5 Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli dan 2 Faktornya

Diposting pada
Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Hasil belajar diakui ataupun tidak, sangatlah penting untuk diketahuai oleh tenaga pendidik, alasan hal tersebut diungkapkan karena hasil belajar ini akan menjadi modal atau landasan untuk menerapakan motode pembajaran yang tepat di dalam arti pendidikan.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, di dalam tulisan ini iakan menguraikan tentang pengertian hasil belajar menurut para ahli dan faktor-faktor yang dapat dijadikan sebagai pedoaman dalam hasil pembelajaran.

Hasil Belajar

Hasil belajar adalah bagian daripada segala suatu bentuk perubahan yang terjadi di dalam proses pembelajaran yang telah dijalani oleh peserta didik (siswa), sehingga hal ini diharapkan bisa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dilakukan.

Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Adapun definisi hasil belajar menurut para ahli, antara lain;

  1. Djamarah (2009)

Menurutnya, hasil belajar adalah suatu proses pembelajaran dikatakan berhasil jika tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai.

  1. Hamalik (2008)

Definisi hasil belajar menurutnya, akan tampak pada tindakan atau sikap dari perubahan pada aspek-aspek tingkah laku peserta didik. Antara lain dilihat dari pengetahuan, pemahaman, kebiasaan, emosional, keterampilan apresiasi, jasmani, hubungan sosial, etika, sikap dan lain-lain.

Dalam pengertian ini tentusaja, jika seseorang telah melakukan pembelajaran, maka akan diidentikan terjadi perubahan pada salah satu atau beberapa aspek tingkah laku tersebut.  Tingkat keberhasilan pembelajaran tercermin dari perubahan tingkah laku tersebut dapat diukur dengan beberapa cara atau teknik yang kita kenal dengan teknik evaluasi antara lain tes, wawancara, pengamatan danquesioner.

  1. Winarno Surakhmad (1980)

Pengertian hasil belajar siswa adalah memperoleh kemampuan pengerathaun peserta didik (siswa) dengan menyelenggarakan ujian atau berarti juga ulangan, baik secara tertulis ataupun tidak.

  1. Winkel (1989)

Hasil belajar adalah bagian daripada pencapaian para peserta didik dalam belajarnya, sehingga data berupa angka, yang dapat diikur.

  1. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2002)

Hasil belajar adalah suatu bentuk indikator yang dipergunakan sebagai tolak ukur mengenai keberhasilan siswa (prestasi) dalam menyerap ilmu pengetahuan yang diberikan oleh tenaga pendidik.

Faktor Penentu Hasil Belajar

Beragam faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain;

  1. Internal

Yakni adalah suatu faktor yang berasal dari diri sendiri para peserta didik itu sendiri, diantarnya:

  1. Jasmani yang meliputi kesehatan dan keadaan tubuh.
  2. Psikologis yang meliputi; intelegensia, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan.
  3. Kelelahan yang meliputi; kelelahan fisik dan rohani.
  1. Eksternal

Yaitu suatu faktor yang mempengaruhi hasil belajar dan berasal dari luar peserta didik, diantarnya;

  1. Keluarga, yang meliputi; cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, ekonomi keluarga, pengertian orang tua, kebudayaan.
  2. Sekolah yang meliputi; metode dan pendekatan guru, kurikulum, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pembelajaran, waktu, gedung, pustaka, laboraturium dan lingkungan sekolah.
  3. Masyarakat yang meliputi; kegiatan siswa dalam masyarakat, media massa, teman bergaul dan kehidupan masyarakat.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa adanya hasil pelajaran ialah proses penilaian yang didapaykan dari kegiatan belajar. Adapun mengenai hasil belajar seseungguhnya dipengaruhi oleh banyak faktor.

Dimana dari dua faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tersebut, dapat dikatakan bahwa sangat berkaitan satu sama lain. Semakin besar dukungan dari faktor tersebut, maka semakin besar harapan pembelajaran berlangsung dengan efektif dan efesien.

Sehingga prihal ini suru atau tenaga pendidikan sebagai faktor yang penting dalam pembelajaran diharapkan mampu mengkondisikan dan memanfaatkan faktor-faktor tersebut semaksimal mungkin. Jika guru tidak mampu mengembangkan potensi diri siswa dan memanfaatkan dukungan faktor-faktor lainnya, maka pembelajaran tidak akan berhasil secara optimal mencapai tujuan pendidikan dan pembelajaran.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hasil belajar menurut para ahli dan faktornya lengkap. Semoga dengan adanya artikel hasil pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Apa itu hasil belajar”.

Rate this post