8 Pengertian Kampanye Menurut Para Ahli dan 2 Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kampanye Menurut Ahli

Kampanye dalam Bahasa Inggis “Campaigns” pada hakikatnya menjadi bagian kegiatan yang sering kita lihat bahkan kita lakukan. Kampanye menjadi istilah yang begitu familiar, alasannya setiap hari, bulan, tahun selalu di dengung-dengungkan oleh berbagai pihak.

Misalnya saja dalam hal ini adanya kampanye pemilihan saat pemilan pilkada, penawan produk, kampanye sosial, dan lain sebagainya. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai “Kampanye”, berikut akan menguraikan pengertian kampanye menurut para ahli.

Kampanye

Kampanye adalah bagian daripada bentuk kegiatan yang dilakukan seseorang secara persuasif demi tercapainya tujuan yang diingginkan. Baik tujuan tersebut bisa saja berupa program, visi, atau pengenalan dalam mencapai status sosial dan peran sosial yang diinginkannya.

Pengertian Kampanye Menurut Para Ahli

Setidkanya definisi kampanye menurut para ahli, diantaranya;

  1. Cangara (2011)

Menurutnya, kampanye adalah aktivitas komunikasi yang dipergunakan untuk memengaruhi masyarakat agar mengusai dan memiliki wawasan terhadap perilaku yang menjadi keinginan pemberi informasi.

  1. Kotler dan Roberto

Definisi kampanye adalah upaya  yang  dilakukan  oleh  seseorang atau berkelompok untuk menamankan ide, sikap, prilaku yang dinginkan pelaku kampanye.

  1. Drs. Antar Venus,  M.A (2012)

Kampanye adalah upaya yang ditujukan untuk menciptakan perubahan dan dampak tertentu dalam kehidupan bermasyarakat. Kampanye dalam pengertian ini, harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

  1. Rachmadi  (1993)

Kampanye adalah kegiatan yang terorganisir secara sistematis untuk mendorong masyarakat melakukan sesuatu yang diangginkan. Kampaye dalam pengertian ini disyartakan untuk melakukan evaluasi   dan menggunakan media agar tepat sasaran.

  1. Imawan (2011)

Menurutnya, kampanye adalah upaya persuasif yang dilakukan seseorang kepada orang lain agar sepaham terhadap idea tau gagasan yang ditawarkan.

  1. Undang Undang

Menurut UU pasal 1  ayat 26 Nomor 10 tahun 2008  mengartikan skampanye sebagai kegiatan yang dilakukan oleh peserta pemilu berusaha meyakinkan mata pilih, melalui visi, misi dan program yang ditawarkan kepada calon peserta Pemilu.

  1. Pfau dan Parrot (1993)

Definisi Kkampanye adalah proses yang disusun secara sistematis, sadar, bertahap ,dan berkelanjutan yang dilakukan pada jagka waktu tertentu.

  1. Leslie B. Snyder (Dalam Gudykunst dan Mody, 2002)

Kampanye adalah suatu bentuk tindakan komunikasi yang terorganisasi secara sistematis dengan diarahkan kepada pihak tertentu guna tercapainya tujuan tertentu.

  1. Rajasundarman (1981)

Makna kampanye adalah pemanfaatan metode komunikasi kepada khalayk umum agar terkoordinasi dalam waktu tertentu. Kampanye harus ditujukan untuk mengarahkan kepada masyarakat mengenai permasalahan dan pemecahan masalah tersebut.

Contoh Kampanye

Adapun untuk contoh adanya kampanye yang ada di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Politik

Kampanye politik barangkali menjadi bagian daripada bentuk kampanye yang sangatlah mudah ditemukan. Prihal ini misalnya saja pada Tahun 2019 lalu disaat adanya peristiwa pencalonan Presiden Republik Indonesia. Dimana dalam calonnya ada Jokowidodo dan Prabowo Subianto.

  1. Perdamaian

Bentuk kampanye perdamaian yang bisa dilihat, prihal ini adalah kasus tentang invansi yang dilakukan oleh Rusia terhadap negara Ukraina alasan beragam perselisihan diantara kedua negara. Dalam kapasitas ini setidaknya tahun 2022 presiden Jokowidodo dan beberapa negara dengan gerakan non blok menganurkan adanya perdamaian.

Demikianlah pengertian kampanye menurut para ahli. Semoga pengertian ini kampanye ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi mengenai “Kampanye” trimakasih.

Rate this post