4 Susunan Rencana Penelitian Beserta Contohnya Lengkap

Diposting pada

Rencana Penelitian– setiap kali seseorang melakukan penelitian, baik penelitian kualitatif ataupun penelitian kuantitatif pada dasarnya tidak lepas daripada tahap yang satu ini, yaitu tahap “Rencana Penelitian”. Tahap rencana penelitian ini bisa dibilang sebagai tahap permulaan untuk melakukan sebuah penelitian.

Baca: Pengertian Tinjauan Pustaka Lengkap

Meskipun begitu tak jarang diantara para peneliti muda atau calon peneliti masih bingung dengan susunan renacan penelitian. Oleh karena itulah pada arikel ini indonesiastudents.com akan membagikan susunan rencana penelitian.
Tetapi sebelum membagikan susunan rencana penelitian alangkah baiknya jika kita persamakan persepsi dulu, apa yang dimaksud dengan renacana penelitian, sehingga dikemudian hari tidak menimbulkan salah sasaran atau salah pengertian.

Rencana Penelitian


Rencana penelitian dapat diartikan sebagai kegiatan penjajakan lapangan maupun orientasi medan serta tahapan penyusunan rencana penelitian dan juga instrumen penelitian. Sehingga dalam rencana penelitian ini menunjukan beberapa lemen penting daripada sebuah penelitian, diantaranya adalah jadwal kegiatan atas penelitian, rencana ekspansi anggaran, estimasi biaya, dan lain sebaginya.

Bentuk rencana penelitian biasanya dalam bentuk diagram, atau dalam bentuk susunan tabel yang didalamnya ada tanggal, bulan dan, tahun. Misalnya adalah seperti ini:


Selanjutnya setelah kita mengetahui rencana penelitian itu apa beserta contohnya bagimana, kita akan membahas tentang susunan rencana penelitian yang baik. Susunan rencana penelitian yang baik adalah sebagai berikut:

Susunan Rencana dalam Penelitian


  1. Tujuan, sasaran dan pekerjaan atau gugus tugas.
  2. Jadwal kegiatan.
  3. Rencana-rencana untuk mengatasi kemungkinan yang akan terjadi Keberlangsungan atau keberlanjutan.
  4. Potensi untuk dilanjutkan
    – Rencana ekspansi
    – Identifikasi sumber dana lain
    – Estimasi biaya bila dilanjutkan
    – Pemeliharan peralatan
    – Bahan
    – Honor staf

Kesimpulan yang dapat diambil tulisan “Rencana Peneltian” adalah suatu hal yang ada dalam pembuatan proposal penelitian yang mencangkup jalnnya penelitian sampai dengan selesainya sebuah penelitian. Demikianlah untuk tulisan ini, semoga bermanfaat bagi siapapun yang ingin membuat atau akan melakukan penelitian. Trimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *