Sosiologi Agama Menurut Max Weber Lengkap

Posted on

Sosiologi Agama Menurut Max Weber– Salah satu nama yang cukup dikenal oleh sosiolog di seluruh dunia adalah Max Weber. Max Weber selalu meyakini tentang pengaruh institusi-institusi sosial lain terhadap perekambangan dalam masyarakat, termasuk Max meyakini adanya pengaruh isntitusi agama terhadap perkembangan masyarakat diseluruh dunia.

Bahkan, Max Weber melalui tesisnya yang terkenal “The Protestan Ethic and The Spirit Capitalism” membuktikan secara ilmiah bahwasanya peran insitusi agama adalah positif dari adanya skala hubungan antara agama dan institusi ekonomi dan kapitalis. Oleh karena itulah pada artikel ini indonesiastudents.com akan mencoba untuk menelisik lebih dalam tentang sosiologi agama menurut Max Weber.

Sosiologi Agama Menurut Max Weber


Sosiologi agama menurut Max Weber dapat dilihat ketika masyarakat materialisme dan kapitalisme akan menghilangkan agama dari eksistensi dan perannya. Agama menurutnya mengalami penurunan secara gradual seiring berkembangnya rasionalisasi, birokratisasi, dan modernisasi di masyarakat.

Baca: 8 Pengertian Sosiologi Agama Menurut Ahli

Tentu saja pengaruh sosiologi agama Menurut Max Weber ini bersebrangan dengan Karl Marx dalam melihat esensi agama, Weber tidak mereduksi terhadap agama seperti yang dilakukan Marx. Weber justu membuktikan bahwa agama memberikan spirit terhadap perjuangan manusia memperbaiki kehidupannya. Weber mengidentifikasi agama mempunyai kontribusi katalistik bagi perubahan sosial di satu sisi dan menguatkan status quo di sisi lain.

Oleh karena itulah dapat dikatakan bahwasanya sosiologi agama menurut Max Weber ini lebih condong melihat agama sebagai institusi yang paling mepengaruhi perkembangan masyarakat khusunya dalam mendorong idiologi kapitalis. Max Weber melihat perubahan masyarakat yang beragama Protestan dan Katolik berbeda dalam melihat semangat untuk mengusai perekonomian (kapitalis), Max melihat bahwa masyarakat yang bergama protestan lebih baik mengelola keuangganya dibandingkan dengan masyarakat yang beragama kristen katolik.

Demikianlah untuk ulasan singkat mengenai sosiologi agama menurut Max Weber. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang ingin atau akan menggali lebih dalam tentang sosiologi agama. Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *