Pengertian Internalisasi Beserta Contoh Internalisasi (Terlengkap)

Posted on

Pengertian Internalisasi

Pengertian Internalisasi Istilah internalisasi barangkali sudah tidak asing lagi bagi kaum terpelajar, baik yang duduk di tingkat SMA, Mahasiswa, atau akademisi. Sebab materi tentang internalisasi ini ibarat kata menjadi materi yang wajib dipelajari dalam ilmu sosial, yakni ilmu sosiologi, pendidikan sosial, hukum, antropologi, psikologi, dan lain sebaginya. Meskipun begitu sering kita dengarkan, tak jarang diantra kita masih belum mengenali tentang defenisi atau pengertian prihal internalisasi. Oleh karena itulah pada artikel ini kami akan mengulas tentang pengertian internalisasi.

Internalisasi

Internalisasi pada hakekatnya berasal dari kata intern atau kata internal yang seringkali diartikan bagian dalam atau di dalam. Sedangkan secara lugasnya pengertian internalisasi adalah penghayatan. Internalisasi ini menjadi bagian penting dalam bentuk mobilisasi sosial. Hal ini lantaran sebagai pembuktian bahwa masyarakat akan selalu bergerak mengkuti perubahan sosial yang ada. Selengkapnya, baca; Pengertian Perubahan Sosial dan Contoh Perubahan

Kemudian , dalam perkembang selanjutnya banyak pihak yang mencoba member pengertian internalisasi, terutama pihak-pihak yang memberi arti internalisasi tersebut adalah mereka yang menekuni disiplin sosial. Baik tentang budaya ataupun tentang masyarakat.

Pengertian Internalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian internalisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Sujatmiko (2014) mengartikan iternalisasi sebagai proses panjang yang dilakukan oleh individu dilahirkan sampai ia meninggal. Proses tersebut berupa penyerapan nilai dan norma individu kepada masyarakat.
  • Kartono (2011) memberi pengertian internalisasi sebagai pengaturan tingkahlaku individu kedalam fikiran atau kepribadian, sehingga perbuatannya dijadikan praktek dari orang-orang lain menjadi bagian dari diri sendiri.
  • Pupita Sari (2014) memberi pengertian internalisasi sebagai proses  penanaman  sikap  seseorang ke  dalam  diri sendiri melalui  sebuah pembinaan,  bimbingan  dan  sebagainya . Harapannya agar ego  menguasai  secara  mendalam  suatu  nilai  serta  menghayati  sehingga dapat  tercermin  dalam  sikap  dan  tingkah  laku  sesuai  dengan  standar yang diharapkan.
  • KBBI (1989) memeberi pengertian internalisasi sebagai proses penghayatan, penugasan, penguasaan yang dilakukan secara  mendalam oleh seseorang melalui  pembinaan,  bimbingan,  penyuluhan,  penataran,  dan sebagainya.

Dari berbagai defenisi internalisasi seperti yang disebutkan di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian internalisasi adalah proses pemasukan nilai pada seseorang atau individu yang akan membentuk pola pikirnya dalam melihat makna realitas pengalaman. Nilai-nilai tersebut bisa jadi dari berbagai aspek baik agama, norma, nilai, budaya, dan lain sebagainya.

Contoh Internalisasi

Contoh internalisasi yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah contoh internalisasi di dalam kehidupan seharu-hari, misalnya aja mengenai budaya. Yakni, prilaku seseorang dalam meniru gaya pakaian artis K-Pop yang sedang ngetrend dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Secara tidak langsung prilaku tersebut telah menginternalisasi diriseseorang terhadap budaya orang lain.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Kebudayaan, Unsur, Sifat, dan Manfaatnya
  2. Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli
  3. Pengertian Masyarakat Pasar dan Penjelasannnya

Oleh karena itulah dari memahami arti internalisasi atau pengertian internalisasi tersebut dapat dikatakan bahwa proses internalisasi tidak hanya monoton didapat dari keluarga yang setiap hari hampir kita lakukan, melainkan dapat didapat dari lingkungan. Lingkungan yang dimaksud tersebut adalah lingkungan sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *