11 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli, Macam, dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli
Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Kelompok sosial dalam bermasyarakat adalah salah satu ciri utama manusia, yang tidak bisa hidup secara indivudialis. Disinilah terlihat bahwa manusia cenderung bekelompok sebagai upaya kebutuhan dan juga penyaluran atas berbagai kepentingan yang ia miliki.

Disisi lainnya, banyak contoh kelompok yang ada di dalam kehidupan sehari-hari, misanya saja kelompok sepede onthel di Jogja, kelompok ibu-ibu pengajian, dan kelompok lainnya. Oleh karena itulah sebagai penajelasan lebih lanjut dalam tulisan ini akan menguraikan tentang pengertian kelompok sosial, macam, syarat, dan contohnya.

Kelompok Sosial

Kelompok sosial adalah suatu bentuk kesatuan yang sejatinya meliputi dua orang atau lebih yang saling berinteraksi satu sama lainnya, hingga pada akhirnya memunculkan rasa kebersamaan, kepeduliaan, kepekaan, dan rasa saling memiliki satu sama lainnya. Bahkan tak khayal dalam objek kajian sosiologi pada akhirnya membentuk pola hubungan dalam kelompok sosial.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi kelompok sosial menurut para ahli, diantarnya;

  1. Paul B. Horton

Kelompok sosial berarti setiap kumpulan manusia yang terbentuk secara fisik (misalnya, sekelompok orang yang sedang menunggu bus kota).

  1. Roland L. Warren

Satu kelompok sosial meliputi sejumlah manusia yang berinteraksi dan memiliki pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya secara keseluruhan.

  1. Mayor Polak

Kelompok sosial menurutnya, ialah sejumlah orang (lebih dari satu) yang saling berhubungan dalam sebuah bentuk struktur yang terpola.

  1. Wila Huky

Menurutnya, kelompok sosial merupakan suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih, yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

  1. Robert K. Merton

Menurutnya, kelompok sosial sebagai sekumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan.

  1. Mac Iver dan Charles H. Page

Kelompok sosial adalah bagian daripada adanya serangakaian himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama.

  1. Soerjono Soekanto

Menurut ahli sosiologi dari Indonesia ini, arti kelompok sosial adalah kesatuan ataupun himpunan sejumlah manusia yang saling berhubungan satu sama lain, sehingga hubungan tersebut akan menciptkan kondisi yang saling mempengaruhi.

  1. Giddens

Kelompok sosial menurutnya adalah suatu bentuk kesatuan manusia yang saliang berinteraksi dengan teratur dalam kurun waktu tertentu.

  1. Johnson

Definisi kelompok sosial adalah hubungan antara dua orang ataupun lebih dengan tatacara terpola sehingga menciptakan sikap saling memiliki satu sama lainnya.

  1. Hendropuspito

Kelompok sosial menurutnya, ialah himpunan masyarakat secara nyata dan terpola untuk menciptakan keinginan bersama.

  1. Joseph S.Roucek

Kelompok sosial adalah kesatuan makhluk sosial dalam hal ini manusia yang meliputi dua atau lebih yang di dalamnya terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya/orang lain secara keseluruhan.

Macam Kelompok Sosial

Sedangkan untuk bentuk kelompok sosial menurut para ahli. Antara lain;

  1. Menurut Emile durkehim, macam-macam kelompok sosial adalah kelompok sosial yang terbentu atas solidaritas mekanik dan solidaritas organic
  2. Ferdinand Tonnies, menurutnya jenis kelompok sosial adalah geimenshaft dan geiselshaft
  3. Charles H Coley, ia mengungkapkan bahwa kelopok sosial terbagi menjadi kelompok primer dan kelompok sekunder
  4. G Summer, ahli ini mengatakan jenis kelompok sosial adalah in-group dan out-group
  5. Soerjono Soekanto membagi jenis kelompok berdasarkan enam hal, yaitu besar kecilnya jumlah anggota, kepentingan wilayah, derajat organisasi, derajat interaksi sosial, kesadaran terhadap jenis yang sama, serta hubungan sosial.

Syarat Kelompok Sosial

Syarat yang harus ada dalam proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat. Antara lain;

  1. Adanya kesadaran sebagai bagian dari kelompok yang bersangkutan
  2. Ada hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan yang lainnya dalam kelompok itu
  3. Ada suatu faktor pengikat yang dimiliki bersama oleh anggota-anggota kelompok, sehingga hubungan di antara mereka bertambah erat
  4. Memiliki struktur, kaidah, dan pola perilaku yang sama
  5. Bersistem dan berproses

Contoh Kelompok Sosial

Untuk contoh adanya kelompok sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Kelompok Organisasi Agama, misalnya NU, Muhamdyah, LDII, HTI, dan lain sebaginya
  2. Kelompok Sosial kedaerahan, misanya Persatuan Masyarakat Minang, Himpunan Mahasiswa Banten, Persatuan Masyarakat Lampung, dan lain sebaginya
  3. Kelompok sosial berdasarkan hobi, misalnya adalah Persatuan Pencinta Batu Akik, Persatuan Pecinta Burung Puyuh, dan lain sebagainya.
Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa kelompok sosial adalah bagian daripada adanya kesatuan manusia yang terdiri dari dua orang atau lebih, sehingga pada akhirnya menimpulkan sikap saling memiliki dan saling mempengarhu satu sama lainnya.

Disisi lainnya, dalam kelompok sosial dalam masyarakat pada umumnya terbagi menjadi beberapa macam. Namun yang pastinya memiliki pola interaksi dengan pihak yang berinteraksi mendefinisikan dirinya sebagai anggota kelompok dalam lembaga sosial atau pihak yang berinteraksi didefinisikan oleh orang lain sebagai anggota kelompok

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian kelompok sosial menurut para ahli, macam, syarat, dan contohnya. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari literasi atau refrensi dari “Kelompok Sosial”.

Rate this post