5 Pengertian Gula Menurut Para Ahli [Lengkap]

Posted on

5 Pengertian Gula Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Gula Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Gula sangat mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan gula menjadi salah satu barang yang mampu di ekspor ke Luar Negri. Salah satu daerah penghasil gula terbesar di Indonesia, adalah Lampung yang terdapat PT. Gula Madu, dan lain sebaginya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan mengemukakan pengertian gula menurut para ahli, berikut pengertian gula tersebut;

Baca: “Buah Wani” Pengertian, Klarifikasi, Kandungan, dan Manfaat

Pengertian Gula


Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang bisa menjadi sumber energi dan komiditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk Kristal sukrosa padat. Gula sederhana seperti glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim hidrolisis asam), menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel.

Sedangkan pengertian gula menurut para ahli, diantarnya sebagai berikut;

Pengertian Gula Menurut Para Ahli


Darwin  (2013)

Pengertian gula adalah suatu barang atau bahan yang mendung karbohidrat, hal ini disebabkan karena gula pada kenyataannya dapat larut dalam air dan juga bisa langsung diserap tubuh yang kemudian dalam tubuh di bah menjadi energi.

Ragun Blog (2012).

Gula menurutnya, dapat difungsikan sebagai suatu bahan pengawet yang bersifat alami, hal ini diungkapkan karena gula bersifat higroskopis ataupun mampu menyerap air sehingga hal tersebut menjadikan sel-sel bakteri akan dehidrasi, hingga akhirnya akan mati.

Wikipedia

Dalam Wikipedia definisi gula adalah bahan yang mengandung karbohidrat yang dapat dipergunakan sebagai komoditi perdagangan paling utama. Gula sendiri sampai saat ini diperdagangkan dalam kristal sukrosa padat.

Winarno (1980)

Menurutnya, gula lekat dengan sifat fisik dan kimia yang memiliki bentuk berbeda-beda satu sama lainnya, misalnya rasa, kelarutan,  pembentukan karamel, dan juga pembentukan kristalnya

Subagjo (2007).

Menurut Subagio, ada banyak fungsi dalam kandungan gula, diantaranya bisa sebagai bahan pengawat, bahan perasa, dan bahan dalam merubah warna di dalam produk makanan.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 pengertian gula menurut para ahli, semoga secara umum definisi gula ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Gula”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 4 Pengertian Film Menurut Para Ahli, Jenis, dan Manfaatnya Lengkap
  2. 6+ Pengertian Pondok Pesantren, Sejarah, Tujuan, dan Jenis Lengkap
  3. 11+ Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi dan Jenisnya Menurut Para Ahli {Terlengkap}
  4. 4 Pengertian festival Menurut Para Ahli, Jenis, dan Contohnya Lengkap