Pengertian Fun Learning Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Fun Learning Menurut Para Ahli

Istilah mengenai fun learning akhir-akhir ini seringkali muncul dalam sistem sosial terkait dengan kenegaraan, terutama yang ada hubungannya dengan metode pendidikan. Oleh karenanya artikel ini kemudian akan berusaha untuk menjelaskan tentang pengertian dan contoh fun learning.

Fun Learning

Fun learning yakni dua kata yang berbeda arti yang dipadukan. Fun berarti kegembiraan, kesenangan, sedangkan learn berarti belajar,  mempelajari. Menurut pernyataan Suyitno (2007) menyatakan bahwa, hasil belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang ada pada diri individu baik yang berkenaan dengan aspek logika, etika, estetika, karya, dan praktika

Sesuai dengan artinya metode fun learning adalah metode yang dapat menciptakan suasana hangat dan menyenangkan dalam proses pembelajaran sebagai upaya perubahan tingakah laku individu. Suasana yang dirasa hangat, akrab tersebut kemudian memungkinkan terciptanya suatu bentuk proses pembelajaran yang efektif dan partisipatif.

Menyenangkan, yang maksudnya dalam “Fun Learning” adalah apapun yang diajarkan oleh tenaga pendidikan mudah diterima dengan senang hati oleh peserta didik dan ketika sesuatu pemahaman itu mudah diterima maka seorang peserta didik akan mudah melakukan suatu perubahan yang tujuannnya untuk kemajuan.

Pengertian Fun Learning Menurut Para Ahli

Adapaun definisi fun learning menurut para ahli. Antara lain;

  1. Darmasyah

Fun learning adalah bagian daripada strategi proses pembelajaran yang menyenangkan dan dibuat untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efesien, sehingga dalam konsep kurikulumnya dibuat dengan menyampaikan materi untuk terselenggarannya proses belajar yang mengakibatkan prestasi belajar peserta didik mengalami perbaikan

Contoh Metode Fun Learning

Contoh yang di dapatkan dari metode pendidikan fun learning, misalnya saja;

  1. Game Edukasi

Prihal ini misalnya saja memberikan pelajaran tentang ilmu pengetahuan kepada peserta didik, yang kemudian disertai dengan game edukasi, sehingga cara ini menjadi menggembirakan dan bahkan banyak mengenail dengan istilah “Bermain Sambil Belajar”.

Demikianlah tulisa mengenai pengertian fun learning menurut para ahli dan contohnya. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan refrensi dan pengetahuan kepada setiap pembaca untuk memahami tentang “Fun Learning”.

3/5 - (7 votes)