6 Pengertian Kaligrafi Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Kaligrafi Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Kaligrafi merupakan salah satu produk artistik yang sedang digandrungi masyarakat pada saat ini. Kaligrafi lebih populer dikenal masyarakat sebagai seni tulisan arab. Namun, sebenarnya pengertian kaligrafi secara umum merupakan suatu ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letak dan cara penerapannya menjadi sebuah tulisan yang tersusun.

Baca: 5 Hukum Islam Beserta Contohnya (Wajib+Haram+Sunat+Makruh+Mubah)

Sebagai penjelasan lebih lanjut, mengenai kaligrafi, berikut indonesiastudents.com akan membahas tentan pengertian kaligrafi.

Pengertian Kaligrafi


Kaligrafi adalah suatu seni menulis indah dengan jenis huruf beragam, tidak hanya terbatas kaligrafi arab. Kaligrafi yang beredar di pasaran sekarang sangat bervariasi dengan desain yang mampu menarik pelanggan

Kaligrafi pada awal mula berkembang menjadi tipografi. Tipografi dalam Bahasa Inggris yaitu Typography (berasal dari kata Bahasa Yunani typos= bentuk dan graphein= menulis). Tipografi berkaitan dengan penataan huruf yang merambah pada seni percetakan melalui media modern.

Adapun pengertian kaligrafi menurut para ahli, adalah sebagai berikut;

Pengertian Kaligrafi Menurut Para Ahli


Didin Sirojudin (2000)

Menurutnya, pengertian kaligrafi adalah suatu bentuk disiplin ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, dimana bentuk tunggal tersebut meletakan-letakan atau diletakan dengan cara penerapannya menjadi sebuah tulisan yang tersusun.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Definisi kaligrafi berasal dari kata(ka•li•gra•fi) yang diartikan sebagai merupakan suatu seni menulis yang indah dengan menggunakan pena

M. Echols dan Hassan Shadily (1997)

Arti kaligrafi berasal dari kata Latin “kalios dan graph” yang berarti suatu tulisan atau aksara yang indah.

Situmorang (1993)

Menurutnya, kaligrafi adalah bentuk seni menulis yang indah dan merupakan bentuk keterampilan menggunakan tangan  sehingga dalam menuliskannya tergkandung isi dari suasana hati pengarang.

Israr (1985)

Kaligrafi adalah suatu jenis tulisan latin

Bela Safira (2014)

Menurutnya, kaligrafi adalah Kaligrafi suatu bentuk karya seni rupa yang lebih menekankan keindahan pada bentuk huruf yang sehingga mempunyai nilai-nilai estetika.

Aufa Nugrho (2014)

Menurutnya, Kaligrafi adalah tulisan yang berbeda dari biasanya karena tulisan ini memiliki nilai seni dan keindahan.

Dari 6 pengertian kaligrafi menurut para ahli di atas dapat disimpilkan bahwa kaligrafi adalah seni rupa berupa tulisan yang digambarakan oleh seseorang seniman dengan mengunakan tulisan tangan, sehingga makna ini tidak dikatakan secara khusus kaligrafi harus tulisan arab.

Demikianlah ulasan mengenai kaligrafi, khususnya pembahasan tentang 6 pengertian kaligrafi menurut para ahli. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang atau akan mencari definisi, arti, makna kaligrafi. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;