11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Indonesia merupakan negara multikultur atau negara yang mempunyai beraneka ragam kebudayaan. Terdapat banyak sekali jenis-jenis budaya yang tersebar di seluruh belahan nusantara, mulai dari budaya bahasa, kesenian tradisional, benda-benda bersejarah dan lain sebagainya

Bangsa Indonesia terdiri atas lebih dari 350 etnis suku dengan 483 bahasa dan budaya.  Beragamnya kebudayaan yang ada di Indonesia tentu sepatutnya untuk dijaga dan keberadaannya atau eksistensinya yakni sesuai dengan UndangUndang Dasar Negra Republik Indonesia pasal 32 ayat 1, menyatakan bahwa negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia ditengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.

Baca: 3 Proses Perubahan Sosial Budaya dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Meskipun demikian banyak diantara kita yang belum mengerti definisi kebudayaan atau pengertian kebudayaan. Sebagai ulasan lebih lanjut dalam artikel ini, indonesiastudents.com akan memberikan pengertian kebudayaan.

Pengertian Kebudayaan


Kebudayaan  adalah sistem kepribadian yang mencakup, memotivasi dan  tujuan serta interaksi antara pelaku dan norma situasional yang mengatur proses interaksi. Hal tersebut di kenal dengan sistem budaya atau cultural system.

Kebudayaan begitu penting bagi Bangsa Indonesia karena hal ini sangat berkaiatan erat dengan pembentukan karakter sebagimana yang diungkapkan oleh Erfina Cahyani (2003), yang mengatakan jika karakter bermakna cara berfikir dan berperilaku khas dari tiap individu untuk kerja sama dalam lingkup kehidupan. Secara teoritis karakter ini menurutnya tak dapat lepas dari budaya, dalam kajiannya karakter merupakan hasil budaya dari suatu masyarakat yang tak dapat dilihat konkret.

Selanjutnya, untuk melengkapi pengertian kebudayaan diatas, berikut akan diberikan beberapa pengertian kebudayaan menurut para ahli;

Pengertian Kebudayaam Menurut Para Ahli


Tilaar (1999)

Menurutnya, definisi kebudayaan adalah suatu pemaparan tidak langsung kepada tingkah laku manusia, meskipun diakui kepentingannya dalam sistem kepribadian dan sosial. Sietem budaya memberikan pengaruh kepada sistem sosial dalam patokan nilai budaya sebagai inti dari peribadian sosial, sehingga hal ini dapat dirumuskan bahwa manusia yang berpendidikan adalah sekaligus manusiayang berbudaya

Taylor (1897)

Arti Kebudayaan adalah suatu pemahaman mengenai perasaan bangsa yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, moral, seni, hukum, dan adat-istiadat yang diperoleh dari anggota masyarakat satu dengan yang lainnya.

Bakker (1984)

Pengertian kebudayaan secara umum adalah suatu hal yang baik atau berharga.

A.L. Kroeber dan C.Kluckhohn (1952:34)

Menurutnya, kebudayaan adalah suatu bentuk penjelmaan terhadap kerja jiwa manusia.

Malinowski

Makna kebudayaan adalah suatu prinsip yang didasarkan pada sistem kehidupan dan kebutuhan manusia. Sehingga hal itu mampu menghadirkan ciri khasnya.

Koentjaraningrat

Menurut tokoh dari Indonesia ini mengatakan jika kebudayaan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan gagasan dan karya sehingga harus dibiasakannya oleh seluruh masyarakat.

Ki Hajar Dewantara

Tokoh pendidikan nasional ini mengatakan jika budaya adalah berarti hasil perjuangan setiap insane terhadap dua pengaruh kuat, yakni pengaruh alam dan zaman.

Andreas Eppink

Mengatakan, pengertian kebudayaan adalah nilai sosial, etika, ilmu, dan pengetahuan yang disusun secara sitematis sebagai ciri khas setiap orang atau golongan.

Salsabila Khairani (2015)

Menurutnya, arti kebudayaan adalah segala hasil cipta, rasa, dan karsa setiap manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Crisantya (2015)

Menurutnya, pengertian kebudayaan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan akal/perilaku manusia yang berupa karya fisik.

J.J Hoenigman

Menurutnya, pengertian kebudayaan tak bisa lepas dari pembagiaanya yakni gagasan, aktivitas dan artefak. Gagasan merupakan wujud  ideal kebudayan adalah kebudayaan yang terbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma, peraturan dan sebagainya yang sifatnya abstrak tidak dapat firaba atau disentuh. Wujud kebudayaan pada kenyataannya terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran seluruh masyarakat. Jika masyarakat meyatakan  gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku ataupun hasil karya para penulis masyarakat tersebut. Aktivitas adalah wujud  kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia  dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling  berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusi lainnya menurut pola-pola tertentu ysng berdasarkan adat tata kelakuan. Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil aktivitas, perbuatan dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba,dilihat dan didokumentasikan. Dalam kenyataan kehidupan masyaraat, antara wujud kebudayaan yang satu  tidak  bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan lain.

Dari 11 Pengertian kebudayaan menurut para ahli diatas dapat disimpulkan jika kebudayaan atau budaya adalah warisan yang diperoleh dari generasi ke genrasi. Sehingga membntuk pola pikiran, kebiasaan, ataupun norma yang ditati oleh masyarakat.

Demikianlah pengertian ulasan mengenai Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli semoga pengertian ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang atau akan mencarai referensi mengenai “Budaya/Kebudayaan” Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;