8 Pengertian Sosiologi Agama Menurut Para Ahli

Diposting pada

pengertian sosiologi agama menurut para ahli

Bagi sebagain besar mahasiswa ataupun akademisi yang menekuni disiplin ilmu sosiologi pasti akan menemukan materi tentang “sosiologi agama”. Materi sejarah sosiologi agama menjadi materi wajib yang harus diketahui oleh sosiolog (ahli ilmu sosiologi) alasan materi agama menjadi materi wajib karena perkembangan agama disluruh dunia, baik Islam, Kristen, Hindu, Budha, atau lainnya selalu bersifal individual dan sosial.

Kenyataan agama bersifat individual dan sosial terlihat ketika agama yang dianut manusia mempunyai dampak yang besar bukan hanya bagi kehidupan dirinya, melainkan juga dapat berdampak sosial. Oleh karena itu sebelum mengulas lebih jauh tentang pemahaman mengenai sosiologi agama, tulisan akan mencoba memberikan pengertian sosiologi agama.

Sosiologi Agama

Sosiologi agama sejatinya diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang membahas tentang hubungan manusia dengan masyarakat yang ditinjau dari perbedaan pinsip-prinsip umum mengenai hubungan agama yang satu dengan yang lainnya.

Pengertian Sosiologi Agama Menurut Para Ahli

Adapun definisi sosiologi agama menurut para ahli, antara lain;

  1. Dillon, Pengertian bahwa sosiologi agama adalah upaya sosiolog dalam mendeskripsikan, memahami, dan menjelaskan bagaimana cara agama berlaku dalam masyarakat.
  2. Davie, Sosiologi agama adalah disiplin ilmu yang concern terhadap agama, yang hanya sejauh hubungan agama dengan kontek sosial dimana agama itu hidup dan berkembang.
  3. Drs. D. Hendropuspito, O.C, Definisi sosiologi agama adalah cabang sosiologi umum yang mempelajari masyarakat agama secara sosiologis untuk mencapai keterangan ilmiah antara kepentingan masyarakat agama dan masyarakat luas pada umumnya.
  4. Dr. W. Goddijn, Pengertian sosiologi agama adalah bagian dari sosiologi umum yang mempelajarii ilmu budaya empiris, profan dan positif untuk kemudian di dorong kepada pengetahuan umum.
  5. W.E.B. Du Bois, Pengertian sosiologi agama adalah upaya mempelajari berbagai institusi dalam agama yang diorganisasikan sebagai pusat komunal. Sehingga menyediakan imbalan-imbalan dan kesejahteraan umat.
  6. Wikipedia, Sosiologi agama adalah displin ilmu yang mempelajari peran agama di dalam masyarakat, baik dari praktik, latar sejarah, dan perkembangan agama di dalam masyarakat.
  7. Fauzul Mustaqim, Sosiologi agama adalah disiplin ilmu yang membahas berbagai kesatuan unsur dalam masyarakat, yang ditinjau dari perbedaan secara utuh dengan berbagai sistem agama yang ada di dalam masyarakat.
  8. Zakiyah, Sosiologi agama adalah cabang daripada disiplin ilmu sosiologi umum yang khusus mempelajari masyarakat dengan agama untuk mencapai keterangan-keterangan ilmiah.
Kesimpulan

Dari berbagai sosiologi agama diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya tugas sosiolog agama ialah memahami secara lebih mendetail peran-peran agama dalam masyarakat, memahami peran agama dan dampaknya, serta memahami kekuatan-kekuatan sosial dan pengaruhnya terhadap agama.

Oleh karena itu sosiologi agama tidak berusaha mambuktikan kebenaran Tuhan atau mencocokan antara keberadaan agama dengan ilmu pengetahuan.

Fokusnya terutama ialah memahami kepercayaan-kepercayaan agama dan menjelaskan bagaimana hal tersebut mempengaruhi pandangan dunia, praktik-praktik dan identitas, dan perbedaan bentuk ekspresi keagamaan serta interalasinya dengan domain lain tindakan individu dan sosialnya.

Demikianlah untuk tulisan mengenai pengertian sosiologi agama menurut para ahli, semoga saja ahdirnya artikel ini bisa memberikan pengetahuan awal bagi siapapun yang membutuhkan dan sedang mencari tentang artikel sosiologi agama.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *