5 Pengertian Taman Nasional Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Taman Nasional Menurut Para Ahli

Taman nasional pada dasarnya menjadi istilah penting yang harus dipahami oleh setiap orang. Alasannya karena istilah ini seringkali kita temukan diseluruh wilayah Indonesia, baik di Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan lain sebagainya.

Namun yang pastinya, terdapat banyak sekali contoh taman nasional di Indonesia misalnya Way Gambas di Provinsi Lampung yang dikenal sebagai wilayah konservasi Gajah terbesar di Asia Tenggara.

Taman Nasional

Taman nasional adalah wujud daripada kawasan pelestarian terhadap alam yang memiliki ekosistem asli serta senantisa dikelola berdasarkan sistem zonasi agar bernuansa ilmu  pengetahuan,  pelestarian budidaya, tempat pariwisata, dan rekreasi.

Pengertian Taman Nasional Menurut Para Ahli

Beberapa definisi taman nasional menurut para ahli, diantaranya;

  1. Pristiyanto (2005)

Definisi taman nasional adalah lokasi yang dipergunakan untuk pelestarian alam yang dinilai memiliki ekosistem  asli sehingga menunjang perkembangan ilmu pengetahuan, memperkaya wawasan pendidikan, kebudidayaan, dan menjadi lahan bagi masyarakat untuk berekreasi

  1. Departemen Kehutanan (1986)

Arti taman nasional adalah bentuk jaminan terhadap masa depan keanekaragaman SDA (Sumber Daya Alam), baik berada di daerah peraiaran atau daratan.

  1. MacKinnon (1993)

Menurutnya, taman nasional adalah kawasan khusus yang diperuntukkan bagi kehidupan agar mendapat perlindungan sehingga dapat memiliki nilai ilmiah.

  1. Undang-Undang  No. 5, Tahun 1990

Secara sederha inti undang-undang tersebut mengartikan jika taman nasional adalah kawasan yang dipergunakan untuk pelestarian alam sehingga memiliki ekosistem  asli,  yang bisa dimanfaatkan sebagai tujuan penelitian ilmiah, peningkatan ilmu pengetahuan, pelestarian budidaya, tempat pariwisata , dan  rekreasi.

  1. IUCN (The International Union for Conservation of Nature)

Mengartikan bahwa taman nasional adalah suatu arena yang masih alami baik berada di daratan atau lautan sehingga hal tersebut menyebebakan teintegritasnya ekologis dan terciptaan jaminan untuk generasi di masa yang akan datang.

Kesimpulan

Dari pengertian taman nasional menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan jika taman nasional adalah taman yang disediakan oleh pemerintah untuk melindungi keanekaragaman hayati, sehingga diharapkan atas kebijakan tersebut menjadi jaminan untuk generasi di masa mendatang.

Demikianlah pengertian taman nasional menurut para ahli, semoga pengertian ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi tentang “Taman Nasional”.

Rate this post