Pengertian Karnaval dan 2 Contohnya

Diposting pada
Pengertian Karnaval
Pengertian Karnaval

Karnaval pada hekakatnya ialah suatu perayaan yang dilukukan sebelum masa  pra paskah, sehingga agenda ini sendiri seringkali dilakukan oleh umat Kristen Katolik di Benua Eropa dan juga Benua Amerika. Namun yang pastinya istilah karnaval sendiri menurut para ahli berasal dari Bahasa Latin, yaitu carne yang maknanya daging.

Sebagai penejelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini akan mengulas tentang pengertian karnaval dan contohnya yang ada di masyarakat.

Karnaval

Karnaval adalah suatu agenda mengenai perayaan yang biasa dilakukan oleh masyarakat dengan arak-arakan. Oleh karena itulah sistem perayaan karnaval ini bisa dipastikan setiap tahunnya  mudah untuk dapat ditemui di seluruh  belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Pengertian Karnaval

Karnaval adalah suatu acara yang menjadi event meriah, sehingga acara ini sendiri sejatinya paling ditunggu-tunggu dalam berbagai perayaan.

Pengertian Karnaval Menurut Para Ahli

Adapun definisi karnaval menurut para ahli, antara lain;

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Pengertian karnaval adalah suatu kegiatan pawai yang dilakukan dalam rangka  melakukan perayaan yang biasanya mempersatukan bermacam corak yang menarik untuk dirayakan.

Contoh Karnaval

Untuk contoh adanya karnaval di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Sigale-Gale di Sumatera Utara (Indonesia)

Karnaval Sigale-gale adalah serangkaian agenda dalam arti festival Danau Toba. Karnaval ini diadakan di Pulau Samosir. Karnaval ini biasanya diadakan bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri Umat Islam. Sigale-gale merupakan ikon adat Batak berupa boneka yang menyerupai manusia khas Batak.

Festival menampilkan atraksibudaya, pariwisata dan olahraga. Rangkaian kegiatan meliputi karnaval, pameran produk kerajinan masyarakat, lomba menyanyi, permainan tradisional, olahraga seperti paralayang dan perahu dayung, dan konser musik. Yang menarik dari festival ini, boneka Sigale-gale berukuran sama atau lebih besar dari manusia dan berwujud sedikit menakutkan.

  1. Perayaan Kebudayaan

Dalam arti kebudayaan banyak sekali karnaval yang bisa dilihat masyarakat. Misalnya saja dalam hal ini seperti adanya masyarakat Lampung, khususnya Lampung Barat yang setiap tahunnya menyelenggarakan Topeng Sakura. Dimana prosesnya setiap orang mempergunakan topeng dalam agenda tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian karnaval menurut para ahli dan contohnya terlengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengatahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari arti tentang “Karnaval”.

1.5/5 - (2 votes)