Pengertian Islam Radikal, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Islam Radikal

Diakui ataupun tidak, munculnya gerakan-gerakan keagamaan yang bersifat radikal merupakan fenomena sosial penting yang turut melukai perkembangan agama-agama di dunia, terlebih agama Islam karena beberapa dekade ini terus-terusan menjadi objek sehingga diberikan lebel sebagai agama garis keras oleh bangsa-bangsa barat terutama Amerika Serikat.

Meskipun begitu banyak diantara kita belum memahami apa defenisi Islam radikal atau apa pengertian radikal islam. Oleh karena itulah pada artikel kali ini akan memberikan pengertian radikal islam.

Radikal Islam

Radikal Islam adalah bagian daripada bentuk ektrimisme dalam beragam yang memaksakan kehendak secara mutlak dalam proses penjalan dalam sistem yang sah. Prihal ini tak jarang untuk penerapannya di warnai dengan paksaan kepada pihak-pihak lainnya untuk melangsungkan ajaran.

Pengertian Islam Radikal Menurut Para Ahli

Adapun defenisi radikal islam menurut para ahli, antara lain;

  1. Jamri dan Jajang Jahroni (2014), Islam radikal adalah sebagai kelompok yang mengatasnamakan islam yang mempunyai keyakinan ideologis dan fanatik. Tujuan kelompok tersebut adalah mengantikan idiologi, tatanan nila,i dan sisitem yang sah.

Ciri Radikal Islam

Ciri yang melekat dalam gerakan radikal islam antara lain:

  1. Mengunakan aksi-aksi yang keras terhadap aturan yang sah.
  2. Bersifat ekstrim terhadap kegiatan kelompok lain yang dinilai bertentangan dengan keyakinan kelompok mereka

Contoh Islam Radikal

Adapun untuk contoh adanya gerakan Islam radikal di masyarakat. Misalnya saja;

  1. ISIS (Negara Islam Irak dan Syam)

ISIS menjadi bagian daripada organisasi kegamaan yang mengatasnamakan Islam untuk melakukan pengeboman maupun pembunuhan kepada siapa saja yang menentang kehenndaknya. Kegiatan ISIS ini sendiri bagia menjadi kasus nyata adanya gerakan Islam radikal di dunia.

Demikianlah spembahasan mengenai pengertian radikal islam menurut para ahli dan cirinya, semoga pengertian ini mampu menambah wawasan dan pengetahuan, baik untuk pembaca ataupun untuk penulis itu sendiri.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.