Aplikasi SIG, Contoh aplikasi SIG yang dpergunakan adalah aplikasi SIG untuk tata ruang wilayah, aplikasi SIG untuk manajemen pertambangan,aplikasi SIG untuk informasi pertanahan, aplikasi SIG untuk utility (Telkom & PLN), dan lain sebaginya. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;